Jumat, 12 Agustus 2011

Day Ten: Penang

Gw bangun relatif pagi, 05.30. Ya perbedaan utama di sini ama di Thailand ga ada yang bikin bangun gw disana. Setting peta dan bikin rute, jam 06.45 gw udah kelar mandi, dan mulai jalan.





Gw buat rute mengulang perjalanan gw kemarin karena kamera gw waktu itu batrenya habis. Sampe di Kuan Yin Temple, gw muter2, dan gw liat di sampingnya ada tukang lomie. Wah boleh nih dicoba, kebetulan dia lagi baru mau buka.



Gw order satu. Ciat ciat ciat tiba2 yang keluar bahasa planet. Ga ngarti gw dia ngomong apa. Tapi ya perkiraan gw sih dia nanya gw mau minum apa. Gw tunjuk2 aja, es bandung. Apaan ya? Kok namanya seperti familiar. Malah ada Bali, yang belakangan gw tau itu ternyata barley.



Minuman dateng duluan, awalnya gw pikir itu fanta susu. Ternyata bukan. Gw masih ga tau sih persisnya apa warna pinknya, yang jelas itu ga bersoda. Ga lama makanannya dateng. Hmm, mi+bihun, jeroan babi, ceker ayam, telur rebus,kuah kental hitam. Gw cicip. Mm.. ya biasa aja, gw kurang tau apa spesialnya. Rasanya ga gitu mencolok, kuahnya juga ga gitu beraroma. Ada sambal dan garlic sih, tapi gw pake juga ga buat jadi istimewa. Kelar makan gw langsung cabut. Gw kasi 5RM, yang ternyata kurang 20 sen. Wkwk.. gw kasi 5RM lagi. Belakangan gw liat harga es Bandung 1.6RM dan lomie 3.6RM.



Abis makan gw jadi agak bertenaga, muter rute kemarin, lewat Gereja St. Francis, kemudian gw jalan ke arah Fort Cornwallis.



Tau kenapa pintunya masih ditutup, mungkin karena masih pagi kali ya. Emang gw baca2 sih tempat2 wisata baru pada buka pukul 08.30 keatas. Gw lanjut jalan ke arah Pier. Gw liat banyak travel agent yang jual tiket ke Langkawi, dan gw liat ada pier sebelum pier gw kemarin, dan di sana ada kapal Virgo.



Nyampe terminal Jetty, gw liat ternyata dari situ ada bis no 203 yang tujuannya ke Air Itam, atau deket2 Kek Lok Si Temple. Kosong, gw jadi ga naik dulu, tapi ga lama datang supirnya. Gw tanya ini ke Air Itam kan? Masuk2, dia bilang. Naik bis di sini agak beda caranya, setidaknya beda dengan bis gratis. Naik bis, kita ngobrol dulu ama supirnya mau ke mana, nanti dia bilang tiketnya berapa, ya pada dasarnya tiket berdasarkan jarak, hanya saja kelompok jaraknya cuma dikit. Dari Jetty ke Air Itam atau ujung ke ujung rute bayar 2RM. Nah bayarnya ini juga ada caranya. Kita kudu masukin duit sendiri ke semacam kotak si pintu masuk. Abis itu nanti sopir ngasi kita karcis. Di sini gw liat tugas supir pada dasarnya jadi lebih ribet, karena kudu buka pintu, konfirmasi lokasi tujuan, ngasi tiket. Jadi pada saat berhenti di halte akan memakan waktu yang lumayan kalo ribet. Apalagi gw liat sebagian besar pengguna adalah para lansia, yang masuk golongan concession sehingga tarifnya hanya separuhnya.



Perjalanan boleh dibilang relatif lama, bis jalan sekitar 08.10 dan perjalan sekitar 45 menit. Itu pun gw agak ga sabaran, pas gw liat ada pagoda gitu gw langsung minta turun, menurut gw sepertinya masih 1-2 perhentian lagi sampai titik akhir Air Itam. Gw turun karena ngeliat banyak lansia yang pada turun, belakangan gw sadar kalo ternyata gw turun deket pasar, mungkin ini alasannya.



Gw jalan menuju titik pagoda. Ga gitu jauh keliatannya, namun ya jauh itu kan relatif. Gw jalan nyusur jalan buat kendaraan, yang belakangan pas gw balik baru sadar ternyata ada jalur khusus buat pejalan kaki yang banyak pedagangnya. Gw jalan naik ke arah bukit di mana Kek Lok Si berada. Muter2, nanjak, keringat gw mengucur mana gw ga bawa air. Sekitar 20 menitan gw nyampe pintu masuk bawah Kek Lok Si.

Di sini sok ide gw muncul, gw liat masih ada jalan ke atas nih. Gw iseng naik lagi nyusur jalan raya. Kali ini slope nya agak2 tajam, nafas gw ampe lumayan terbata2. Gw liat ada entrance lagi, dan jalan nanjak lagi. Kali ini naluri manusia gw muncul, gw belok masuk ke dalam, ga iseng nyoba nanjak2 lagi. Gw jalan sekitar 10 menitan mendaki jalan yang ternyata sama nanjaknya, sampai gw ke titik yang relatif tinggi di sana, yang ternyata itu tempat nyimpen abu. Astaga, gw kira apaan.

Gw turun lagi. Gw sempet liat patung Kuan Im, cuma gw pikir masi dalam pembangunan, ternyata itu merupakan salah satu lokasi utama. Patungnya gede juga. Ada kolam dengan serambi di tengahnya, dan ga lupa tempat jualan cinderamata. Gw masuk ke sana, liat2 barang yang menurut gw relatif mahal, namun di situ ditulis sih kalo segala keuntungan digunakan untuk pembangunan temple. Gw cuma beli minum aja, 100 plus, 2.8RM.



Di ruangan yang sama ada lift turun ke pagoda, sepertinya masuk lewat pintu pertama yang tadi gw lewatin. Kudu bayar 2RM one way. Ehem2.. naik lift 1menit bayar 6ribu? Yauda lah nyoba aja, gw cuma pengen turun juga. Gw turun, sendirian sih. Nyampe bawah ternyata muncul di tempat yang relatif sama, toko cinderamata. Gw liat barangnya sama2 aja. Gw muter2, ya di bawah agak banyak objek yang bisa di foto. Pas mau ke pagoda, ternyata kudu bayar. Wew.. gw jadi rada males.



Foto2 aja lah dari luar. Gw jalan ke arah pintu keluar. Wew, ada pengemis di kompleks? Bingung gw. Lanjut jalan, muncul2 di toko cinderamata lagi. Kali ini lebih banyak varian, mungkin karena pas pintu masuk. Gw beli rut bir, 2.8RM juga. Keluar, gw liat ternyata buat ke pagoda one way, nanti keluar dari arah pintu depan lagi. Kalo dari depan ada tanda no entry. Yauda gw cuma foto2 lagi, trus mulai lanjut turun gunung lagi, sekitar jam 10.00.



Melalui rute yang sama, cuma karena ini turun gunung jadi lebih enak. Kaki gw sih masih seger, cuma karena tadi nanjak aja sepertinya jadi agak sakit. Tapi setelah minum udah seger lagi. Gw nyampe kaki bukit, di mana di situ udah mulai deket pasar. Gw sempet liat tukang asam laksa pas waktu naik, cuma karena gw liat yang jualnya masih beres2 gw jadi skip. Sekarang sepertinya udah buka, gw mampir, cuma 12 menit turun dari Kek Lok Si.

Gw pesen asam laksa ama es kacang. Yang kelar duluan es kacang. Beda dengan es kacang bangka, ini pake es krim, jagung, cincau hitam. Cuma kacang merahnya entah mengapa agak asam, menurut gw sih rasanya kaya kacang kalengan basi. Tapi yauda gw makan2 aja sama kuah dan lain2nya.

Ga lama laksanya datang. Ini juga agak berbeda, beda jauh malah sebenernya. Laksa bihun sepertinya, cuma bihunnya agak gede dan kenyal, ya ga tau sih namanya di sini apa. Gw liat sih isinya sayur semua, walaupun ada bulir2 yang menurut gw sepertinya ikan asin, walaupun ga asin2 amat. Ditemani sumpit dan sendok, dalam sendok terdapat cairan kehitaman, gw cicip dikit sepertinya oyster sauce.



Waktu gw makan sempet ada bule dan orang chinese yang mau ke Kek Lok Si lewat rute gw, dia sempet nanya ama si ibu laksa. Ama dia di suruh lewat jalan kecil di sisi lain jalan. Wew.. berarti emang ada jalan manusia nya ya. Gw emang ga gitu explore sih bagian bawah dari kuil itu. Gw makan, ya habis juga akhirnya. Gw bayar 7RM, ga tau persis sih berapa2nya dan melanjutkan perjalanan. Gw lewat pasar lagi, sempat tergiur mau nyoba wonton mee, cuma inget perut masih lumayan full dan agar kejadian kemarin tidak terjadi lagi jadi gw skip dulu.

Gw sih rencana mau balik ke KomTAR. Gw nunggu bis di deket tempat gw turun, cuma di arah yang berlawanan. Ada ternyata, cuma yang ini nomor 204. Gw nunggu sebentar, karena bis sebelumnya udah jalan pas gw baru menyadari itu bakal lewat KomTAR juga. Ga gitu lama sampai akhirnya bis lewat lagi. Naik, bayar 2RM dan bilang mau ke KomTAR, gw dikasi karcis. Duduk di agak belakang. Nikmat, AC oh AC. Setelah keringetan naik turun bukit, gw sempet agak tertidur waktu naik bis mengingat perjalanan relatif lama.

Gw turun ga di KomTAR persis melainkan di sebuah wihara di sampingnya, sekitar jam 11.18. Gw jalan ke arah Jalan Burma. 



Jalan terus, ga lama gw nyampe belokan Lorong Selamat, yang katanya ada tukang kuay teow paling tenar se Penang. Sekitar jam 11.40 gw menemukan tempat tersebut. Beda dengan tukan kuay teow sebelumnya, ini cukup menarik perhatian gw karena relatif rame. Dia jualan di depan Kafe Heng Huat. Yang jual ibu2. Gw pertama nanya yang bantu dia, bungkus satu? Tapi dia mengayun2kan tangannya. Mai2 mungkin kalo bahasa thai nya. Loh? Apa yang salah, trus gw sedikit bertanya dengan orang yang gw liat bisa berbahasa melayu, tapi hasilnya kurang memuaskan.



Gw akhirnya coba lagi, gw colek2 si ibunya kali ini, gw bilang one please. Trus dia ngomong bahasa planet, tau gw ga ngerti, akhirnya dia bilang table number? Oh.. yauda gw cari meja terdekat dan bilang 14. Gw duduk manis nunggu kwetiau gw. Gw liat2 sih ga ada yang beli take away, mungkin karena itu si mbak yang pertama ga ngelayanin gw.

Ga lama dateng rombongan chinese foot. Trus nanya sebelah kursi gw apa kosong, untungnya pake bahasa Inggris. Yes2 lah. Please suit yourself.

Salah satu yang bantu si ibu, agak nenek2 kemudian colek2 gw, trus nunjuk kursi sebelah? Disuru pindah gitu maksudnya, gw nurut aja dah biar ga repot. Cuma gw pikir kan nomor gw jadi pindah, dia inget ga nih? Wew..

Yauda gw terima nasib. Gw nunggu, ada sekelompok anak muda yang nanya ada kursi ga (sotoy, orang dia ngomong pake bahasa cina). Tapi salah satu anak ngomong ke temannya yang non cina, 46 piring lagi. Wew..

Gw masih sabar menunggu. Ya karena gw juga baca kalo ini tempat memang agak lama pelayanannya. Tapi yah gw yakin lah ini lebih cepet daripada bakmi godhog di Yogyakarta.

Ga lama ada 2 gadis cina datang, pertamanya nanya gw pake bahasa planet. Tau gw ga ngarti dia akhirnya pake bahasa inggris. Ya gw bukannya ga ngarti, gw tau maksudnya kalo dia nanya ada orang ga di kursi yang semeja ama gw. Cuma masalahnya gw ga tau mau jawabnya gimana. Yauda dia duduk dan mesen kwetiau. Dia juga mesen tiram dan rojak ke abang2 yang mondar mandir di sana. Gw sebenernya pengen nyoba tiram juga, tapi apa daya daripada nanti orangnya ga ngarti. Lagipula pas gw liat pesenan dia datang sepertinya ga gitu spesial. Cuma rujaknya aja agak ga biasa karena ditabur wijen, sehingga awalnya gw sempet bingung itu apa.

Kwetiau gw dateng juga akhirnya. Mereka masih belom sampai gw selesai makan dan kabur. Ya gw sih ga gitu merasa bumbu kwetiau nya spesial. Agak beda sih ama di Jakarta. Kalo dagingnya, ada 3 udang yang cukup besar, daging lapciong, dan yupo. Kelar makan bayar 7.5RM ke si nenek.



Gw lanjut jalan lagi, ke arah McAllister, yang katanya ada tukang roti paling tua di Penang. Gw sempet mampir ke minimarket buat beli minum, karena gw ga mesen minum waktu makan kuetiaw. Agak shock pas mau bayar minuman chrysanthemum dengan madu yang gw ambil ternyata harganya 3.9RM, belakangan gw baca itu barang impor dari HK.

Gw sempet nanya Ghee Hiang di mana ama pekerja minimarket tapi dia ga tau. Lanjut gw jalan lagi ga nyampe 100 meter gw liat ada tulisan 155years. Wah ini sih pasti ga lain ga bukan, tempat yang gw cari, karena gw sempet baca kalo tukang roti itu buka sejak tahun 1850an. Posisinya di perempatan jadi cukup jelas terlihat.

Gw liat2 depannya dulu. Ada pricelist harga, biar ga jebakan betmen. Gw liat harganya wajar2 aja, masih 5-10RM. Jadi sebenernya ini bukan roti melainkan kue, atau lebih spesifik semacam kue pia, walaupun dia juga jual saos tiram dan kue bulan yang harganya relatif mahal.

Gw pesen 2 dus isi kacang ijo (tausa pneah) yang kecil, 5.5RM per dus. Lebih murah beli yang dus gedenya sih ternyata, karena pas gw liat di dalemnya masih ada bungkusan vakum lagi per 3 atau 4 biji nya. Gw beli dua tipe lain, ga tau isi apa soalnya bahasa cina. Yang kecil2 juga, satu beh teh saw 5.5RM dan satu lagi nheoh pneah 5RM, total jadi 21.5RM.

Gw lanjut jalan ke arah utara, atau Jalan Burma lagi. Sekitar jam 13.00 gw nyampe ke kawasan penjual baju. Ya setidaknya kudu beli buat kenang2an. Gw beli yang warna ungu ukuran L, 10RM. Kalo beli warna coklat, item malah cuma 9RM. Gw juga beliin kaos ukuran XXL buat si Ecang, jauh lebih mahal, 25RM. Yauda lah ikhlas daripada ga ada oleh2 buat dia.

Gw ga langsung balik, gw muter lewat jalan bus, soalnya gw sempet spot tempat2 seperti Little India, mesjid dan vihara di sepanjang jalan Chulia. Jam 13.20 nyampe mesjid. Ternyata itu Masjid Kapitan Keling, masjid yang jadi nama jalan di Gereja St. George. Lanjut gw jalan, memasuki wilayah Little India.



Gw terus jalan karena gw sempet liat vihara gitu, lumayan jauh. Akhirnya nyampe juga, tapi gw kecewa karena ternyata tempat itu jauh dari yang gw harapkan. Ga terawat dan ga ada objek yang menarik. Lanjut gw balik lagi lewatin area Little India, sampai akhirnya nembus ke Lorong Stewart.

Tinggal lurus nyampe, sok ide gw muncul lagi. Pengen yang seger2. Gw sempet liat ada tukang jus di Lebuh Chulia yang ga jauh dari 75GH. Gw jalan ke sana dan emang ga mahal2 amat, 1.5RM jus wortel dan beberapa jus lainnya. Cepet bikinnya, gw liat sih dia pake wortel 1 biji bikinnya. Gw kasi 1.5RM pake recehan. Gw jalan balik sambil minum jusnya. Agak tawar mungkin karena sugar free. Tapi belakangan gw baru sadar, isinya banyak karena es batu. Belum setengah jalan isinya udah abis duluan. Yaelah..

Jam 14.00 nyampe 75TL. Gw masih bawa es batunya. Gw ga mau rugi, nyampe kamar gw tuang air mineral gw ke bungkus berisi es batu. Segar! Asli Penang panas soalnya. Dan siang2 begini yang paling benar untuk dilakukan adalah, tidur.

Bangun2 waktu udah menunjukkan jam 16.30. Gw belum berencana ke mana2, malah gw merencanakan rute perjalanan buat di KL. Jam 18.25 gw baru turun buat nyari makan. Gw rencananya mau ke tukang mee di jalan McAllister. Ya entah mengapa rute jalan gw ke deket2 sana melulu.



Pas nyampe sana ternyata udah habis. Untungnya gw udah punya alternatif. Dalam perjalanan ke sana, gw sempet masuk lorong2 (jalan) yang gw belum lewatin sebelumnya, dan gw liat ada satu restoran cina yang agak rame.

Gw ke sana, nyampe sekitar jam 19.05. Duduk, awalnya disambut dengan bahasa cina, lalu gw bilang menu. Dia ambilin, ternyata ada menunya. Ya soalnya gw juga liat ada bule yang makan di sini, jadi harusnya ada lah. Si bapak yang ambilin menu nanya mau minum apa, gw bilang tea aja. Trus dibawain 1 poci teh.

Gw awalnya mau pesen babi asam manis, tapi si ibu ternyata bisa bahasa inggris dan menyarankan gw mesen nasi atau mi, yang harganya relatif terjangkau 6-7RM untuk small portion. Gw pesen crispy noodle, yang intinya sih sama kaya ifumie.



Sambil nunggu, ada 3 gerobak yang lewat. Kukus2an, Gorengan, dan bapau. Pertama kukus2an, gw ambil siomay, swikiau ama hakau. Di sini kita nunggu pelayannya lewat, karena tiap meja dikasi bon. Nah bonnya ini yang rada beda, bukannya list makanan, tapi list harga. Jadi nanti tinggal dikasi angka berapa2 biji yang harga itu gw ambil. Gw liat 2 yang 3RM dan 1 yang 2.4RM. Siomay isi 4, yang lain isinya cuma 3. Gw ga ambil yang gorengan.



Ga pake lama tau2 dimsum udah abis, padahal ifumi gw masih blom dateng. Minum teh, makin lama makin pahit. Tapi ga lama kemudian akhirnya datang juga mi nya. Penampilannya relatif polos. Cuma mie, kuah agak kental, sayur ijo2, dan tiga jenis daging, otak2, ikan dan udang. Rasanya ga gitu istimewa menurut gw. Mi nya hambar, makanya gw pakein kecap asin dikit. Gw makan tapi ga sampai habis. Lalu gw minat beli bapau buat bungkus.



Gw sih minat bapau charsiew, soalnya gw yakin pasti harusnya tuh jenis bapau ada. Gw datengin gerobaknya sambil bawa bon gw. Gw bilang, awalnya agak bingung dia ngomong apa, tapi ternyata dia bisa bahasa inggris juga. Dia nanya mau berapa? Oh, just one. Trus dia mau main taro di piring aja, gw langsung tunjuk2 kantong plastik. Dia bilang take away? Yes2. Only one? Yes2, dia kasi angka satu di tabel harga 1.4RM.

Lanjut gw ke arah kasir, bayar, total 17.2RM. Yah 50ribu lah.. Gw lanjut jalan ke arah Lebuh Chulia. Gw ke minimarket dulu buat beli minuman soalnya teh tadi pahit banget. Total 3.5RM, ribena kotak dan 7Up Revive.

Liat2 di daerah Lebuh Chulia, ada tukang makanan yang memang baru muncul pas malem. Gw sih sebenernya minat nyoba putu mayom, tapi ukurannya gede juga, males kalo ga abis. Jadi gw skip dan akhirnya melanjutkan perjalanan kembali ke 75TL. Nyampe 75TL jam 20.00. Gw nulis2 dan menghitung expense kalo gw mampir ke Genting Highlands. Ga kerasa waktu udah menunjukkan pukul 23.00. Makan bapau, dan ga lama gw tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar