Jumat, 05 Agustus 2011

Day One: Singapore

Banyak orang yang sarapan waktu di pesawat.

Sempet ngiler juga soalnya harum2 sih, tapi pas tau bayarnya pada 50k++ gw mengurungkan niat. Mending yang jelas2 aja lah.. hehe..

Ternyata salah juga duduk di F. Karena langsung kontak matahari di sebelah timur, silau banget.. bikin pusing. Pesawat mendarat 15 menit lebih cepat dari jadwal. Gw sempet liat Johor Bahru dari jendela pesawat.



Turun dari pesawat, disambut dengan Bandar Changi yang penuh kaca. Jalan sedikit kemudian ada pengecekan, harus lepas jaket. Entah kenapa dia nanya apa di tas gw ada laptop, belakangan gw baru tau kalo laptop harus dikeluarin. Lalu jalan lagi agak jauh untungnya ada travellator. Pengurusan imigrasi ada di bagian bawah. Turun dan ga pake antri, malah ga pake ngomong, tinggal tunjukkin form imigrasi ama paspor lsg di cap. Malah jadi gw yang bilang thanks.

Gw muter2 di bandara cukup lama, hampir sejam sepertinya, sampe akhirnya jem 11.10 naik mrt juga.

Pasalnya rencananya gw mau naik bis gratis ke Bugis cuma ternyata kita harus booking hotel di daerah tersebut baru boleh. Untuk city tour juga perlu diurus sebelum keluar custom. Yang jelas karena Airasia itu di Terminal I, kita harus pindah dulu ke Terminal 2 yang mana semua sarana transportasi kumplit disana, mau bis, taxi ato MRT.

Nyerah ga dapet gratisan, jadi naek MRT ujung2nya. Gw beli tiket yang single trip. Sebelumnya harus tuker duit dulu di customer service nya, karena nanti ga ada kembaliannya. Sayangnya antri nuker ini bareng yang beli continuous trip yang lumayan lama ngurusnya. Karena tujuan gw ke Chinatown, mau ke Ah Bailing ama makan Big Bao, gw pilih yang langsung ke sana, tiketnya $3.1. Tapi setau gw kembalian sih $1 untuk refund ticket.

Sekitar jem 12 gw nyampe chinatown. Ga lupa gw refund ticket dulu di deket pintu keluar. Gara2 disorientasi gw menghabiskan cukup banyak waktu ga jelas.

Kira2 jam 12.30 gw nyampe di tempat tujuan yang sebenernya. Nyari Ah Bailing tapi masi tutup, Da Dong bapau tempatnya agak menyeramkan ternyata kalo siang, jadi gw mengurungkan niat beli ntu. Ujung2nya gw nyari makan di China Town Food Center.

Bingung mau makan apa tadinya, tapi tiba2 gw menemukan food stall yang ga wajar. Antriannya cem antri sembako, Hongkong Soya Sauce Chicken Rice & Noodle namanya. Harganya relatif murah untuk porsian $2-3. Ayam nya per ekor $14 sih. Ga nahan antriannya ampe 40 menitan lebih, banyakan sih pada bungkus makanya lama. Tapi bingungnya ada aja yg ikutan, emang famous apa cuma pada ikut2an gw ga tau dah.

Gw jadinya pesen mix, jadi ada ayam n char siew nya, cuma $3.5, asli murah segitu dagingnya buset dah gede2. Bumbunya juga enak, awalnya gw bingung apa beneran soy (asin) eh taunya iya, trus di bumbunya seperti ada rebon gitu.

Minumnya gw pesen di sebelah toko itu, kebetulan gw dari ngantri ngiler ngeliat Salty Plum Lime Ice langka aja tuh seharga $1.2.



13.25 kelar makan dan minum. Kenyang juga ternyata.

Gw muter2 di Chinatown dan ujung2nya gw beli oleh2 berupa kaos. Gw beli 2, satu yang $4 ama yang mahalan $14.9. Yang $4 kalo bli 3 jadi $10 tapi males juga laper mata. Yang mahal iseng aja nih beli daripada duitnya ga kepake juga. Di Chinatown kyna udah pada pro semua, tau aja gw orang Indo, dia langsung bilang tiga2, jadi ga pake repot lah.

Sendal Puma yang gw beli ga enak setelah lama dipake, bukannya melar malah jadi keset gara2 karet kali ya. Makanya gw muter2 nyari 711 yang jual sendal tapi ga ada sayangnya, malah adanya yang jual angry birds.. wkwk..

Gw jalan2 lagi nyari mrt sampe ke Raffles Place trus naik sampe ke bugis buat makan Martabak Zam2. Pas nyampe di zam2 gw maen pesen aja di depan, eh taunya disuru duduk aja, mesennya belakangan.

Gw pesen teh cino ama mutton small. Gw bingung pertamanya, liat di gambar sih macem teh tarik, tapi ga ada namanya. Bener sih yang dipesen ternyata itu, cuma harganya yang bikin gw shock $2.5, gile itu seharga mi ayam yang tadi gw makan. Martabaknya sih $6 ya udah lah, gede juga biar small. Ada yang deer cuma $20, bisa ga pulang gw, secara duit gw juga ude ga nyampe $25. Martabaknya walaupun ukuran small tp gede banget, gw ga abis makannya, padahal ude lebih 30 menit dsana. Nambah minum air putih ambil dari keran.



Jam 16.10 gw ude naik MRT dari Lavender ke Changi. 25 menit nyampe Changi Terminal 2, dan gw naik free MRT lagi ke Terminal 1 soalnya Airasia letaknya di sana. Beda dengan di Husein, Airasia nya banyak counternya, dan untuk yang web check in pengecekan paspor nya dipisah, jadi bisa lebih cepet.

Sekarang merasa menyesal beli kaos mahal. Duit menipis, mau jajan sayang, gw pengen beli boneka Angry Birds buat oleh2 sebenernya. Ga tau sih di 711 Jakarta, Malaysia atau Thailand ada ga, kalo ada pasti lebih murah juga sih.

Masih lama juga masalahnya, checkin baru buka jem 18.50, berangkat jam 20.50.. hmm..

Tapi gara2 kaki sakit & ga nemu sendal ya jadi ngaso aja dah di bandara, sambil istirahat & minum2 lah.

Boring juga nunggu di bandara, makanan yang manusiawi mungkin cuma KFC di unpaid area Terminal 1. Gw sih minum water tap gratisan ampe kembung, enak dingin, seger bener.. sebenernya harga minuman di bandara sih wajar2 aja, banyak kok yang $2, lebih murah dari teh cino Zam2 lho! Tapi ya kurang pas aja, di departure waiting room sih keliatan ada Subway, tapi sebenernya sih gw masi kenyang juga.

Gw liat kaki gw ternyata udah muncul blistering2, sial, mana gw masi kudu jalan di Chiang Mai nya ampe penginepan. Gw akalin dulu pake kaos kaki jadinya, lumayan ga gitu nyeri. Males juga gw pecahin blisternya nanti malah jadi sakit sepanjang perjalanan makin repot dah. Waktu masih belum menunjukkan 2 jam sebelum keberangkatan, tapi iseng2 gw nongkrong di depan Airasia. Ga lama ada yang nanya, gw bilang aja mau ke Chiang Mai. Trus dia bilang antri aja. Trus gw ngurus deh, cuma disuru tunjukin paspor sih, trus jadi deh tiketnya. Gw kira repot gara2 ga bisa web checkin. Daripada gw ngaso di unpaid, yauda gw masuk aja ke paid area nya.

Gw muter2 di paid area, ada banyak toko dan resto. Tapi yang paling menarik buat gw itu toko mainan yang jual Angry Birds. Ujung2nya gw beli boneka angry birds seharga $18.60. Karena ga ada SGD lg, gw bayar pake MYR 50 kursnya 0.395, gw kira ude bagus, ternyata harusnya 0.407an, di subway aja 0.4, tapi ya ga masalah lah kecil juga bedanya. Paling ngga gw jadi kesampean beli yang sebelumnya mau beli di 711. Di 711 emang lebih murah $13.9 klo ga salah, tapi ukurannya jauh lebih kecil. Ada yang gede $32 tapi kyna ga bisa bunyi, tapi keren sih ada yang pake mahkota, walaupun ya dari cotton juga bahannya.

Gw cukup lama menghabiskan waktu di toko mainan itu gara2 gw sempet bingung mau pegimana bayarnya. Terakhir gw makan Subway gara2 masi ada sisa duit dan cukup waktu. Posisinya ada di atas. Agak ribet milih2 nya. Padahal ude pernah, tapi ya gitu, gw mesen paket tapi kok rese, ditanya pake keju lah. Gw males juga kena charge lagi, gw ude bilang pokoknya kaya paket aja tapi si mbaknya ga ngerti, pas mas2nya nanya saos apa gw juga malah bengong2 aja.. haha.. Padahal gw sebelumnya ngetawain orang Indo depan gw yang ngotot "nomor 6" (itu sih gw ngarti 6inci maksudnya, tapi rasa apanya yang dia ga ngarti). Yasud ujung2nya berhasil juga makan, agak ngebut sih.

Ternyata kelar makan pesawatnya udah last call. Padahal masih 15 menitan. Pas diantrian denger orang ude bahasa planet gw mulai merinding dah.. haha.. Abis pengecekan barang, ternyata pesawat udah ada, jadi gw langsung masuk.

20.25 gw ude di dalem pesawat. Gw duduk di 19 A, ya pojok kiri kali ini. Lampu kuning remang menerangi kawasan bandara. Suara announcement nya keren gan, yang inggris cowo, yang thai cewe, eh terakhir ada bahasa mandarin juga.. haha.. Asli keren abis gan Singapore dari langit di malam hari. Rame bener!

Menurut gw sih setelah muter2, sepertinya cukup banyak perubahan yang terjadi selama 3 tahun terakhir, gw ke Singapore 2008 waktu kerja praktek. Perubahannya sih lebih ke fisik, bukan sosial masyarakatnya. Sepertinya banyak bangunan baru yang bikin gw jadi agak disorientasi, Salah satunya yang di Chinatown, entah apa karena gw yang lupa atau gw salah jalan, soalnya waktu itu gw turun di Chinatown ga pake nyasar. Haha.. oh iya, satu lagi, iPhone, merajalela gan, satu barisan kursi MRT, dari 8, 4 nya pake iPhone. Wkwk..

1 komentar:

  1. [...] 1: Bandung Day 1: Singapore Day 1: Chiang Mai Day 2: Chiang Mai Day 3: Chiang Mai Day 4: Chiang Mai – Chiang Rai – [...]

    BalasHapus