Minggu, 07 Agustus 2011

Day Five: Bangkok

Lanjut cerita, gw udah nyampe Bangkok, cuma gw bingung karena ternyata bis nya end di Terminal Phahonyothin. Gw sempet muter2 dulu buat meyakinkan gw ada di mana. Gw jalan ke arah utara, eh ketemu Bangkok Bus Terminal (Chatuchak). Wah gw masi blom mudeng. Muter2 akhirnya gw masuk ke tuh terminal. Duduk2 sembari memastikan posisi gw di mana. Akhirnya 07.25 gw mulai bergerak lagi. Gw mau memastikan posisi gw. Kalo gw jalan ke selatan harusnya gw ketemu JJ Mall. Tadinya gw mau ke wc dulu, tapi pas liat wc nya bayar 3B, gw mengurungkan diri. Ya sama aja sih di Indo juga kan 1.000 biasanya.





15 menit gw jalan ketemu JJ Mall. Berarti gw ga salah sehingga gw udah menemukan orientasi gw sekarang. Nah bagusnya, ya karena gw deket Chatuchak mengingat terminal tadi namanya sama, berarti kan gw bisa mampir ke sana sekarang juga. Daripada nunggu minggu. Nah perkaranya di GPS gw kurang dalem levelnya. Jadi gw ga jelas persisnya sebelah mana. Awalnya gw kira utara JJ Mall eh ga lama gw liat ada kumpulan ruko2. Gw kaya inget nih waktu nonton film thai lesbian (lupa namanya) yang berlatar di Chatuchak. Masi pada beres2 gw maen masuk2 aja. Di dalem, waktu menunjukkan pukul 07.55 dan gw berhasil menemukan tulisan Chatuchak Weekend Open Market. Berarti lokasinya di selatan JJ Mall.



Masalahnya ini masi agak kepagian juga. Gw muter2 ga jelas ampe akhirnya gw sarapan di tukang kopi, waktu menunjukkan pukul 08.10. Gw bilang warung soalnya kecil banget tempatnya. Gw mesen hot cocoa ama onion toast. Total 30B. Wajar lah.



Dasar orang kelaperan. Abis makan roti, gw beli fish & chips ga jauh dari tukang kopi. 60B. Wew agak mahal ya. Yauda lah gw ga gitu mikirin, udah berbulan2 pengen fish & chips di Solaria ga kesampean. Makannya sambil jalan soalnya ga ada tempat duduk. Sambil makan gw liat2 kios pakaian. Muter2 ga jelas sampe akhirnya gw kebelet kencing. Ga juga sih, sebenernya banyak yang gw beli. Haha



Gw beli tas seharga 100B. Ya kaya tas Djarum gw yang lama. Abis itu gw beli kaos 50B an.. murah juga gan itung2 ga nyampe Rp 15.000 selembar. Gw beli 2+2, jadi total 200B. Tadinya mau beliin Ecang tapi ukuran gede harganya najis tralili 120B yang XL, yang XXL 169B. Ya nggak najis juga tapi kalo dibandingin ama yang 50B kan imba. Tapi ya ternyata kaos normal yang kualitas bagus sih emang 120B ke atas. Gw juga beli boxer, 3 100B.. 555 demenan Upil nih.



Abis itu gw mulai beser, akhirnya gw nyari toilet. Bayar juga, tapi ikhlas lah, 2B. Ada tambahan lagi sih kalo pake tisu jadi 7B kalo ga salah. wc nya lumayan bersih. Abis dibuang, diisi lagi. Gw beli kelapa, kali ini gw nyoba yang agak gede batoknya, di sebelah yang jual fish & chips. Waktu itu jam 09.00, ya gw merasa agak mahal nih 40B, ya waktu di Anusarn cuma 30B soalnya, belakangan gw liat ada yang jual cuma 25B malah. Sial. Gw minum di tempat orang pada duduk2, sayangnya bangkunya penuh, gw jadi duduk di panggung. Kelar minum gw baru sadar kalo tuh panggung basah, celana gw jadi agak basah dah..



Nah yang ini nih yang bikin gw lama. Gw nyari tukang boneka2an horor. Ya horor abis bentuknya ga jelas. Awalnya gw ketemu satu toko, belakangan gw cari lagi ga ketemu2. Sial gw disorientasi, padahal sih tempat yang lain2 gw masih inget. Asli emang Chatuchak itu gede, dan karena bentuknya ga persegi makanya gw agak disorientasi. Segala barang ada, dari jam, keramik, sepatu, tas, pakaian, alat tulis, makanan, karya seni dll dah.



Sekitar sejam lebih gw nyari ampe akhirnya ketemu juga yang jual. Ternyata ga banyak juga, yang gw inget dan liat sih cuma 4 toko, dari ratusan yang jualan. Semangat nyari dah! Gw beli boneka yang pahe aja, 9B each, tapi kalo beli 12 jadi 100B. Gw beli 12 aja buat bagi2. Trus gw beli yang agak gede, harganya 69B. Yauda ikhlas lah 20rb. Eh pas gw mau keluar dari pasar nemu lagi yang kedua gw liat, gw beli lagi, cuma 1 doank sih, yang 20B.

Lanjut gw jalan lagi deh. 10.30 gw jalan nyampe MRT Khampaeng Phet, ini MRT underground. Gw sempet loading sebentar buat mastiin arah yang bagus. Ternyata harusnya gw naek yang MRT Chatuchak aja, soalnya gw harus pindah lagi pas di sana.



Yauda daripada ribet gw masuk aja, keluar MRT Chatuchak. Agak beda ama di Singapura, di sini bentuknya token, kaya koin karambol. Tokennya cuma kita tempelin di scanner, tapi pas keluar kita masukin, jadi ga di tuker lagi. Agak mahal juga, cuma satu stasiun aja 15B, ya masalahnya ini cuma beda sisi dari Chatuchak aja, tapi yauda lah.

Lanjut gw kudu naik BTS Moi Chit. Gw agak bingung di mana interchange nya. Ternyata kita kudu keluar dulu, soalnya BTS ini ternyata over ground. Ga jauh sih, keliatan arus pergerakannya banyak yang ke sana. Yauda gw naik lagi. Sebenernya ini mirip stasiun Juanda kalo secara struktur. Jadi naik satu lantai buat beli tiket, naik lagi nunggu keretanya. Gw sempet loading lagi buat milih spot mana bagusnya gw turun, soalnya tetep naik BTS ini ga bakal langsung nyampe kawasan Guest House.



Setelah sedikit merumuskan formula, akhirnya gw memutuskan buat naik sampe ke Siam. Soalnya, dari yang gw baca, dari Siam ke Silom tinggal naik bis no. 15. Yauda gw mulai beraksi di depan mesin vending. Eh ternyata kudu pake koin doank, dan itupun cuma yang 10B dan 5B. Hmm.. ngarti gw, jadi kudu tuker duit dulu. Gw tuker 2x20B kertas jadi 4x10B koin. Gw baru inget dari Moi Chit ke Siam butuh 35B. Untungnya gw punya 5B. Nah ini beda lagi,  bukan koin kali ini pake kartu, tapi bukan kartu kredit, ini kaya kartu telepon. Gw kira sama2 aja kaya di Singapura, tinggal scan, ternyata kalo ini beda, tiketnya dimasukin dari arah depan, nanti keluar di atas. Masukinnya juga ada arahnya, gw cepet2 liat tiketnya. Untung aja gw cepet responnya, kalo ga malu juga bikin macet.

Lanjut gw naik ke peron. Ada kereta, tapi gw skip. Loading dulu, belakangan baru sadar kalo ini end station, jadi pasti cuma satu arah. Wekeke..

11.05 gw naik BTS, kali ini 7 stasiun baru nyampe Siam. Awalnya agak lega, belakangan lumayan rame. 11.25 gw nyampe Siam. Ada tourist information center, iseng nanya ah. Gw nanya ke Phra Arthit naek apa, dia nyuru naek taksi. Yaelah sekalian aja nyuru beli Yamaha Fino di showroom.

Trus belakangan dia kasi alternatif, naik bis no. 15. Ya sama aja kaya yang gw baca, yauda gw keluar dan turun dari stasiun. Turun ke bawah langsung keliatan, Siam Paragon. Kumel gini males juga gw ke sana sekarang. Mau nonton juga weekend, yang ada cuma bikin bangkrut doank.

Masalah mulai muncul lagi. Gw ga tau nunggu bis nya di mana. Ya di depan gw persis emang ada bus stop, tapi ga ada info bis apa aja yang bakal lewat. Ya perkara juga kalo gw nunggu ternyata salah. Gw nunggu sekitar 7 menit sampe akhirnya memperoleh pencerahan. No 15 lewat depan gw. Ya sebelumnya gw sempet liat arah kebalikannya. Tapi ya ga mungkin soalnya, bis nya harusnya jalan ke arah barat, di tempat di mana gw nunggu ini.



Gw main naik2 aja. Yauda lah kayanya ga mungkin salah jauh juga. Gw bilang ama si ibu kondektur, ke Khaosan ya. Sambil gw kasi 20B, ternyata tarifnya cuma 7B, ya sama lah kaya bis DAMRI di Bandung, cuma bedanya ini pake kipas, lebih tertib naik turunin orangnya, dan ada tombol buat berhenti, jadi ga pake cara rimba maen getak getok atau teriak.

Sepanjang jalan gw liat GPS, kurang lebih bis 15 rutenya begini nih:

dari depan Siam Paragon dia lurus ke arah barat lewat Thanon Rama I.

abis itu dia belok ke selatan lewat Thanon Khrung Kasem (ini gw kurang yakin).

lalu belok arah barat lagi ke Thanon Luang.

Dari situ dia belok lagi ke arah utara, Thanon Worachak

Abis sungai dia belok arah barat ke Thanon Lan Luang

Dari sini dia lurus terus lewatin sungai dan lanjut Thanon Rachdamnoen Klang. Dari sini udah keliatan Monumen Demokrasi, secara bentuk mirip Bunderan HI, jadi ada banyak lampu merahnya, tapi ini bukan air mancur yang bisa menelan korban. Nah Khaosan ini letaknya di utara dari perempatan setelah Monumen Demokrasi.

Gw tadinya mau turun deket Chao Phraya, ya walaupun gw kurang yakin itu bis terus ke sana, masalahnya menurut gw bakal lebih deket kalo dari situ. Tapi abis Monumen Demokrasi si ibu kondektur nyuru gw turun. Ya bener sih, emang di sini kalo mau ke Khaosan. Yauda gw turun dulu aja menikmati Bangkok di siang hari.



Panas gila di sini. Gw jalan ga lama udah kuyup. Mampir di tukang minuman, gw beli pepsi 12B, es nya dua sekop. Iya emang orang Thai kayanya demen minum banyak esnya, macem kopi, mungkin makanya Slurpee (baca: 711) juga lumayan laku di sini.

Gw liat di sepanjang jalan, bule2 jalan sambil megang ga lain ga bukan, Lonely Planet. Yaelah autis model 2 nih. Dari yang Bangkok, Thailand, ampe Beach & Island ada semua. Ckckck.. ga lupa Southeast Asia Phrasebooks kaya yang dipake orang Jepang yang beli tiket kemarin di Chiangmai. Padahal udah dibilang di forum2 kalo lagi di jalan, mbok ya jangan dipamerin bukunya. Lagian LP juga ga gitu update sebenernya.

Ya gw mah modal GPS ama kompas aja, peta untungnya udah gw donlot biar bisa dibuka offline. Buku LP juga gw kumplit PDF nya di hp, cuma hp gw aja rada lemot jadi bukanya kudu ngeden. Wikitravel, udah offline juga pake iTravel. Semua terhimpun di HP yang modalnya 2 juta doank, sekarang malah sekennya cuma 900rb. Boong banget turis2 backpacker ga mampu beli, terakhir gw liat yang keluar dari kantongnya iPhone! Bukannya promosi nih tapi sayang aja kan punya alat potensial yang kurang dimanfaatkan dengan baik. Gw sendiri sengaja ga beli simcard gara2 males nanti batre gw jadi bocor.

Lanjut cerita perjalanan gw lumayan lancar sampe akhirnya gw kudu nyari yang mana satu Thai Green GH. Dari jalan Phra Sumen masuk gang tapi gw bingung yang mana. Gw loading hampir 30 menit karena bingung, waktu udah menunjukkan 12.30an. Ada bangunan ijo, gw gedor2 no respon. Muter2, sambil mengakali hape yang batrenya tinggal 2 point, mana Motorola backup gw juga udah abis semalem gw pake ngisi waktu di bus. Ga lama gw liat ada bule yang masuk gang2 yang rada sempit. Yauda gw iseng ikutin aja, eh ternyata Thai Green GH itu di deket situ.

Yauda gw main masuk aja. Eh pas gw liat kok kayanya rame gila ya sendalnya, di ruang tamu nya juga banyak bule lagi nongkrong. Wah kayanya ini bukan tipe GH gw. Gw aja ampe cengo dulu sebentar, sampe akhirnya si ibu menyadari keberadaan gw. Ternyata room single udah abis, adanya tinggal double bathroom. Gw sih udah agak males juga ngeliat bulenya gitu, ada cewe Thai nya yang maen di grope2 aja.. ckckck..

Menurut gw sih terlalu sumpek keliatannya, walaupun emang di rating cukup tinggi, dan faktanya emang gw ga liat dalemnya/kamarnya. Ya

tarifnya sih emang ga mahal, single 100B tapi penuh, double 140B, double bathroom 170B. Yauda akhirnya gw walkout. Untungnya gw masi ada alternatif. Ya gw udah siapin 3 tempat emang, tapi satu lagi, Central GH kayanya populer juga, soalnya lokasinya Khaosan banget. Yauda gw jadi mengarah ke Bangkok House.

Nyebrang sungai ke jalan Sam Sen, trus belok kiri. Nah ini gw agak disorientasi lagi, di peta ada Wat sebelah utara jalan, tapi kok disini malah sebelah Selatan. Apa gw salah jalan, tapi gw liat ada papan petunjuk Bangkok House. Sip dah. Gw masuk gang trus ada petunjuk lagi belok kiri, dan di situ keliatan gerbang Bangkok House. Gw pencet bel dan langsung di bukain. Yah setidaknya ini udah nilai plus daripada tadi gw ampe keriting nyari Thai Green GH gara2 kurang informatif.

Awalnya ada mbak2 yang bukain, tapi sepertinya yang mengelola adalah mas2 yang ditemani mbak2 lain, yang lagi makan di ruang depan. Yauda gw tanya aja apa single nya masih ada. Ada, 180B. Wek. Lebih mahal dari double bathroom si Thai Green. Yauda bodo amat, di sini setidaknya ga serusuh di sana, ada bule juga di ruang tamu, lagi menikmati panasnya Bangkok sepertinya. Haha..

Gw langsung ditunjukkin kamarnya, di atas. Lepas sendal di bawah. Kamarnya ternyata model teak wooden house. Lumayan lah setidaknya yang gw bayar ada nilai tambahnya



Waktu udah menunjukkan pukul 13.10. Beres naro barang si mbaknya nyuru gw ngurus administrasi. Turun lagi, gw bilang gw stay 3 hari. 540B, lalu dia ngasi gw handuk dan nomor password free wifi, passwordnya macem nomer telpon XL, haha.. ya lumayan lah, tapi ada jamnya sih 07.00-22.00, belakangan gw coba agak lemot juga.

Sama kaya di Chiangmai, GH tetep mewajibkan tamu isi informasi paspor, lama visa dkk. Yauda isi aja lah. Kelar administrasi gw langsung balik ke kamar dan siap2 mandi. Yaiya lah buset lengket bener ini, tapi sebelumnya gw nyolok hp dulu. Kamar mandinya bagus juga. Shower dan toilet jadi satu. Ada tiga sih.

Nikmat bener segernya air kamar mandi. Ya ga ada air hangat kayanya tapi buat apa, asli di sini panas gila soalnya. Kelar mandi gw ngaso di kamar, nulis2. Udah pake kaos oblong aja masih ngalir keringat. Colokan cuma satu dan dipake buat kipas dan sekarang gw pake ngecharge hp. Panas juga gw coba pake paralel yang gw beli di Bandung, pas gw colokin yang kipas (pipih) ga bisa masuk. Pegimana cerita padahal tulisannya SNI. Belakangan gw liat ternyata colokannya udah pake kepala tiga, soalnya yang dari sumbernya blom yang bentuk pipih.

Ga sadar waktu udah menunjukkan pukul 15.30. Sempet beberapa kali turun ujan kecil2, tapi ga lama reda lagi. Gw terus ngaso di kamar, ya nulis2 sama buat rute jalan besok dan mapping rute jalan kaki gw selama ini. Asli gw lagi males banget ke mana2 gara2 naik bis semaleman & muter2 di Chatuchak, ditambah nyari GH di siang bolong.

Jam 17.00 gw cuci muka trus jalan ke 711 deket Bangkok House. Deket sih deket, tapi kudu nyebrang. Nyebrangnya ini yang susah, kendaraannya pada kenceng2. Akhirnya berhasil juga, gw borong minuman dan snack, total abis 88B, itu udah pepsi max 500ml 17B, minuman lohankuo &chrysantemum 350ml 16B, air mineral 1500ml 15B, dan 2 snack 20 dolaran.

Gw rada males juga nyari makan di panas begini, di jalan deket2 kurang ada yang menarik. Gw cuma liat Roti Mataba aja deket Thanon Phra Sumen yang lumayan rame, tapi itu agak lumayan jalannya dari Bangkok House. Ujung2nya abis jajan gw balik lagi ke Bangkok House, lanjut nulis lagi.

Ga kerasa waktu udah menunjukkan pukul 19.00. Buset padahal gw daritadi cuma nulis doank, ya sambil browsing2 dikit. Gw lagi tertarik makan buffet Jepang soalnya gara2 kemarin liat di Panthip Plaza, Shabushi namanya. Ada juga sih di Central Airport Plaza, cuma Zen namanya. Gw udah cek kalo dua2nya ada cabang di MBK.

Itu rute jogging gw besok, sekalian nyari DVD Suck Seed yang Collector Edition, di Chiangmai kaga ada. Sama mau nuker duit juga di SuperRich1965 di Big C, ya deket2 Siam Paragon. Gw cek website nya sih lumayan kursnya, terima IDR juga.

Malem ini rencananya gw mau makan di Tom Yum Kung. Dari namanya udah jelas kan apaan. Katanya sih ini yang paling enak, ya kalo ga masa iya berani pasang nama begitu. Moga aja ga bikin mules. Akhir2 ini gw rada mual wangiin beberapa ramuan yang kurang cocok ama lidah gw, pertamanya sih kerasa waktu di Khun Churn.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar