Jumat, 05 Agustus 2011

Day Three: Chiang Mai

Gw bangun jam 6.30. Jam 6an sebenernya kamar yang lain udah pada berisik, mungkin karena hari ini ga ujan seperti kemarin makanya pada siap2 berangkat pagi2. Cuci muka mandi, pas gw mau berangkat kebetulan ada si ibu lagi beres2 wc. Berhubung disini terima laundry juga, dan harganya relatif murah. Bayangin nyuci kaos cuma 3B, celana panjang 5B.



Jam 07.00 gw mulai jalan. Ya rencananya sih gw mau ke Central Plaza. Dan kalo ga gitu encok gw mau skalian keliling Old City. Ternyata jam 7 disini masih sepi. Ga kaya di Bekasi udah rusuh.



Gw jalan ke arah Nimmarn, lalu belok ke jalan menuju bandara yang waktu itu gw ga lewatin. Di pertigaan ada iklan Pepsi dengan model Suck Seed dan Bodyslam. Gw lanjut jalan, pas mulai nyampe segmen jalan yang gw bilang, ada semacem pos. Gw ga gitu ngerti itu apa, tapi ga keliatan macem tol.

Di depannya ada security gitu, gw jadi agak was2. Iseng aja gw coba, pas mau lewat dia ngomong. Ya gw bilang aja airport. Eh dia bilang no no. Yah gw mana tau kan kalo itu jalan ga buat orang. Yauda jadi gw balik arah dan melanjutkan perjalanan lewat Suthep Road, jadi lewat jalan yang sama waktu pertama gw nyampe deh, padahal tadinya mau coba rute lain. Emang di sini ada beberapa ruas jalan yang menurut gw ga friendly buat pejalan kaki. Ga tau kenapa apa emang orang Chiang Mai pada males jalan kaki atau gimana.

Sepanjang perjalanan ada beberapa resto makanan dan penjual minuman yang udah buka. Selain ada yang pake motor, ternyata ada juga yang pake mobil semacem VW Combi. Niat juga ya orang sini minum kopi. Ckckck..

Dalam perjalanan ke arah Old City gw lewatin Wat Suandok. Sebelumnya gw ga lewat karena gw belok di Sri Mangkalajam, sebelum Chiangmai Neurological Hospital. Wat Suandok gede juga euy, warnanya emas dan ada beberapa candi/pura gw ga ngarti dah namanya, dengan warna putih. Masuknya gratis sih ke kompleksnya. Banyak biksu yang masuk ke kompleksnya. Gw sih cuma foto dari kejauhan aja, soalnya ga ada orang jadi serem gw nanti kalo salah tingkah.



Lanjut perjalanan sekitar 08.20 gw nyampe Old City, tepatnya di tengah. Agak bingung gw nyebrangnya, karena ga ada lampu (satu arah) dan sepertinya gw ga dikasi2 nyebrang, apa cara gw yang salah. Soalnya di tempat lain sih ada tombol penyebrangan untuk pejalan kaki, tapi sayangnya disitu ga ada.

Ga lama akhirnya gw berhasil nyebrang. Ga jauh dari situ gw liat ada penampakan Wat lain. Gw agak bingung masuknya dari mana, gw ambil arah agak utara, tapi entah mengapa di sisi kanan jalannya ga ada trotoar. Ya terima nasib gw, terus menyusur jalan. Sampai di sisi timur gw liat ada gerbangnya. Ternyata itu Wat Phra Singh.

Gw liat banyak bis di dalemnya. Gw sih maen masuk2 aja, gratis juga sepertinya. Ini lebih kaya kompleks sih, ga ada yang segede di Wat Suandok. Gw masuk ke semacem rumah doa, ada yang lagi sembahyang. Di depannya ada tempat duduk2. Lumayan lah gw jadi bisa istirahat sebentar, sembari nulis lagi. Gw liat di beberapa meja ada yang dipasang tegel bentuk catur. Sayang ga ada pionnya.. hehe. Istirahat 30 menit, jam 09.05 gw mulai jalan lagi.



Gw liat ternyata di sini juga ada sekolah. Tapi sepertinya sekolah buat biksu, masih kecil2 gw liat.

Jalan keluar ternyata ada 711 di seberang. Berhubung gw belum sarapan karena bingung mau makan apa, jadi gw masuk aja. Gw ambil minuman yang ada tulisan vegetable & fruit for one day. Agak mahal 25B. Ambil sandwich rasa pizza bolognese cuma 12B. Itu terdiri dari empat 1/2 lembar roti dan isinya 3 1/2 lembar daging burger. Banyak juga lah dengan harga sekitar 3ribuan mah, di Indo mana dapet segitu.

Gw dari kemarin pengen tau gimana order makanan yang ada di display kasir. Iseng2 gw minta ham cheese sandwich. Ternyata ada, harganya 22B. Kita nunggu dibikin dulu jadinya. Pas jadi gw liat seperti pake toaster segitiga. Ya emang kalo diliat mungkin lebih mahal dari yang instan, cuma ya ini kan dipanggang dulu jadi agak anget. Selama nunggu gw  liat2 barang lain, eh ternyata di sini jual payung kecil. Gw agak ragu awalnya soalnya kok ga ada pricetag nya, tapi yauda lah harusnya sih ga mahal2 amat.

Pas mau bayar gw tanya dulu kan harganya. Gw sih liatnya yang di display, 48B, ga ngedengerin si mbaknya. Gw ga nyadar kalo itu mah murah bener, eh si mbaknya ujung2nya nulis di kertas, 179B. Yah ok lah, masi murah daripada kemarin diatas 200B semua. Gw keluar dan lanjut jalan, ga jauh gw liat ada kantor polisi Muang Chiangmai. Di seberangnya ada perempatan dan kebetulan ada kursi. Jadi gw duduk2 dulu bentar buat makan sekalian nulis lagi.



09.45 gw mulai jalan lagi. Ga lama gw nemu Wat lagi. Ternyata itu Wat Chedi Luang. Beda ama Wat2 lainnya, Wat ini bisa dibilang berada di tengah Old City, dan emang Wat nya gede bener. Kalo mau naik Wat nya kudu bayar admission dan karena ga ada orang lain ya gw sih ga nyoba. Karena kemarin ujan Wat nya agak terendam yang di bagian bawah. Gw agak sulit gambarinnya tapi kurang lebih sih sebenernya mirip candi2 di prambanan, cuma ada patung budha emasnya di atas, nanti kita jalan ke atas naik tangga.



Selain Wat, gw masuk ke rumah doa nya juga. Ya banyak patung2 Budha, dengan efek cahaya kuning. Di belakang ada rumah juga, tapi isinya bukan patung Budha, tapi biksu. Asli pas pertama gw liat gw agak kaget, gw kira itu biksu beneran. Gimana ga kaget kesian amat dia dsuru diem di dalem ruang kaca. Taunya itu patung doank..



Gw ga ngaso di sana, lanjut gw jalan ke arah selatan, jalan Phrapokklao. Stau gw harusnya Julie's deket2 sini, tapi gw ga nemu, malah nemunya Nat GH. D jalan ada beberapa Wat juga tapi gw ga masuk. Gw jalan terus ampe Old City Wall selatan. Di sana ada pasar, dan ada taman di atas sungai, ya jembatan lebar yang difungsikan jadi taman.



Tiba2 cuaca agak kurang bagus, mulai agak gerimis kecil. Gw sih ude beli payung tapi males juga makenya soalnya emang belum seberapa. Gw jalan terus sampe perempatan Thipanet, jalan besar yang tinggal lurus terus bisa nyampe Central Airport Plaza. Tepat di perempatan itu ternyata lagi ada razia. Lumayan banyak mungkin ada 8-10 orang polisi di sana. Ada yang naik motor pake topi di berhentiin. (Ya gw rasa pake helm itu global kan?) Mobil juga ada yang diberhentiin. Sawatdee-kraap, sapa pak polisi pas supirnya buka kaca.

Gw jalan terus, ya udah mulai agak pegel sih, tapi sebenernya bukan itu masalahnya. Gw pengen kencing doank. Di tengah jalan sempet liat yang jual ayam bakar. Sedep gtuh kayanya, cuma gara2 agak sepi gw lewatin. Belakangan rada nyesel juga sih.

Sampe perempatan, gw liat ada toko yang jualan sepatu dan sepertinya disitu juga ada terminal kecil. Gw jalan terus. Belakangan gw ngerasa ada yang jalan di belakang gw. Gw sih ga liat, tapi gw percepet jalan gw. Beberapa lama kok itu orang masih jalan di belakang gw ya, padahal gw ude agak belok2 dan jalan di bahu jalan. Gw kira kenapa, eh ternyata ga lama dia manggil gw. Payung gw ternyata copot. Weleh gw jadi ga enak.. kirain kenapa coba. Kop khun kraab!

Gw lanjut jalan terus, ga lama gw liat flyover. Oh pasti ini flyover yang gw liat kemarin waktu jalan dari bandara. Berarti Plaza nya udah di depan. Gw jalan lagi, makin kebelet.. eh tau2 ada bunyi2 seperti announcement ato lebih mirip orang pawai. Ternyata ada songtheaw yang khusus disewa buat kegiatan promosi. Yang bawa juga ibu2 loh.. ckckck..



Gw nyebrang flyover, mirip Pasopati sih gw lewat bawahnya gitu jadinya. Masuk mall, ya keliatan sih ini agak modern dibanding KSK. Standar lah ada McD, Sizzler, KFC, Pizza Hut. Gw bingung sih mau makan apa. Muter2, gw iseng ke lantai atas, nyari Major Cineplex. Gw liat ada yang 3D sih tapi ga ada yang 4D, jadi rada males juga. Yang baru sih Rise of The Planet of The Apes. Gw ga liat jadwalnya. Di samping bioskop ada food court modern, seperti d MKG kayanya, jadi pake card gitu.

Gw turun lagi, niatnya sih ke supermarket. Eh ternyata di lantai basement ada pasar & cafetaria juga seperti di KSK. Gw liat2 dulu, banyak makanan yang aneh juga sih. Agak bingung mau makan apa gw liat yang dagingnya agak wajar, ya macem nasi campur lah. Tapi sebenernya gw bingung yang mana satu itu namanya. Gw liat aja gambarnya. Murah2 sih 30B an.

Yauda gw tunjuk aja satu, yang agak2 rame. Pas barangnya dateng gw agak nyesel sebenernya, ga sesuai ama yang gw harapkan. Sepertinya itu kaya nasgor, entah pake bumbu apa agak amis soalnya, mungkin pake tinta cumi kali ya, trus dikasi potongan sosis, telur orak arik ditambah telur rebus. Cuma telur rebusnya entah mengapa agak beda bentuknya. Lebih enak sih menurut gw rasanya, ga gitu amis.



Gw belum sempet mesen minum. Walaupun gw duduk di depan warung yang jualan macem pop ice, masalahnya gw ga tau menunya bahasa thai. Kelar makan baru deh nyari minum. Ujung2nya gw mesen kopi. Ya gw sih tunjuk2 aja, kebetulan sebelum gw ada yang beli kopi susu. Ada yang sip ha ada yang yee sip. Yauda sikat lah yang gede aja, tapi sebenernya sih yang gede sama aja, cuma es batunya ama susunya lebih banyak.

Di sini kita self service. Makanan kita tunggu, alat makan ada tempatnya tinggal kita ambil. Sambel dkk juga ada di depan penjualnya. Bayar langsung sih. Yang bagus dan layak di contoh tuh, di sini tiap meja ada tulisannya. Jadi kalo abis makan kita harus balikin nampan dan piringnya ke collect area.

abis makan gw masih berjuang. Gimana kaga gw masi belum menemukan toilet. Gw cari2 di pojok2 area kafetaria ga nemu. Gw keluar, trus naik satu lantai & ngeliat papan cowo cewe. Gw ikutin deh dan akhirnya gw berhasil juga kencing.. haha!

Abis kelar gw tiba2 jadi pengen nonton. Abis males juga gw jalan lagi, ini siang bolong soalnya. Gw naek lagi ke Major, tapi ternyata film yang jam 12an udah pada mulai. Baru ada film lagi jam 14.30.. yaelah.. nyesel dah gw.

Gw ngaso deh jadinya di bangku2 yang tersedia di sekitar mall sambil nulis. Jam 13.10 gw mulai bergerak lagi. Liat2 baju, sepatu, sampe aksesoris hp. Jam 13.50 gw ke bioskop lagi, liat jadwal ternyata cuma Rise of The Planet of The Apes yang paling cepet, jam 14.30. Tapi pas gw liat tarifnya yang bikin rada males, 140B gan. Itu mah mahal donk. Ada tulisan 120, 100 tapi yang gw tangkep sih harganya ya yang 140B sepertinya.

Males pas tau harganya, ya maksudnya itu kan yang biasa. Akhirnya gw memutuskan buat keluar gedung. Pas mau keluar, gw liat ada gedung yang keliatan standalone. Iseng2 aja gw masuk ternyata ada semacam expo gitu. Macem2 produk ada di sana.

Sebenernya sih gw nyari air putih, kebanyakan minum manis jadi ga enak mulut gw. Tapi gw nemu yang agak ga lazim gan. Ada yang jualan chai yen, ala teh tarik. Yauda iseng aja gw beli. Yang jualnya masih muda lah, dia pake gaya akrobatik mindah2in teh nya, buset dah muter2nya. Hebatnya ga tumpah itu gan. Lumayan lah dia showoff nya. Pas bayar 25B ya gw ikhlas lah, skill nya beda.



Gw jalan keluar lagi. Mulut gw makin sepet. Jadi agak cepet2 jalannya. Rencana sih mau ke sisi timur, nyoba naek songtheaw, tapi kok gw ga nangkep ya gimana cara naeknya. Gw liat di halte sih ada rute line yang warna warni. Gw liat ada yang arah Warorot Market. Agak cepet2 jalan eh gw ga nyadar payung gw raib. Langsung deh gw jalan balik lagi. Gw sih masi inget waktu minum chai yen masih ada. Deket songtheaw yang ngetem gw liat ada penampakan payung gw. Untung aja ga lenyap beneran. Lanjut gw jalan lagi deh.

Nunggu di halte, sekitar jam 14.30an. Bingung kok ga ada yang berhenti. Setelah gw pikir2 mending gw ke Doi Suthep aja. Daripada gw ke Night Bazaar blom buka juga. Gw pindah posisi dari sisi timur gw nunggu songtheaw di barat. Ga lama tiba2 ada yang berhenti. Gw tanya aja ke CMU berapa, gw mau ke Doi Suthep. Eh dia bilang 40B pas gw ude naik. Males juga wong di tarifnya katanya cuma 15B. Gw ngobrol2 ampe akhirnya dia bilang Chang Puak. Gw lupa mau bilang itu aja soalnya memang itu lebih deket. Dia bilang 20B. Oke lah, daripada repot. Harusnya sih emang 15B tapi berhubung gw sendiri yang naek iklas lah. Itu artinya gw bayar sekitar 5800, yang mana jaraknya ga lebih jauh dari Ciumbuleuit ke Husein. Yauda lah.

Gw diturunin di Chang Puak jam 15.00. Gw kira beneran terminalnya, taunya cuma di pinggiran Old City nya. Di situ udah ada songtheaw merah yang ada tulisan Doi Suthep. Yauda gw naek aja. Taunya baru ada satu bule yang naek. Si supir udah ada print tarif nya, naik turun 50B, beda ama yang gw baca yang katanya 30/40B. Yauda gw maen naek2 aja, ternyata kudu 10 orang dulu baru dia berangkat.

Nunggu lumayan lama tapi ga ada pertambahan penumpang. Si sopir kemudian muncul inisiatif, tiba2 dia ngoceh bahasa Thai. Ya mana ada yang ngarti. Si bule udah ngarti aja, langsung bilang how much? Ya intinya sih dia bilang kalo mau berangkat berdua aja langsung, 250B each up down i wait 1.30 hour. Males juga gw. Buset dah, jauh amat dari 100B jadi 250B, ga worth juga itu mah, si bule juga males.

Menurut gw sih sepertinya gw melakukan kesalahan. Harusnya gw masuk ke terminal yang benerannya kayanya, dan nyari songtheaw di sana. Daripada naek yang di pinggir Old City ini, mungkin bisa lebih cepet. Akhirnya setelah sekitar 30 menitan ga ada yang naik dia nanya lagi mau 250 ga? Karena ga mau dia bilang tomorrow. Yauda akhirnya bubar deh.

Gw jalan ke 711 deket situ, beli minum 600ml ada yang 6B. Lanjut gw iseng aja jalan ke arah Chang Puak. Dsana gw liat ada mesjid euy. Lanjut gw lewatin terminalnya. Ternyata emang masih agak dalem lagi, sial dasar sopir songtheaw tadi maen asal turunin aja. Gw lewatin, eh ga gitu jauh pas gw jalan ada songtheaw yang ada tulisan Doi Suthep nya lagi. Gw iseng aja tanya. Trus dia bilang 500B okay? I'll come back. Males bener. Lanjut deh gw jalan lagi.

Lama2 gw rada males. Gw jadi pengen ke terminalnya nyari songtheaw yang ke Doi Suthep. Jalan balik, gw nyampe tuh terminal sekitar 15.50.

Gw liat2 sih ga ada yang tulisannya ke Doi Suthep. Ya mungkin emang udah ga jam nya kali ya. Katanya sekitar 40 menit ksana. Ya kalo tutup jem 17.00 kan berarti emang ga lama lagi. Yauda lah gw memupuskan niat gw buat ke sana hari ini. Lanjut gw jalan balik ke arah Old City. Gw pikir2 mending gw jalan2 di Old City aja dah, udah mau sore juga nanti mampir ke Night Bazaar.

Gw udah mulai pegel lagi. Untungnya ga jauh ada Wat Chiang Mun. Apa yang gw seneng? Ada dua hal; satu toilet, dua kursi. Hehe.. emang gratisan sih, walaupun ada donation box juga. Di sini bedanya patung Budha nya ada kristal2 nya. Anjing dan kucing juga sepertinya bersahabat di tempat ini. Agak muter, mungkin emang Wat2 sengaja dibikin entrance nya dari arah timur, sedangkan gw jalan dari arah barat jadi kudu muter mulu.



WC nya ada di sisi utara. Itu yang pertama gw cari, untungnya lagi di depannya ada bak sampah jadi gw bisa buang botol air mineral gw juga skalian. Gw muter2, dan akhirnya ngaso dulu di kursi di depan pintu utama sambil nulis. Jam udah menunjukkan pukul 16.40 lagi aja.

Harapan gw sih cuma satu sebenernya, semoga ntar malem masih ada tuk2, gw mau coba naek dari night bazaar balik ke Suk Kasem. Moga aja 40B mau. lanjut jalan gw ketemu beberapa Wat lagi yang ga ada di peta, ada yang Jade budha lah. Gw salah jalan, malah lewat Ratvithi, bukannya Rachadamnoen, padahal gw mau lewat Thapae Gate. Karena tembus Chiangmoi Road, gw balik lagi lewat Tha Pae Road. Muncul2 di pertigaan.



Dari kejauhan keliatan yang namanya Tha Pae Gate. Beda ama tembok2 Old City lain, yang ini lebih keliatan jelas bahwa bentuknya emang kaya Gate. Dari arah jalan Tha Pae keliatan lapangan yang lumayan besar, tiang2 lampu yang tinggi, dan tentunya tembok besar dengan pintu di tengahnya. Di sisi utara ada banyak burung2 yang lagi ngaso. Gw juga jadi ikutan.. haha.. nulis2, jam menunjukkan pukul 17.20.



Gw lanjut jalan ke arah selatan, menyusur old city, sampe pojok tenggara, gw belok ke arah barat. Gw mau liat yang namanya Panthip Plaza. IT related dan adanya di Sridonchai road, tepat di perempatan dengan Chang Klan road yang mana pusatnya night bazaar. Sebenernya dsono ga cuma ada night bazaar. Ada Anusarn, Pavilion trus apa lagi ya gw lupa. Sempet ngeliat ada tiga cewe turis yang niat nawar pake kalkulator.. haha..

Kaki gw ude makin encok aja. Gw jalan pelan2 muter2. Di Anusarn gw sempet beli kelapa, ga tau dah kelapa apa tapi bentuknya udah dipotongin jadi bulet, ada satu lagi yang masi agak bebentuk, sama 30B. Gw ngiler dari sejak di Central Plaza gara2 ada yang jual tapi gw kurang yakin gimana belinya. Ya ternyata sih emang agak beda. Gw cuma dibukain trus dikasi sedotan. Kalo di Lombok kan ampe dibikinin sendok segala dari batoknya. Jadi ya ujung2nya gw cuma minum airnya doank, mana ukurannya relatif kecil, ga nyampe 500ml lah.

Gw liat2 baju di Anusarn, ada yang lumayan menarik. Nawar acakadut sambil milih warna & size, si ibu penjual giveup di 200B. Ya gw sih kurang tau soalnya harusnya berapaan, jadi gw walkout dulu.

Dari situ gw muter2 ke night bazaar dkk, tapi kok ga ada yang mirip, yang ada malah kaki gw makin encok. Ya ujung2nya gw balik lagi deh. Di situ gw juga beliin yang agak imut buat Upil. Tadinya sih mau buat gw tapi adanya F size (free) dan ukurannya mah paling M. Yauda gw beli deh. Agak males nawar sih, si mbaknya bilang 170B. Ya ngarep sih emang 100B, tapi ya ini emang bagusan desain & bahannya ga kaya di Chinatown Singapura.

Gw balik ke yang jual baju yang gw minat tadi. Pas gw liat2 lagi stoknya dia ternyata ada yang warna gw pengen, yauda sikat bungkus!

Gw lanjut nyusur jalan Anusarn, niatnya ke Nawarat Bridge. Gw sih jalan lewatin jembatan yang agak selatannya. Eh pas gw liat, kayanya ini jembatan yang di film Suck Seed deh. Berarti bukan Nawarat donk! Gw foto2, liat ada yang mancing, pacaran. Haha.. trus gw lewatin jembatannya. Di sisi timur jembatan sih ada tempat duduk2, beda ama sisi barat. Gw liat di sungai entah ada rumah atau apaan di tengah2nya, masa iya bekas tsunami? Hehe..



Gw lanjut jalan ke arah utara, pengen liat Nawarat Bridge nya. Sepanjang jalan sih ya gw liat banyak yang pacaran, cowo-cewe, cewe-cewe.. haha.. tapi kemudian gw agak shock! Lah kok Nawarat Bridge nya begitu rupanya. Ya kaya jembatan2 klasik yang ada lampu dan bentuk2nya, bukannya besi kaya di film Suck Seed. Wew.. ternyata ya agak beda ya ama kalo kita nonton doank dan cuma googling.



Di sisi timur jalan gw nemu First Church, gereja sekaligus ada sekolah katoliknya. Gw foto keduanya, sebenernya gw udah mulai mencapai limit kaki gw. Mana ga ada tempat istirahat yang pas. Tapi gara2 gw pengen confirm CMIS itu sekolahnya Suck Seed apa bukan jadi gw coba lanjutin jalan, soalnya di peta gw keliatannya ga "jauh" lagi. Eh gara2 zoom in/out gw jadi agak disorientasi, bukannya lanjut malah gw mundur trus belok2. Alhasil gw jadi wasting time sekaligus nambah encok kaki gw.



CMIS yang lokasinya di Chetuphon, gw ga ke sana akhirnya. Bukan ga ketemu tapi gw bisa confirm sepertinya ga sesuai ama yang di film dari jalan dll nya. Sotoy2an gw aja sih googling ketemu Suck Seed CMIS, haha..

Gara2 gw udah giveup, kaki gw udah overlimit, gw mulai nyari tuk2. Pengen nyoba aja. Gw sih ga tau berapa pasarannya. Tapi yah gw sih budgetin 50-60B. Sopir songtheaw tadi sih bilang 20,30,40B. Ya gw sih ga jelas maksud dia taxi atau apa. Tapi susah gila gw ketemu tuk2. Pas gw nyeberang eh malah ada di tempat gw sebelumnya. pas di depan gw, eh dia malah ga mau berhenti. Muter2 bingung ujung2nya gw jalan lagi ke arah Rattanakosin, nyebrang jembatan lagi jadinya.

Entah kenapa disaat dibutuhkan si 711 kok sulit ditemukan. Masalahnya ga cuma encok, mulut gw udah kering juga. Bensin abis euy. Pelan2 jalan akhirnya ada pencerahan, gw nemu 711 juga! Langsung dah gw beli mineral water, nyobain yang Singha, size nya agak ga wajar, 500ml & 750ml. Yah nyoba yang 750ml lah 9B.

Gw nyeberang dari 711, eh ga lama ada tuk2 dua biji lewat. Gw coba hail, yang satu berhenti. Gw bilang kan ke Suk Kasem, tapi sepertinya si sopir ga ngarti. Gw bilang Nimmarn baru mulai agak ngeh, tapi dia juga bingung pas gw bilang soi 4. Yauda ribet2 akhirnya dia sebut tarif 100B. Apakah! Gw bilang 50B lah, gila aja, dia tetep keukeuh. Gw naekin jadi 60B. Masi aja dia nyebut neung roi. Cape deh gw akhirnya skip.

Lanjut gw jalan lagi. Ketemu Stadion Chiangmai. Gw lanjut jalan. Belok ke selatan menuju Old City. Di tengah jalan gw nemu tempat karoke, di depannya nongkrong cewe bejibun.. ckckck..

Sebelum nyampe Old City, ada hotel, eh disitu ada pangkalan tuk2. Gw mulai beraksi lagi deh. Sama aja, gw kudu jelasin deket Nimmarn, gw bilang ISRA, Chang Puak ga ada yang tau, padahal ada lebih dari 3 sopir tuk2 disana.. zzz..

Akhirnya si sopir yang gw ajak ngomong mulai buka harga. 100B! Yaelah itu mah ngapain gw jalan. Gw tawar 60B. Dia ga mau juga, tapi dia turun jadi 80B. Gw maen ok2 aja, yah yauda lah gw juga ga gitu ngarti harusnya berapaan, ditambah pake encok. Yang jelas sih gw tau itu jarak ga ada 8 km, dan gw juga sadar kalo bensin di sini kaga pake subsidi.

Enak sih angin sepoi2 naik tuk2. Mana gw sendiri jadi gw bisa nyender dan manjangin kaki di belakang. Emang agak muter2 sih, soalnya kan kudu nyebrang sungai. Ga lama mulai masuk Nimmarn Road.

Gw maen bilang kiri2 aja, pas gw liat lagi kayanya bukan. Si sopir bilang two. Oh iya gw bilang, next2. Four, you sure? Yes2.. terus dia belok deh. Dia udah maen berhenti aja. Gw colek2 bilang more2. Ya ujung2nya gw berhasil nyampe di depan ISRA. Lanjut langsung gw bayar 4x20B, untungnya ada, daripada nanti dia ga mau ngasi kembalian.

Nyampe kamar gw langsung bongkar muat, abis itu cuci kaki. Lanjut gw langsung pakein Counterpain, terus gw pake Cendoxitrol yang gw lupa bawa.

Gw ngecas hape, jam 21.05. Menurut gw paling tadi ga nyampe 15 menit sebenernya naek tuk2. Kaya juga ya dia, tukang pijet aja cuma 150B/jam. Haha... tadinya mau langsung tidur, tapi daripada lupa, jadi gw nulis lagi. Lama juga ya, ga kerasa udah 22.00. Gw masi belum makan malem nih sebenernya. Tapi yaudah lah. Males gw keluar lagi, besok aja combo, itu juga kalo kaki gw masih responsif.. padahal plannya tadinya mau ke Doi Suthep pagi2 terus langsung ke Mae Sai meninggalkan Chiangmai. Tapi ya liat besok lah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar