Sabtu, 13 Agustus 2011

Day Eleven: Penang to KL

Gw bangun jam 06.00. Masih sepi

Jalan beli es krim nestle kitkat di 711 2.8RM dan air mineral 600ml 1.5RM, total 4.3RM

Lanjut gw makan mee di tempat yang kemarin tutup. Gw nyampe sana sekitar 07.30, udah buka. Gw pesen mee dan minum white coffee alias kopi susu. Kopi ga lama datang, bayar 1.4RM. Mee kemudian datang, bayar 3RM.





Abis makan gw langsung jalan balik. Gw agak buru2, pas gw sadar ternyata gw pergi ga bawa kunci. Wew, masih di kamar kali ya? Soalnya gw emang inget hari ini baru 2x pasang gembok, pas ke wc dan pas mandi. Masuk 75TL dan naik, gw liat ternyata kunci gw masih menggantung dengan gemboknya di depan pintu. Untung aja ga ada perubahan alias ga ada benda yang raib.

Gw langsung beres2, ya cuma masukin handuk yang tadi gw jemur sebentar. Begitu aja tapi gw tiba2 udah keringetan. Gw turun, bilang kalo gw mau checkout ke si bapak, dan nanya apa semua bis dari Butterworth ke Puduraya. Dia bilang iya, dan dia malah nawarin beli langsung disini aja. Gw bilang ga usah lah, nanti aja on site.

Gw jalan keluar dan menyusur jalan hingga pier. Lumayan jauh, ya ada lah 1 km lebih. Keringat gw lumayan mengucur, sebenarnya sih ga gitu panas padahal, soalnya dari pagi cuaca emang agak mendung. Terus berupaya, sempat berhenti sebentar2 soalnya emang baju2 gw ternyata cukup berat, ditambah ada kantong Ghee Hiang, tapi akhirnya gw nyampe juga ke pier. Jalan masuknya setau gw sama kaya jalan keluar, cuma nanti dialihkan saja ke sisi lainnya. Gw masuk dan duduk di sana karena masih relatif sepi. Gw nunggu mungkin 15 menit lebih, setau gw tiap 20 menit keberangkatannya, dan gw salah satu yang pertama datang, alias miss ga gitu lama ama yang sebelumnya.

Naik ferry ke Butterworth ternyata gratis, sama halnya kendaraan. Jadi cuma bayar pas nyebrang ke Penang aja. Naik kapal, sekitar 20 menit kemudian nyampe dan, gw langsung ikutin jalan dan turun ke arah terminal.



Ternyata benar mitos yang gw baca, berbeda ama terminal2 yang pernah gw datengin, terminal ini banyak calo nya. Bukan calo sih, tapi ya seperti penjaja tiap provider bis, gw aja ampe dikejar2. Gw bilang dengan jelas ama dia kalo gw mau pick by myself no need to rush. Orang yang pertama nawarin gw kasi tarif 32RM. Yang gw baca2 sih katanya emang sekitar 25-35RM. Gw jalan ke ujung terminal satunya. Si calo udah mau main ngasi gw tiket aja, gw bilang sabar lah. Agak give up terakhir dia bilang same2 ah. Ya whatever.



Sebenernya ada booth ticketnya berjejer, tapi ga ada nama yang gw tau. Ya setidaknya Transliner atau Transnasional. Nyampe di sisi satunya, gw kembali didatengin, kali ini ama mbak2. Dia nawarin, sama lah intinya bis executive (duduk 2-1) langsung (ga mampir Ipoh). Dia kasi harga 31RM. Tadinya gw mau cari2 booth ticket lagi, cuma gw udah agak risih bener. Gw liat bis nya relatif banyak yang naik, yauda gw bilang okay2. Gw bayar dia 31RM, masukin tas pakaian gw ke bagasi dan naik ke dalam. Ya pada dasarnya mirip ama bis CM-BKK, cuma ini lebih rendah dikit kelasnya karena ga ada TV dan WC. Belakangan pas udah duduk, gw liat dari jendela, ada booth Transnasional tepat di depan parkiran bis yang gw naikin. Yauda lah ikhlas.

Gw duduk sendiri di bangku yang 2 (sisi kanan). Sekitar jam 10.28, si mbak2 yang tadi ngasi gw tiket naik dan ngecek tiket. Pas dia lewat deretan gw dia ngecek seberang gw, dan gw liat dia tuker tiketnya, menurut gw sepertinya seberang gw asalnya bukan dari Butterworth. Sempet gw liat papan yang dibawa si mbak ada semacam tiket yang tulisannya 43RM, atau lebih mahal dari punya gw. Mungkin bis ini transit ke sini dari lokasi lain, ga tau pasti sih dari mana, tapi paling dari Alor Setar.

Agak ngaret, bis baru berangkat jam 10.43, yang sebelumnya dijadwalkan berangkat jam 10.30. Gw liat dalam perjalanan kita masuk highway, dan benar, di sini motor boleh masuk juga. Awalnya gw pikir cuma di dalam kota doank. Tapi pas gw lewat yang agak berbukit atau antarkota, mirip Cipularang, masih ada motor juga. Wow..

Sekitar jam 11.30 bis berhenti di pom bensin Petronas. Beberapa orang turun ke toilet. Gw sempat dengar lagu yang diputer walaupun agak samar2 soalnya penyanyinya cukup familiar, Peterpan. Yah ga gitu heran sih karena gw tau cukup banyak fansnya di sini. Sayangnya waktu di Thai gw ga denger satupun lagu Indonesia diputer.

Jam 13.25, bis nyampe ke pintu tol. Gw liat banyak gedung2 tinggi, sebagian besar sih apartemen. Menurut gw sih sepertinya bus udah masuk jalan tol dalam kota sekarang. Gw mulai merasakan traffic jam di sini. Cepet juga ya, ini baru 4 jam. Gw pikir beneran 5 jam.

Ga lama gw melihat kawasan yang dipasang bendera2 Malaysia. Ternyata itu istana. Ada direct access ke tol, makanya ada papan himbauan untuk mengurangi kecepatan. Gw liat banyak bis2 yang berhenti di sana. Memang setau gw tempat itu dibuka untuk umum, boleh masuk gratis, dengan menunjukkan ID. Tapi ada syarat kudu berpakaian rapi, no flipflops and no tshirt or shorts.

Sekitar 13.45 bis nyampe terminal. Dia bilang KL2. Gw nanya dulu, ini Puduraya Station? Ya, oh okay. Gw ambil barang gw di bagasi dan naik ke atas. Desain terminal ini memiliki ruang tunggu di bagian atas dan di bawah adalah tempat bis, sehingga pada dasarnya tidak ada orang yang nunggu di bawah. Gw naik ke atas, gw liat ruang tunggu yang cukup tertata rapi. Terminalnya ga begitu besar, cuma agak panjang membentang dari barat ke timur. Gw keluar jalan dulu buat cek kompas, ternyata bis muncul dari sisi timur Puduraya, sehingga gw kudu jalan ke arah barat. Jalan, eh ternyata trotoarnya mentok, ujung2nya gw masuk terminal lagi dan lanjut berjalan ke arah barat hingga akhirnya gw keluar pintu terminal. Gw samakan dengan peta, dan sepertinya gw sudah menemukan kurang lebih posisi gw di mana.



Gw menyebrang di persimpangan yang relatif besar, terus berjalan sampai akhirnya gw agak sedikit lost sense of direction. Nama jalan yang gw liat kok gak sama ama di peta, dan gw cek kompas sepertinya gw menuju arah yang gak sesuai dengan ruas jalan yang gw liat. Muter2, sambil ditemani keringat yang kembali bercucuran, hingga akhirnya gw mulai memperoleh patokan setelah menemukan Petaling Street, semacem lorong yang kiri kanannya berjualan. Tujuan gw adalah satu jalan berikutnya yang sejajar dengan Petaling Street. Gw lewat jembatan penyebrangan.

Gw agak sedikit bingung dan kaget, ternyata KL lebih parah dari Penang. Penang aja menurut gw udah cukup parah, banyak pengemis. Nah di sini malah ditambah banyak sampah berserakan di mana2. Kakek2 pengemis dengan ras Cina mengucapkan bahasa planet pas gw lewat, ya gw ga ngerti juga. Hal yang sama juga ga cuma terjadi di KL, di Penang juga. Bangkok aja yang gw cukup kaget ketika liat di sepanjang jalan monumen demokrasi banyak yang tinggal di jalanan ga separah ini pengemisnya. Chiangmai lah paling adem ayem.

Gw lewat Monkee Inn, tapi pas liat tempatnya ada bar gw jadi skip dulu. Belakangan gw baru tau kalo entrance nya beda kalo ke penginapannya. Gw jalan ke arah Travel Hub. Ga gitu jauh sebenernya cuma gw agak bingung. Lokasinya seperti di semacam ruko gitu, cuma entrance nya terpisah2, gw malah masuk ke toko grosir pakaian wanita, yang ternyata pintu masuknya masih dua nomor lagi. Gw ke sana, bunyiin bel, ga lama muncul pekerjanya. Gw tanya apa masih ada single room yang kosong, dia bilang we're full, sorry.

Yauda, gw jadi agak desperate nih, jangan2 di Monkee Inn penuh juga, masalahnya Monkee Inn lebih deket lagi ke pusat dibandingkan Travel Hub. Gw jalan balik lagi dan kemudian masuk ke Bar Monkee, gw tanya pekerjanya, ternyata kalo ke inn masuk lewat pintu samping. Gw tekan tombol buat buka pintu, kemudian disambut ama lift. Wah gw tadi ga denger naik ke lantai berapa. Gw pencet aja lantai 1, gw liat perimeter, sepertinya bener lt.1, kalo lt.4 semacam ruang video dan internet. Gw keluar lift dan melihat di samping ada ruangan resepsionis.

Gw tanya apa masih ada single room, ternyata masih. Yang penting kedua gw tanya, berapa harganya, 35RM fan, 45RM AC. Oh.. yauda kalo gitu, dua2nya masih ada. Gw sih pilih fan dulu lah, paling hari terakhir iseng pake AC. Kemudian gw liat dulu kamarnya. Naik ke lantai dua dengan tangga, agak gelap lorongnya tapi ga gitu jauh keliatan kamar no. 210. Gw buka, hmm.. kamarnya lebih besar dikit dari kemarin, ranjang bukan bunkbed, dan ada kipas diatasnya. Gw liat ada colokan listrik di bawah yang terpisah dengan kipas. Pembatas terbuat dari semacam triplek berlapis, dan jendela menghadap ke lorong sedangkan sisi lainnya adalah tembok.

Gw turun, yauda gw ambil fan aja 2 hari dulu. Tapi iseng2 gw tanya kamar yang AC sama aja gedenya? Trus si mas2nya ajak gw liat kamarnya, di lantai 2 juga, 212 tepatnya, ya cuma beda dua kamar ama yang tadi. Gw liat, kamarnya ternyata sama persis bentuknya, hanya saja ada "AC" nya. Ya gw kutip karena ternyata AC nya di split buat dua kamar, dan diletakkan di tengah2. Malah kipas anginnya juga ada di kamar tersebut di sisi lainnya.

Yah yauda, gw udah memutuskan ambil yang fan 2 hari dulu. Isi form, bayar. Ternyata ada biaya deposit sebesar 20RM. Oh.. yauda lah kalo begitu. Ga lupa gw minta password free wifi nya, akhirnya bisa online lagi.

Beres admin sekitar jam 14.30, gw langsung naik ke kamar, nyoba nyalain kipas, lumayan, ga pengap2 banget. Nyolok hp dan tes internet, jalan. Beda dengan waktu di Bangkok House, di sini lebih lancar, setidaknya gw bisa buka Twitter. Upload tulisan ke blog gw dan buka2 email, lalu gw mandi, asli lengket banget soalnya.

Kelar mandi gw ngitung2 duit, wew, tinggal 150RM! Setelah gw itung2 bener juga sisa duit gw tinggal segitu. Yauda lah nanti dipikirkan lagi. Gw nulis2 bentar, ga kerasa udah jam 16.30. Hari ini gw ga jalan jauh2, paling ngecek perimeter aja di Puduraya ini.

Tapi itu rencananya, gw jalan keluar, naik RapidKL dari Pasar Rakyat, terintegrasi dengan Terminal Puduraya meskipun kudu jalan lumayan jauh. Ga lama gw udah di dalam Sogo Bandaraya. Ternyata lagi ada sale hingga 70% di sini.



Gw liat2 sepatu, tas, ada sih yang menarik sebenernya, tapi kok harganya tetep aja mahal ya. Ga lama gw naik ke lantai food court di atas.



Rame euy, gw ikutan ngantri nasi ayam, yang gw liat relatif rame. Wajar rame harganya cuma 4.3RM, cukup murah sepertinya di KL harga segitu mengingat gw liat2 di pinggir jalan aja harga makanan sekitar 7RM. Ada 4 jenis ayam yang dijual, gw beli yang roasted. Lumayan lama ngantri, tapi akhirnya kebagian juga. Ini ngantri dua kali soalnya, ngantri bayar dan ngantri ambil makannya.



Dapet, kita ambil sendok garpu dan sambal sendiri di depan tempat pengambilan makanan. Abis itu gw mencari tukang minuman yang gelasnya jumbo, soalnya gw liat orang pada beli itu. Ga lama ketemu juga, gw iseng ngantri, sepertinya cuma ada dua jenis jus, gw liat ada yang warna merah. Gw tanya ama kasirnya, ternyata itu semangka. Yauda gw bayar aja pake 5RM, ya pasti ga lebih dari itu lah. Dia kasi kembalian 2.2RM. Selain dikasi sedotan, gw juga dikasi kurma, tajil sepertinya.



Lanjut gw nyari tempat duduk. Ada tempat duduk untuk 4 orang yang cuma didudukin ama satu bapak2, gw tanya kosong ga, ternyata iya, lalu gw duduk diagonal dari dia. Siap2 makan, tiba2 gw merasa ada sesuatu yang janggal. Kok orang2 pada belum makan ya? Gw liat jam, udah 18.06 (jam Jakarta), berarti di sini kan udah jam 7an. Bingung gw merenung sebentar. Gw rasa ini masih belum buka deh. Gawat nih. Gw liat sih cewe chinese yang ngantri depan gw waktu beli nasi ayam udah kelar makan. Akhirnya gw memberanikan diri untuk makan duluan. Kelar, gw langsung buru2 kabur.

Gw nyebrang ke Panorama, banyak foodcourt tapi kios2nya sepertinya agak kurang meyakinkan. Muter2 sebentar trus gw balik lagi. Tadinya gw mau jalan kaki arah balik, tapi tiba2 muncul sok ide gw. Mau iseng ke Midvalley, yang katanya mallnya gede. Iseng gw ke Stasiun RapidKL, ternyata ga naik itu, kudu naik KTM Kommuter yang ada di Bank Negara, ya interchange sih. Gw jalan ke sana.

Naik kereta ini beda, belinya pakai mesin. Pertama gw coba, ke Midvalley 1RM, gw masukin koin, 50, 20, 20, nah koin 10 terakhir kaga mau diterima, keluar lagi mulu. Gw jadi ganti mesin. Nah kali ini malah aneh lagi, gw pencet tombol yang sama ama mesin sebelumnya, kok diminta 2RM? Wew, yauda gw masukin aja, gw pikir mesin yang tadi salah. Keluar karcis, mesin masih bunyi2 tapi gw tunggu bentar ga ada apa2.

Gw liat2 karcisnya kok tulisannya cuma 1RM ya? 1RM gw lagi raib ke mana? Yauda gw coba iklasin dulu, gw pikir gw jadinya dapet tiket two way. Gw masuk, eh baru sadar gw kudu ke mana nih, mana ada 4 tempat nunggu.

Ada seorang pemuda yang lewat, gw tanya deh kalo ke Midvalley nunggu nya di mana, trus dia kasi tau gw kalo ke sana naik kereta yang arah Serembah. Gw kemudian turun dan nunggu di platform, waktu sekitar jam 18.45. Nunggu keretanya lama gila, ada gangguan lah katanya. Keretanya nyampe, eh taunya ngetem lagi, dibilang masih ada gangguan. Sampai setengah jam dari gw masuk peron belum ada pergerakan, wew, wasting time banget nih.



Kereta akhirnya jalan juga, lewat dua stasiun, eh keretanya ngetem lagi di KL Sentral. Ampe jam 19.50 masih ga jalan2. Parah bener. Padahal gw udah itung jarak dari Bank Negara ampe Midvalley itu cuma sekitar 5km, itu mah gw bisa nyampe duluan jalan kaki. Ujung2nya gw nyampe Midvalley 20.05, atau jam 9 waktu setempat. Gila aja buat berpindah sejauh 5km butuh waktu lebih 80 menit, gw jalan kaki juga lebih cepet itu mah. Tapi ternyata ga semudah itu, nanti gw jelasin.

Gw masuk Midvalley Mall. Bener gede juga, gw liat2 banyak toko2 jam ultimate. Gw iseng muter2 toko DVD sapa tau ada yang jual Suck Seed tapi none. Gw iseng ke lantai Lower Ground yang ada Carrefour, mau nyari DVD juga, tapi sama nasibnya. Tapi tiba2 gw melihat hal lain yang menarik gw, Pengurup Wang aka Money Changer. Rate disini lumayan bagus, malah sebenernya bawa rupiah ke sini lebih bernilai dibanding tuker di Golden.

Gw tuker USD, rate nya 2.985, tuker USD200, jadi dapet 597RM. Lumayan, jadi agak ga segan kalo liat barang2 mahal.. haha.. muter2 mal gw agak bosen, gw kemudian keluar dan mencoba jalan ke Bangsar Shopping Complex. Tapi gw bingung setengah mampus gimana cara jalan ke sananya. Gw nyeberang malah nyampe apartemen, nyusur jalan raya tau2 trotoarnya ilang, lah gimana cerita??

Ujung2nya gw jadi desperate dan balik lagi ke Midvalley mall, gw liat banyak gerai yang udah pada tutup. Wew.. gw jalan kaki ke Bangsar juga percuma kalo gitu. Akhirnya gw menuju KTM Komuter lagi, gw balik seperti rute pergi aja dah. Gw tanya ama pekerjanya tadi gw bayar 2RM kok dapetnya begini, dia bilang ini only 1RM, liat aja. Iya gw juga liat. Trus gw beli tiket, belinya langsung ama pekerja itu, dia udah bawa segepok tiket, dan bener emang tiket dari Midvalley ke Bank Negara cuma 1RM harusnya. Yauda lah mau gimana lagi.

Masuk peron, nasib gw sama aja, nunggu keretanya lama juga, lebih dari 20 menit. Sempet ada kereta lewat tapi ga berhenti, lah gimana cerita, mangnya ada yang express? Kan tiketnya sama. Akhirnya kereta datang, dan gw ujung2nya nyampe Bank Negara. Dari sini interchange naik RapidKL ke arah Pasar Rakyat, bayarnya sama 1.2RM. Nunggu juga tapi ga selama KTM Kommuter.

Keluar melalui lorong yang cukup panjang akhirnya gw udah nyampe Pudu lagi. Jalan dikit nyampe Jalan Sultan, jalan tempat Monkee Inn berada. Liat2 ada banyak tukang makanan, tapi sebagian besar jual sate2an. Beda, di sini sate nya lebih dimasak macem Yong Tofu, alias direbus2.



Gw ga nyoba, tapi di jalan menuju Monkee Inn ada minimarket dan gw masuk ke dalamnya. Ya tujuan gw sih buat beli minum, gw ambil yeos kotak 1.2RM dan air mineral 1500ml seharga 2RM, hmm.. itu udah yang paling murah, padahal seinget gw, waktu di penang gw sempet nemu yang 1.5RM 1500ml. Yauda gw bayar, kemudian menuju Monkee Inn.

Nyampe Monkee Inn udah jam 22.30. Gw nulis2 ga kerasa udah jam 11 lebih. Rencana sih gw mau ke Genting, tapi ga tau deh besok apa lusa. Yang penting hari ini kudu ditutup dengan tidur yang nyenyak. Haha.. Gw jadi tau setidaknya, kalo sistem MRT di KL masih payah, sebenernya malah gw bilang ga layak disebut MRT, terutama ya KTM Kommuter, emang harganya murah, AC, tapi kecepatan dan ketepatan waktunya ga ada bedanya sama KRL Kommuter di Jakarta.

Gw juga entah mengapa merasa KL dan Malaysia kurang friendly terhadap pejalan kaki. Di Penang aja mobil2 ngebut gila, udah tau disana jalan kecil2. Di sini trotoar buat pejalan kaki malah agak jarang, terutama di jalan2 penghubung atau entah mungkin gw yang salah rute atau gimana ya, CMIIW. Malah lebih parahnya lagi gw liat papan denda buat yang nyeberang sembarangan. Wew..

Masalahnya pada dasarnya menurut gw KL nya aja sih ga gede2 amat, beda lah ama Bangkok, jadi sebenernya diputer jalan kaki juga gw masih kuat. Tapi masalahnya jalannya muter2 banget, dan ya mayoritas emang isinya mobil, jadi seakan2 orang kudu naik public transport yang pada dasarnya kalopun jalan ga gitu jauh. Malah ternyata naik public transport lebih lama karena ada problem seperti yang gw alami.

2 komentar:

  1. Nanya donk...gw ade, rencana mau ke KL juga january ini, dari singapore kita naik bus yg turunnya di puduraya, di sekitaran puduraya ada hotel apa aja yah..? katanya di stesen puduraya nya sendiri ada hotel bintang 2 juga yah..?? makasih....

    BalasHapus
  2. iya memang ada hotel di atas terminal nya, namun saya kurang tau berapa room rates nya.
    Di sekitar puduraya terminal juga banyak hotel2, terutama di sekitar chinatown, karena lokasi ini sangat strategis.

    BalasHapus