Selasa, 09 Agustus 2011

Day Six: Bangkok

Gw bangun jam 04.30. Cuci muka, gw langsung menyusun acara dan mapping lokasi2nya. Jam 07.00 gw baru mandi. Abis gw juga tau kalo di Thai agak siang baru ada aktivitas.

Jam 07.30 gw udah di Phra Sumen. Bukan Wat, tapi semacem benteng, ya kemarin gw kesini cuma ga ke dalamnya. Ternyata ada yang lagi senam pagi, serem bener lagunya SNSD di mix.



Dari situ keliatan jembatan, gw ga tau sih jembatan apa yang jelas bukan Pasopati, tapi tipenya sama2 Cablestayed.

Gw jalan ke arah Phra Arthit Pier buat liat rute kapal yang muter di Chao Phraya. Bayar 150B buat one day pass. Gw sih agak ga jelas soalnya ini masi sepi banget. Gw juga emang ga tau persisnya jadwal kapal2nya. Yang gw tau kalo weekend kapalnya mampir di pasar air Taling Chan nun jauh di sana.



Karena sepi ya gw mengurungkan niat, lanjut gw jalan ke arah Grand Palace. Gw kudu ngelewatin underpass jembatan gitu. Gw iseng2 aja naik turun jembatan, foto2, mumpung masih pagi. Hal seperti ini nih yang sebenernya ga baik, karena belakangan gw jadi encok lagi sama parahnya kaya waktu ke Anusarn.



Gw lanjut jalan ke arah Grand Palace. Ada musium, universitas, lapangan gede. Malah kayanya ada acara debat (sotoy) atau gimana gitu, padahal baru jam 08.15. Eh di jalan ada ibu2 yang ngomong bahasa Thai ke gw. Mungkin maksudnya nanya itu ada apaan. Ya udah keluar Phimsler gw, mai kau jaai krap, phum mai kau jaai pasa thai krap. Si ibu langsung bilang sorry2. Haha..

Gw iseng ke arah lapangan gede, gw liat sepertinya lagi dipasang tenda, mungkin dalam waktu dekat mau ada acara. Gw liat ada water tap. Wow, asik nih. Malu2 babi gara2 agak banyak orang, niatnya gw nyari watertap lain di depan yang agak sepian. Eh sotoy pembawa bencana ternyata di depan udah kaga ada lagi. Yauda gw terima nasib dah.



08.20 gw udah nyampe pintu utara Grand Palace. Sepertinya sih cuma satu pintu ini yang buat turis, hasil survey gw mengelilingi tempat ini. Gw maen masuk2 aja, merasa bisa blending mode on padahal kostum gw aja udah jelas macem turis, celana panjang macem army, kaos oleh2 bunaken, tangan kanan strap ama kamera. Pas mau masuk gw distopin, padahal depan gw sih lancar2 aja. Yang stopin bukan orang sembarangan, macem ABRI nya lah gitu, ya gw kan down juga, dia bilang open 08.30 for tourist dia bilang. Pantes aja gw bingung ada rombongan banyak di depan lagi ngapain, gw kira nunggu rombongan lainnya.



Sok ide gw muncul lagi. Muter ah sekalian ngabisin waktu. Eh ampe sisi utara, timur selatan gw puterin ternyata ga ada entrance lagi. Ada sih, cuma ya yang masuk local gitu, yang jaga juga sama bentuknya, gw rada males juga jadinya, mana masuk situ bayar 30B juga kalo ga salah.

Sisi selatan Grand Palace ini bersebrangan ama Wat Pho. Sama rame juga, cuma kalo Wat Pho ini temboknya ga setinggi Grand Palace, jadi masi agak keliatan dari luar. Sama ini juga stau gw bayar. Gw skip lagi juga deh. 



Wat Arun ada di seberang sungai Chao Phraya. Ya karena tadi gw bilang, gw merasa yang nyeberang masi sepi, jadi gw ikutan skip juga. Gw jalan ke arah selatan sih, jadi sedikit2 sih keliatan Wat Arun tuh gimana.



Gw terus jalan ampe nyampe ke daerah pasar gitu, pasar kembang sih sepertinya. Di situ gw beli minuman. Gw penasaran Halle's itu kaya gimana. Pake bahasa purba gw tunjuk2 botolnya, trus yang jual bilang soda2? Gw ngangguk aja. Jadi, thauray krap? Sip pet. Gyah, tadinya udah gaya2 mau ngasi uang pas, gw kira macem pepsi kemaren cuma 12B. Ujung2nya gw kasi 20B juga.



Rasanya ga ada bedanya ama fanta ah. Gw bikin yang merah, gw pernah liat yang ijo juga sih, cuma si abangnya ga ada. Ya mungkin agak mahal karena ini pake cup gelas gede. Ya es batunya bejibun dan isinya sebenernya cuma segelas kecil doank. Tadinya gw ude seneng2 pas si abangnya buka botol gendut soda water, eh taunya dia cuma masukin segelas doank, sisanya disimpen lagi.

Gw ga tau apa orang Thai emang kalo minum pada sabaran atau gimana, ga nyampe semenit airnya udah abis, yang ada tinggal es batu doank. Perjalanan gw sedikit berbelok ke arah utara, soalnya kalo ke selatan yang ada gw makin nyasar. Sambil liat peta, eh ternyata gw bakal lewat Yaowarat. Yauda gw belok ke arah timur aja nyusur itu jalan. Gw liat ada beberapa tukang makanan udah mulai buka lapak. Hmm.. gw udah mulai kelaperan juga nih. Gw liat ada tukang mi baso (semacem asan, bukan mi baso gerobak). Tapi gw rada nervous juga ga tau namanya apa. Yauda gw skip.



Ga jauh di depannya gw liat ada tukang kalung2 gitu. 10B/each, iseng aja gw beli 3. Sahm sip? Kop khun krap. Nah mungkin karena udah agak panas, gw balik lagi ke tukang mi, waktu menunjukkan jam 09.30.

Wah gw sebenernya ngarep ada yang beli, jadi gw tinggal tunjuk2 aja last ordernya dia. Kebetulan ternyata emang ada yang beli. Gw pake cara rimba, sukses! Haha.. wah gw nunjuk2 ternyata bihun, tapi agak beda sih, bihunnya agak kenyal. Pake baso, daging char siew, yupo. Yah intinya sih barang haram lah. Kelar makan gw jadi haus, mana es batunya ga cair2, gw cepet2 bayar aja, 30B.



Gw jadi kepikiran kalo orang muslim susah juga ya milih2, ga bisa sembarangan pinpoint kaya gw. Tapi sebenernya sih di Bangkok lumayan banyak juga tempat yang jual makanan halal, keliatan sih labelnya biasanya.

Jalan dikit, deket tempat tadi gw beli kalung, gw beli air mineral 600ml, 10B, dikasi sedotan ama kantong kresek. Gw langsung masukin airnya ke gelas bekas Halle's gw. Iya gw blom buang gelasnya, dan alasannya seperti yang sebelumnya udah gw jelasin.



Gw jalan lurus terus menelusuri Yaowarat. Ternyata Yaowarat itu macem Chinatown. Segala macem ada juga di sana. Dari kacang pistachio, bapau, kepiting, sembako, ampe barang2 cina ada smua. Gw ga beli apa2 sih di sini. Masih agak kenyang juga. Gw cuma lagi hunting tempat sampah aja yang ga ketemu2 ampe sekarang. Belakangan gw ketemu tempat sampahnya ternyata ga berbentuk, cuma kaya spot doank, ga ada bak nya. Gw liat rame gundukan, gw ikutan aja menyumbang.



Habis Chinatown gw agak berbelok. Kebetulan di situ ada Wat Tiramit, waktu menunjukkan udah pukul 10.15. Gw cuma masuk ke pelataran parkirannya aja sih, gw liat ada tulisan admission, jadi gw cuma foto2 dari luar aja. Lanjut gw jalan ngelewatin jembatan, tiba2 gw ngeliat semacem Grand Central. Gw foto2, trus ga jauh gw liat ada tangga underground. Wah berarti ada MRT disini. Pas gw liat papan tulisannya, gw sempet agak kaget. Hua Lamphong. Lah ini mah stasiun kereta beneran. Lewat underground buat nyeberang jalan, soalnya agak lebar jalannya, dan tujuannya biar keliatan orang beradab.

Tembus di sisi jalan lain, gw berada di samping bangunan Grand Central. Gw jalan lagi melanjutkan rute, tapi gatel juga gw pengen tau isi stasiunnya kaya gimana, dan mumpung masi deket jadi gw balik arah. Awalnya gw agak2 nervous, gara2 Grand Palace, gw jadi agak ragu masuk2 sembarangan. Tapi kali ini gw liat orang2 main masuk2 aja. Blend. Masuk, dan gw berada di hall ruang tunggunya. Gede dan bertingkat. Di sisi kiri kanan dari pintu masuk ada restoran, di kiri gw liat ada tanda halal dan rumah sembahyang. Merasa masih kurang, gw lanjut lagi. Nah kali ini gw agak serem, sepertinya di tengah2 depan itu macem paid area, soalnya jelas keliatan keretanya. Tapi ternyata nggak, di sini sepertinya ga ada paid area. Yauda gw foto2 peron dan ga lama melanjutkan perjalanan, waktu udah menunjukkan pukul 10.30.



Dari sini gw jalan di area yang relatif sepi pejalan kaki, Charoen Muang dan Banthat Thong. Sempet gw denger ada bunyi ayam. Jangan2 ada yang lagi sabung ayam, niat sih muncul buat liat, tapi kalo nanti gw foto2 trus dikeroyok massa kan repot, jadi cuma hayalan sesaat aja dah. Agak jauh juga gw jalan, sampe akhirnya jam 11.00 gw menemukan Tesco Lotus. Ya gw udah nyampe Jalan Rama I notabene kompleks mall di Bangkok, Siam. Gw lanjut jalan ke arah timur ga lama keliatan GOR.



Lanjut jalan lagi, akhirnya gw nyampe MBK. Ini merupakan IT Mall di Bangkok, selain Panthip. Ya gw liat barang2nya sih ya banyakan Cina juga. IPhone 5? Sok wae dah. Agak kumuh sih, maksud gw banyak yang jual pakaian2 juga, jadi lebih mirip ITC menurut gw. Tapi ya macem kamera2 lumayan kumplit di sini. Gw ampe lantai paling atas, liat ada bioskop. Abis itu turun lagi.



Gw nyeberang ke Siam Discovery, diagonal dari MBK, tapi karena terhubung dengan jaringan BTS, jadi nyeberangnya ada flyover, malah sebenernya bisa langsung dari dalem MBK. Tiap mall ada pengecekan standar, cuma ya ga gitu strict. 11.50 gw masuk ke Siam Discovery. Ini agak mendingan mall nya, tapi ya biasa aja sih, gw jalan terus ke arah timur tiba2 udah pindah ke Siam Center aja. Sama juga ini mungkin macem eX lah.

Nembus lagi, jam 12.05 gw nyampe Siam Paragon. Di sampingnya lagi ada acara, gw ga gitu jelas, entah mothers day atau apa, tapi lumayan menarik perhatian, setidaknya beberapa bule ada yang ikutan masuk pengen tau juga. Gw masuk mall nya. Nah ini agak bikin gw krik2. Depannya udah Hermes ama Lamborghini aja. Ckckck.. ya kalo di Jakarta mungkin ini Senayan City lah. Di basement Siam Paragon ada Aquarium air tawar yang katanya terbesar di dunia. Mahal masuknya 800-1000B kalo ga salah. Museum Madame Tussaud Bangkok juga sama aja. Bioskop di Siam Paragon di lantai paling atas, satu2nya yang ada IMAX 4D di Thailand. Gw ngobrol ama mas2 nya, kata dia tiketnya 400-500B. Pantes aja kalo yang 4D antriannya beda. Wong yang normal cuma 199B paling mahal.



Gw mulai muter2 nyari toko DVD. Tau lah ya gw nyari DVD apa. Setelah gw ubek2, selain Paragon Dept. Store, cuma ada satu toko DVD dan dua2nya ga jual. Niatnya sebenernya gw nyari B2S, yang katanya lumayan lengkap, gw muter bolak balik ke Siam Center dan Siam Square kaga ada juga, yang ada kaki gw makin encok. Gw muter2 habisin waktu ampe satu setengah jam, sampai akhirnya gw ke sisi timur Siam Paragon, di mana di situ ada sebuah Wat. Foto2 dikit gw langsung jalan lagi.

Gw nyampe ke Central World. Belakangan gw baru sadar kalo B2S itu adanya di sini, pantesan gw muter2 Siam Paragon dkk ga nemu. Bener ada, di pojok utara, panjang juga mall ini. Lagi ada acara juga, sepertinya wirausaha gitu. Ya maklum emang sepertinya orang Thai pada demen jualan makanan.

Nyampe B2S, gw mulai sweeping, CD ada, VCD karaoke ada, DVD R9 ada. Box, kaga ada. Gw tanya ama mbak2nya. Wait a moment please. Yes2. Ga lama dia balik dan bilang stoknya udah ga ada. Gw tanya di mana lagi ada kira2. Front, walk straight.

Oke2, gw jalan ke depan lagi, dan ternyata dia agak salah ngasi taunya, untung gw sok ide malah jadi ketemu tempatnya. Tapi hasilnya sama, di situ ga ada juga. Finish. Wah gw ga ngarti maksud si mbaknya. Finish itu apa ya? Ini kata ambigu yang sering gw denger dari orang yang belajar bahasa inggris setengah2. Yauda lah give up gw di Central World ga ada, gw migrasi ke Big C. Pengen liat supermarket yang katanya kumplit.



Dari Central World ga ada underpass, jadi kudu naik jembatan penyeberangan yang standalone. Gw udah mulai encok, iseng mode on gw nyoba nyeberang lewat jalan. Ya emang agak macet juga. Sukses.. haha.. emang nih kalo ga dilanggar kan ga seru. Tapi gw liat banyak juga kok sebenernya yang males naik jembatan. Di depan Big C ada McD. Gw nglier pas liat iklan 2 chicken 69B. Murah tuh. Akhirnya gw makan di sana sekitar pukul 14.30. Skalian gw tambah 1 paket tuna pie + freezer 12oz (semacem slurpee) 49B. Total gw makan 118B.



Ayamnya menurut gw sih agak kecil, tapi yang parah sih sebenernya sambalnya. Cair banget, udah gitu rasanya lebih mirip kuah cakwe. Tapi ya lebih murah lah, tadinya gw udah ngebet banget mau makan steamboat buffet. 250B++ sepertinya, soalnya pas gw liat2 ga termasuk minum ternyata. Buffet di sini max. 45 menit, jadi ga bisa lama2.

Abis makan gw iseng masuk ke Big C. Harganya ga beda jauh ama 711. Cuma ya emang lebih kumplit sih. Yang paling menarik gw sih sebenernya barang haramnya. Lo ga bisa beli paha babi panggang di supermarket Indo kaya di sini. Pake diskon, gede banget lagi potongannya, jadi cuma 89B. Gw sih kurang tau beratnya berapa, tulisannya half leg. Dengan benda2 lain total gw belanja 300B lebih. Yang paling mahal sih juhi jumbo 300gr, 105B. Itu aja udah diskon 30B padahal.

Yang gw kurang ngerti nih, di lantai dasar sih di tulis kalo kita bisa rebate tax yang kita bayar. Di bon gw sih emang ada tulisan 19B gitu, lumayan sih 6ribu. Tapi gw baru nyadar agak belakangan. Soalnya kaki gw juga udah pegel banget.

Gw nyari2 Superrich 1965, money changer yang lumayan tenar kurs nya. Katanya di Big C, tapi gw muter2 kaga ketemu, belakangan gw liat ternyata di deket Big C, bukan di Big C nya.

Posisinya di utara Big C. Keliatan sih kalo dari luar Big C. Gw jalan ke sana, weleh antri sembako juga nih. Harusnya ada sekitar 3 atau 4 gitu, tapi yang buka hari ini sepertinya cuma satu. Gw liat kursnya 296.5. Lumayan sih, dari yang gw liat sepanjang perjalanan ya paling bagus, 100 dollar beda 100 baht kan lumayan juga.

Depan gw, orang korea. Sambil ngantri dia terima telpon, Bonjour. Ada mbak2 Thai yang ngeliat trus bisik2 ke temennya. Yaelah gw kira beneran bisa bahasa Perancis, belakangannya tuh Korean ngomong pake bahasa korea juga. Antrian menipis tinggal dia di depan gw. Gw sih agak males ngeliat dia bawa kantong coklat cukup tebel. Tapi ya gw juga tau kalo duit korea itu sama najisnya kaya rupiah kursnya. Tapi ternyata lebih najis lagi, dia nuker duit USD 1, 5, 20. Cuci uang atau bandar judi ya? Haha..

Si mbaknya udah pake mesin, diitung lagi manual. Gw liat antrian udah kaya antrian sembako ditambah minyak tanah. Ada kali 10 menit nungguin tuh Korean sampe akhirnya gw ngasi selembar 100USD ke si mbak nya, dan ga nyampe 1 menit gw dapet duit gw duluan.

Gw lanjutin perjalanan ke arah utara. Gw liat di peta ada Platinum, Pratunam & Panthip. Dua pertama ga ada bedanya ama pasar pagi mangga dua, makanya rame ama ibu2, tapi Platinum lebih baru bangunannya. Panthip ya karena IT related mirip Harco, agak berantakan soalnya.

Banyak yang jual DVD software bajakan. Muter2, pas turun gw nemu toko DVD ori. Gw tanya, entah kenapa kok respon nya agak aneh gitu. Apa emang laku keras, dan gw orang yang ketinggalan kereta, atau emang dia cuma ga bisa terima kalo dia keabisan stok. Soalnya waktu gw ngobrol ama Pat, gw cerita kalo gw nonton Suck Seed di Indo, di juga agak senyum2 aneh gitu ke Tai.

Lanjut gw keluar mall dan jalan ke arah barat. Kaki gw udah mulai mencapai titik jenuh. Asli pegel gila. Ya gw itung gw udah jalan kaki seharian ini sejauh 17km. Gimana ga pegel. Tadinya gw mau iseng2 naik bis, gw liat sih yang potensial no. 2, soalnya gw liat ada bule yang naik bis itu. Tapi gw serem juga kalo nyasarnya kejauhan. Yang ada gw makin gempor. Secara gw cuma tau rute no 15 doank. Jadi gw mengurungkan niat untuk coba2 kali ini. Belakangan gw tau kalo no. 2 ternyata lewat monumen demokrasi juga.

Gw jalan terus ke barat, dan gw menemukan pencerahan. Ada BTS Rachatewi. Yauda daripada makin encok gw naik BTS aja ke Siam lanjut naik no. 15. Ya walaupun sebenernya masih jauh juga dari monumen demokrasi ke Bangkok House.

Jam 5 lewat gw nyampe Siam lagi. Gw turun. Eh iseng gw nyari halte agak depan. Udah tau pegel gw malah jalan terus, tau2 udah ampe MBK lagi. Lah, gimana cerita. Gw jalan balik lagi ke arah halte pertama gw naik no 15. Di tengah jalan gw mampir 711 dulu beli air mineral 600ml 7B.

Nyampe halte, pas banget no 15 lewat. Padahal masi di depan mata gw, tapi pintunya udah nutup. Terima nasib dah gw nunggu kloter berikutnya. Lumayan lama, ada kali 15 menit sampai bis berikutnya lewat. Masalahnya emang jalanan juga agak macet. Sempet gw kepikiran mau nyoba naik taxi, tapi gw urungkan. Walaupun ya harusnya ga mahal2 amat.

Akhirnya gw berhasil naik bis berikutnya. Ga rame2 amat sih, gw kebagian duduk bagusnya. Di tengah jalan, tiba2 ujan deras. Astaga. Gw duduk manis aja meratapi nasib. Beberapa lama akhirnya gw lewatin monumen demokrasi. Masih gerimis. Gw ikut turun bareng bule2. Belakangan gw baru sadar ada satu halte lagi di depan jadi gw ga perlu jalan sambil nyeret kaki saking pegelnya.

Di tengah jalan gw ketemu tukang somai2 dimsum. 6pcs 20B. Sikat! Gw kasi duit 20B, dia ngomong, tau gw maksudnya, dia nanya mau yang mana aja, soalnya emang ada beberapa macem. Secara spontan gw ngomong "campur" sambil jari gw nunjuk muterin bak somainya. Untungnya dia nyambung, ngerti yang gw maksud.

Gw jalan terus, nyeberang daerah Khaosan sambil berjalan agak menyeret kaki di tengah jalanan yang becek bekas ujan, karena asli kaki gw udah pegel banget, terutama yang kanan. Tapi hebatnya gw, udah tau pegel bukannya langsung balik, gw malah belok ke arah Roti Mataba.

Perlahan tapi pasti, akhirnya gw nyampe di sana. Buka, gw pesen Beef Mataba. Kursinya penuh. Gw jadi berdiri. Ga lama yang take away ada yang kelar, jadi ada bangku kosong. Gw duduk bentar meluruskan kaki, eh ga nyampe 10 detik si mas2nya nyuruh gw bayar pesenan gw di kasir. Gw bayar, sahm sip sorng. Pantesan murah martabaknya kecil mampus. Ya dibandingin ama zam2 mah macem gunung kidul ama gundukan pasir (hiperbola).

Kelar zam2. Padahal tinggal nyeberang ke arah jembatan, gw malah balik ke 711 buat beli minuman. Nyampe 711 bingung mau beli minuman apa, pengen margherita, tapi kudu pake bukaan botol, mau chaiyen tapi botolnya kecil2. Eh gw baru inget kalo di sini ada big gulp.

Biar puas, daripada kaya selama ini gw minum banyakan es batunya doank, gw ambil gelasnya yang paling gede 32oz @32B lalu gw isi ama chaiyen. Gw pencet kok pas titik tertentu jadi ga mau keluar lagi ya? Apa emang ada takarannya kalo gw ambil gelas big gulp isinya cuma bisa segitu doank? Yauda terima nasib, karena gw dari awal isi chaiyen doank, blom es batunya, makanya gw isi es batu. Pinter kan isi es batu belakangan pas gelas udah mau penuh. Tumpah dikit, cincay lah.

Bayar, akhirnya gw dengan hati tenang dan lega jalan balik ke Bangkok House. Kayanya jauh banget dari 711 nyampe Bangkok House. Tapi pantang mundur akhirnya nyampe juga. Taro barang, langsung cuci kaki, lalu gw pakein Counterpain, gw liat waktu udah jam 19.10. Di sini, ternyata ada Counterpain juga, 3 macem malah, satu lagi yang Max, ga tau dah bedanya apa. Gw cuma liat displaynya waktu lewat Chinatown.

Di kamar gw makan somai yang gw beli, sambil minum chaiyen. Gw jadi agak kenyang sekaligus mual. Minum chaiyen kebanyakan emang ga enak, kurang cocok gw. Martabak malah jadi blom gw makan. Ngetik2 ga kerasa waktu udah jam 00.00. Mau upload internet udah off. Go to sleep aja lah..

Ngeliat martabak belum di makan, gw jadi agak sayang. Akhirnya sebelum tidur gw makan dulu (buncit mode on). Martabaknya lebih mirip martabak Indo, bukan martabak kari kaya Zam2 atau Har. Gw buka cuka dan timun lalu mulai cocol martabaknya, sampai akhirnya gw sadar ada makhluk tidak diundang. Banyak semut! Wew, gw langsung ga jadi cocol cuka. Ujung2nya gw makan martabaknya doank. Biasa aja sih menurut gw, dagingnya malah serasa kaya daging bapau.



Cepet2 gw makan, abis itu cuci tangan ke bawah. Balik kamar gw langsung cek babi dan Big Gulp gw disemutin apa kaga. Ternyata nggak. Big Gulp gw adem ayem aja, walaupun esnya udah mencair jadi bagian atasnya cuma berasa air doank. Mungkin karena martabak ga rapat tempatnya, cuma bungkusan kue yang distaples doank. Yauda abis makan emang enaknya tidur. Ga lama gw terlelap.

1 komentar:

  1. [...] Mai – Chiang Rai – Mae Sai – Bangkok Day 5: Bangkok Day 5: Bangkok at Night Day 6: Bangkok Day 7: Bangkok Day 8: Bangkok to Malaysia Day 9: Hat Yai to Penang Day 10: Penang Day 11: Penang to [...]

    BalasHapus