Jumat, 05 Agustus 2011

Day Two: Chiang Mai

Setelah nulis blog, ga lama gw tidur. Sempet gw terbangun, dan gw juga sempet ngerasa ada yang nyalain lampu. Sepertinya sempet mati lampu atau gimana gitu. Dari subuh cuaca hujan mengguyur Chiang Mai. Gw juga terbangun gara2 bunyi hujan, alamak masa ke sini cuma numpang hujan, tapi emang yang gw baca2 sih musim Agustus udah mulai musim ujannya. Dan gw confirm ama ibu yang punya ISRA kalo bulan lalu panasnya banget, sekarang udah mendingan.

Jam 8 kurang gw bangun akhirnya, cuci muka gosok gigi. Selain gw ternyata ada orang bule yang nginep juga dari US dkk, ada 5 menurut si ibu. Abis sikat gigi gw mantau cuaca ke serambi depan, secara gw pengen beli sabun. Pas bener si ibu muncul, trus ngobrol2 dikit sekalian bayar. Gw dsuru ngisi form gitu, kaya paspor lama visa dkk. Total 3 hari nginep 450B, Atau 150B semalem. Terhitung murah lah



Seperti kos2an, dengan wc dan kamar mandi di luar dan ada air hangat. Si ibu sempet nawarin gw kopi, tapi gw bilang ga usah, gw mau nyari sendiri aja. Selesai ngobrol, masi gerimis, tapi ya berhubung gw juga blom mandi ya gw tancep aja.

Gw jalan ke Nimman Road. Kemarin ada 2 711 disana, tadinya gw mau ke 711 yang agak gede. Tapi ngeliat ada minimarket lain Tesco Lotus, jadi gw iseng aja masuk kesana. Dalam perjalanan gw liat truk2 gede lagi bawa barang2 panggung, pas gw liat ada tulisannya Carabao. Gw kira cuma tempelan doank. Pas belakangan muncul bis VIP shock gw, isinya Carabao beneran, lagi tur kayana, dan semalem mungkin nginep deket daerah Nimmarn. Sayang anaknya ga dibawa kayanya ahaha!

Seperti kemarin, gw bisa confirm sebagian besar barang lebih murah dari Indo. Sabun shampoo air mineral masih lebih mahal, tapi itu juga ga gitu jauh lah.

Gw beli sabun, air mineral 1.500 ml dan Choco drink Magnolia ukuran 400ml. Total habis 62B. Pas di kasir gw liat ada VCD Suckseed 139B. Haha! Nanti aja gw beli yang set. Di jalan gw minum Magnolia nya, maklum gw sebenernya haus dari kemaren. 

Mandi, dan beres2, jam 09.45 gw jalan keluar. Cuaca masi gerimis menuju hujan, langit mendung. Gw jogging ke Kad Suan Kaew buat nyari sendal. sepanjang jalan gw nyari payung lipet di 711 tapi ga nemu, ada juga payung yang agak kecil. Susah bener nanya payung aja. Umbrella ngarti, pas gw bilang smaller bingung dia.

Ternyata jauh juga gan KSK, gw melalui jalan yang semalem gw lewatin. Ternyata semalem gw lewat Khun Churn, tempat makan buffet vegetarian. Gw mampir masuk bentar, tapi ternyata buffetnya baru mulai jam 11.00, jadi gw melanjutkan perjalanan ke KSK, masih ditemani gerimis. Di seberang Khun Churn ada kafe yang muter lagu nya si Ped. Haha! Ternyata gw ga salah tempat!

Jalan agak pelan2 sambil nyari payung, gw nyampe KSK sekitar 10.30. Sepanjang jalan nambah 2 711 lagi. Wkwk.. gw agak kaget pas liat KSK itu ternyata bukan kaya mall gedung, malah kaya bangunan tua, yang masi tembok oren2 gitu. Tempatnya lega juga, dan bertingkat lima cuma ada lantai yang agak membingungkan. Di lantai dasar pusat hasil tradisional, supermarket dan foodcourt.

Gw nyari payung di supermarket di KSK tapi mahal gan 240B an. Gile itu payung mirip banget yang biasa di Indo. Males dah gw. Di sini ternyata ada Subway juga, Pizza Hut juga ada.

Mengurungkan niat beli payung, lalu gw nyari sendal. Ada sportsworld di lt.2 KSK. Sepertinya di Thai lagi trending sendal yang bergelombang ama berbentuk keyboard. Nah yang belakangan gw agak telat nemunya gara2 lokasinya beda. Gw ude keburu beli sendal yang gelombang harganya 228B, itu ude diskon 15%. Ya tapi tetep mahal sih menurut gw. Si mbak2nya ngeh gw ga ngarti Thai, dan ternyata dia bisa Inggris. Ya uda lancar dah gw transaksi.

Nah pas gw liat sendal yang bentuk keyboard, gw jadi pengen beliin Ecang. Nah gw tanya size forty six. Trus dia ok2 & nyuru temennya ambil. Tapi gw sempet denger sepertinya dia ga bilang si sip hok. Malah kedengerannya sahm2 gitu. Alhasil bener yang dia. Bawa malah ukuran 36. Gw coba jelasin lagi, tapi gw emang sempet salah juga biilangnya si hok, lupa sip nya. Ujung2nya gw ketik di hape dah, trus dia macem shock & bilang very big. Ujung2nya ya ga ada, nasib dah.

Abis beli sendal, gw langsung pake. Lumayan enak, tapi kayana gw beli 41 agak kegedean deh, tapi yauda lah. gw muter2 lagi, iseng nyari DVD Suck Seed. Naik turun akhirnya gw nemu satu toko DVD original di Lt.3. Shock gw liat harganya 350B. 100rb lebih gan, buset dah. Yasud mending gw beli yang collector edition aja nanti di Bangkok.

Keluar KSK masih hujan. Gw jalan sebentar ke arah old city sampe ketemu temboknya. Tapi gw agak mengurungkan niat gara2 cuaca kurang mendukung dan kaki gw masi rada encok, lupa pake Counterpain. Gw jalan balik dengan rute yang sama, dan gw udah memutuskan buat lunch di Khun Churn.

Kira2 gw nyampe Khun Churn lagi jem 12, udah rame dan rame nya ama bule. Kita makan dulu bayar belakangan, cuma 98B gan! Ya emang makanannya macem salad, buah2an. Ada nasi juga dan sayur2an, sop, yabg goreng cuma labu doank. Ada mi dan bihun juga, cuma bihunnya agak beda ama di Indo, lebih tebel. banyak sayur yang agak aneh, sop2 nya juga agak pekat dan rasanya ada yang ga cocok ama lidah gw.



Minumannya banyak macem, dari beetroot, barley, chrysanthemum, teh butterfly (warna biru, bingung gw dari apa bikinnya), untuk jus harus bayar lagi, dan lucunya harga jus itu setengah harga buffet nya. Gw liat2 sih bule nya juga ga ada yang mesen.

Jam 13.10 gw meninggalkan Khun Churn, dan menuju ISRA. Sampai di ISRA gw ketemu si ibu lagi di depan. Kata dia ISRA itu nama anak suami nya. (Mungkin beda istri kali ya), dia udah buka selama 35 tahun lho! Dan yang mengelola saat ini dia, suaminya dan putrinya.

Nyampe kamar gw langsung pake Counterpain. Mayan seger, encok juga jalan, tapi sebenernya sih cuaca juga ga bagus, sepertinya seharian nih ujan ga berhenti2. Naga2nya sih bakal gw extend nih di CM. Masih banyak food stall dan jajanan yang supermurah dan belum gw coba. Jam 14.00 gw tidur, lumayan pules.

Sekitar jam 17.00 gw bangun. Udah ga ujan, sesuai ama yang si ibu bilang bahwa mulai sore baru agak cerah. Sebenernya hari ini kurang produktif dengan gw tidur siang 3 jam, tapi gimana lagi emang cuacanya lagi hujan mulu.

Abis cuci muka gw mulai jalan lagi. Gw jalan ke arah CMU. Cukup jauh juga, gw lewatin sungai. Gw pikir tadinya underpass. Jalan terus di. Huai Keow Road, ampe depan gerbang CMU. Gw ketemu tuh Milk Garden tapi pas gw liat kok tempatnya ga mirip di film Suck Seed.. Ya gw ga jadi makan di sana, berarti mungkin yang di tuh film yang di jalan Nimmarn. Yauda gw jalan balik lagi.

Di sebelah Milk Garden ada food court area terbuka gitu, Chedrin Park. Rame banyak macem2 makanan, Jepang, Italia, ada juga buffet cuma 139B! Rame juga tuh tempat. Gw jalan balik arah yang sama. Sampe deket sungai yang gw bilang ada belokan sebelumnya. Di situ ada 7eleven, tapi yang menarik gw itu ada pasar2 kecil. Gw iseng liat2, sampe ujung ada tempat gitu, tapi gw ga tau apaan, entah hotel atau apa.

Gw balik lagi. Dari kemarin gw liat tukang jual sosis2an yang naik motor, tapi mungkin itu cuma pas malem, tapi pada umumnya di banyak pasar, dan tempat makan, termasuk depan 7eleven ada yang jual sosis. Ngiler juga liat sosis2an, gw coba deh makan satu yang gede, cuma 10B, ga cuma dapet sosis, juga dikasi kol, cabe rawit dan satu lagi gw ga tau; kirain bawang bombay pas gw makan rasanya mirip jahe. Gw nyari halte buat duduk, dan mulai makan itu sosis. gw makan ternyata itu bukan daging semua. Ada soun nya, ada beras juga. Pantesan kok murah padahal gede gitu, cem lontong lah kalo gitu mah.

Gw jalan lagi, sebelum ketemu Nimmarn Road, ada pasar lagi. Gw masuk lagi donk, haha.. ada yang jual makanan, baju, tatoo juga. Tadinya mau ngemil lagi tapi agak2 males gitu. Jadi gw lanjut masuk Nimmarn Road. Ga ada trotoar nya euy, bingung gw. Belakangan baru ada. Gw muter2 soi nya buat nyari Milk Garden. Stau gw sih soi 6, cuma kok adanya yang ganjil doank.

Ampe encok gw muter ga ketemu, ujung2nya gw mampir 7eleven lagi beli cemilan. Gw beli lays, es krim walls rasa buah (gw liat iklannya di Singapur, berhubung disana ga sempet nyoba jadi gw beli), black tea rasa lemon 500ml, dan sandwich rasa pizza (kyna). Total 66B, sandwichnya cuma 10B. Ya seperti 2 lembar tawar kupas pake filling. Tapi ya murah lah segitu. Sosis juga di 7eleven ternyata mulai 20B sayang ga ada di display, atau mungkin kudu pesen dulu kali.

Lalu gw jalan balik gara2 merasa hopeless ga nemu Milk Garden. Pas ude tinggal belok ke gang ISRA, gw mulai bersemangat lagi. Walaupun kaki pegel, mungkin karena gw makan sandwich ama es krim nya di jalan jadi ada energi lagi. Gw jalan lurus, ke arah sungai lagi. Deket situ ada warnet 10B/jam, lumayan tuh. Cuma warnet di sini sepertinya terbuka, ga ada yang pake sekat. Gw liat sepertinya di jalan sebelah ada keramaian, semacem kompleks makanan. Tapi ternyata jalan gw ga ada tembusan lagi, jadi gw jalan ampe sungai. Gw muter dan ternyata bener itu memang kompleks makanan gitu, dan dibelakangnya ada lapangan gede. Bener seperti yang gw liat tadi pagi, ternyata Carabou konser di tempat itu kemarin. Sayang mulai jam 16.00, pantes waktu gw lewat situ waktu nyari ISRA ga gitu kerasa, walaupun emang gw denger ada suara2, tadinya gw kira itu diskotik.

Dari deretan tempat makan itu, ada satu tempat yang rame, sepertinya ada yang ultah. Pas gw liat ternyata itu adalah Milk Garden yang gw cari2..!



Gw masuk, waktu menunjukkan pukul 19.30. Gw agak bingung sih. Soalnya ini kan kudu order. Gw duduk dulu di kursi yang kosong. Sekitar 3 menit ga ada yang dateng, jadi gw datengin counter nya.

Meskipun ada papan gede menu nya yang sebagian bahasa inggris, gw liat di menu juga.

Mbak nya agak bingung lah pas dia ngomong gw cuekin, ya gw ga ngarti. Bingung mesen apa, soalnya ternyata ga aneh2 amat sih makanannya. Nasgor, burger, salad, spaghetti. Gw pesen nasgor babi, sama susu khas milk garden (tulisannya). Ya gw tunjuk2in aja lah ke mbak nya daripada gw repot. Yang lucu di sini, tab atau nomer kita, itu pake boneka. Gw sih agak bingung sebenernya, soalnya dia suru gw ngambil sendiri. Emang di depan kasir itu ada bak isinya boneka, cuma mang dia apal & tau ya yang gw ambil yang mana? Yauda gw ambil aja lah yang mana.

Yang ultah udah mulai kelar jadi ga gitu berisik. Ga lama minuman gw dateng. Nasgor gw juga menyusul sedikit lama. Agak shock sih gw, liat size nya yang lumayan kecil. Ya ga kecil2 banget sih soalnya emang padet cuma itu 65B gan, ya ga tau sih keitung mahal ga sebenernya. Minuman gw sih harganya 45B juga, cuma emang gelaas gede, 500ml lah. kita juga dikasi air putih dingin gratis, pake gelas metal gitu. Sambelnya dikasi cabe merah potongan yang ada airnya. Gw coba sih lumayan.

Milk Garden tempatnya memang bagus konsepnya, tapi ya kalo udah lama di sini mungkin emang biasa soalnya banyak kafe dan restoran yang memang bikin konsep. Tempat hangout untuk minum2 bir dengan lagu2 disco disini juga kaya tempat terbuka aja, salah satunya yang deket ISRA adalah Infinity. Jadi ga di gedung2 gitu, cuma ada tulisan "celebrate responsibly". Haha! 

Gw balik ke ISRA jam 21.00 dan si ibu ada lagi di depan. Kali ini ada seorang bule yang naik sepeda, ya gw tanya aja di mana rentalnya. Eh taunya ternyata itu punya dia, weleh gw jadi ga enak. Trus gw ngobrol2 aja, nanya kira2 kalo rental di mana, trus dia bilang deket Moon Mueang. Buset ksono nya aja udah jauh juga itu mah. Trus kata dia kalo ke Night Bazaar itu sekitar 20B kalo naek Songthaew. Mahal juga sih kalo diitung km sebenernya. Dia agak kaget waktu si ibu bilang gw jogging dari bandara ke ISRA tengah malem, trus dia bilang ke gw, i like you.. haha!

Sepertinya orang2 yang nginep udah pada balik juga. Yauda ga lama nongkrong di depan, gw masuk ke kamar. Ngemil Lays yang gw beli, kaget sih gw, kirain beneran sandwich Lays, taunya kentang rasa ham sandwich.. wkwk.. ngetik wordpress, ga kerasa udah jam 23.00. Besok rencana gw mau ke Central World, soalnya KSK kayanya masi kurang greget.. maklum anak mall.. haha!

Dari apa yang gw liat hari ini sih sepertinya orang Thai demen makan sosis ama roti. Soalnya banyak tukang jual sosis di pinggir jalan maupun pasar. Roti banyak kafe2 yang jual, termasuk yang di CK, sampe ada filling sandwich yang dijual cukup murah di bawah 20B.

Buat minuman juga banyak kaya warung kopi, lebih mirip kaya stall teh Tongtji sih. Cuma yang dijual selain kopi biasanya minuman bermacam rasa. Jadi ada tepung warna warni di stoples. Macem pop ice gitu mungkin ya. Tapi ya begitu, sampe sekarang selain yang punya ISRA, gw belum menemukan orang Thai yang cukup fasih bahasa Inggris.

Bis di sini juga beda dengan di Indo. Selain yang tingkat, bis normal juga gw liat platform duduknya lebih tinggi. Tapi mungkin ga tinggi juga sebenernya. Kalo gw liat sepertinya itu bis plafon nya rendah, dan minus bagasi di atas kepala. Mungkin seperti yang gw baca kalo orang Thai menganut paham superiority dari atas ke bawah, makanya ga mau naro tas di atas kepala. Tapi ya ini bisa jadi problem kalo bawa tas gede, entah ditaro bagasi atau kudu bayar satu bangku lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar