Jumat, 12 Agustus 2011

Day Seven: Bangkok

Gw bangun sekitar jam 05.30. Ngaso2 dikit abis itu cuci muka. Kaki gw nampaknya udah agak normal, walaupun yang kanan masih agak senut2 kalo ditekan pas ankle nya. Bingung sih sebenernya, padahal justru kaki kiri gw yang sempet keseleo dua kali. Paha gw juga agak lecet2 dikit sih, tapi ga masalah lah. Ini sih penyebab kebanyakan lemak, makanya pas jalan agak kegesek2 sehingga lecet. Haha..

Gw sarapan cukyok alias paha babi yang kemarin gw beli. Enak gan, cuma ya gw ga makan lemaknya semua. Pantesan berat, ternyata dia masukin tulang di dalemnya, ketutupan ama dagingnya. Sial, makanya kok gw merasa ada yang aneh. Wangi sambelnya mirip2 Bebek Slamet, tapi gw ga makan banyak2, takut mules. Ga lama daging habis gw makan semuanya.. haha..

Udah jam 07.00, tapi gw bingung mau ke mana pagi2, pengalaman yang sudah2 kayanya ga bagus jalan terlalu pagi di sini. Tapi ini hari Senin sih, mungkin rame traffic yang pada kerja. Gw coba internet tapi blom jalan2. Lalu gw ke bawah ngasi pakaian gw buat di laundry, tulisannya sih 30B/kg, tapi gw ga tau 1kg itu segimana, yauda lah gw kasi aja baju kotor gw semuanya daripada repot.

Gw bisa confirm pengurus Bangkok House sepertinya kurang talkative. Gw kasi pakaian gw langsung di simpen aja. Gw sempet bilang tomorrow, tapi no respon. Waktu pertama masuk juga dia ga gitu banyak ngomong, pembantunya malah ga ngerti Inggris sama sekali sepertinya. Beda ama ISRA. Yauda lah. Gw balik ke kamar lagi.

Setelah gw pikir2, gw jadi agak males mampir ke Hat Yai maksudnya sih biar gw agak fokus juga.

Jadinya gw ke Penang langsung naik kereta aja besok yang tujuan Butterworth. Makanya ntar rencananya gw mau beli tiket di Hua Lamphong. Naik MRT aja biar ga repot.

Setelah merencanakan rute hari ini, jam 09.30 gw mulai jalan. Awalnya gw tiba2 iseng pengen nyoba boat ke Wat Arun. Kebetulan di peta gw ada jalan ke sana ga gitu jauh, di utara. Yauda gw jalan lewat gang2. Sial, ternyata ada segmen jalan yang dipeta ada gambarnya, tapi pas gw lewatin ternyata itu lewatin rumah orang. Memutar, yauda lah masi fit. Pas gw mendekat kok sepertinya agak suram ya. Jalannya kaya tersembunyi gitu padahal kalo di peta gw ini dock lumayan gede.

Di pinggir jalan ada semacem ring tinju, ya bukan tinju sih tepatnya, ini Muay Thai pasti. Gw liat bejibun sarung tinju bergelantungan di sisi ring nya. Ada juga petinjunya yang lagi pemanasan di samping ring.



Gw jalan terus sampai akhirnya gw ketemu dock nya. Kok kurang hidup ya? Gw jalan ke arah dermaga liat bule lagi ngobrol ama locals, waktu itu jam 09.50. Wah pertanda bagus nih. Ternyata nggak, sepertinya dia cuma melayani yang one day boat. Jadi bukan single trip. Gw nanya2 ga dijabanin, keliatan nih orang scamming bule2.



Yauda akhirnya gw melangkah menjauh kembali ke jalan yang benar, ke monumen demokrasi. Di perempatan menuju monumen, ada semacem pasar. Sabtu minggu sih tutup, tapi hari ini buka. Gw agak bingung sebenernya, nih tempat jual semacem angka2 gitu, entah angka togel ato gimana, abis masa iya jualan vocer. Harganya mahal2 ada yang 1.000B++. Ya gw hanya lewat aja.



Abis lewatin pasar gw liat ada bis no.15 lewat jalan gw barusan. Lho? Kalo gitu mah gw bisa naik dari Phra Sumen donk! Yauda ga jauh ada halte gw nunggu aja di sana. Pas nunggu, ada gadis geulis pisan.. haha.. ampe sempet2nya gw foto, tapi sayangnya bis gw cepet banget datengnya, padahal blom 2 menit yang sebelumnya lewat. Bye2 girl! Hahai..

Bis nya berhenti jauh banget di depan halte, gw ampe bisa2nya ngesprint segala. Waktu sekitar pukul 10.20. Ada beberapa bule yang ikut naik juga. Ada hal yang agak aneh nih, kondekturnya ga ada. Gw udah siapin 5+2x1B. Eh sampai nyampe Siam ga ada yang collect duitnya. Alhasil gw naik bis ke Siam gratisan. Ckckck.. emang sopir kerjanya nyupir sih, udah paling bener. Beda ama di Indo lah pokoknya.

Nyampe Siam gw langsung naik ke atas BTS gw liat 20B ke stasiun interchange. Masukin koin naik ke atas naik kereta. Belakangan gw baru sadar kalo gw salah naik. Harusnya gw naik kereta yang Silom Line bukan Sukhumvit. Alhasil gw jadi turun di stasiun yang 20B juga (Phloen Chit). Di sini gw sempet muter2 sebentar, liat ada mall Terminal21 yang masi dibangun, dan lanjut naik BTS lagi 20B sampe Asok (Sukhumvit).



Di situ gw muter2 dulu, masuk beberapa mall. Ada B2S juga di salah satu mall cuma sayangnya dia ga punya DVD box set juga.

Lanjut dari situ gw naik MRT Sukhumvit ke Hua Lamphong, 26B. Ternyata dari MRT ada jalan langsung sampai pas di depan stasiun. Gw masuk ke dalam, cuma agak bingung ngantri di mana buat beli tiketnya. Gw liat sih tulisannya all stations. Gw jalan dikit sampai akhirnya melihat pencerahan 1-30 days advance ticket. Yauda gw cari aja yang kosong, soalnya loket di sini lumayan banyak dan relatif sepi. Gw pesen aja ticket yang ke Butterworth. Gw liat sama sih ama jadwal yang gw baca, berangkatnya jam 14.45. Gw kebagian tidur di atas, 1.120B, masalahnya tinggal satu tiketnya. Yauda lah ikhlas, moga aja gw sekamar ama orang baik. Haha..

Abis itu gw naik MRT ke Petchaburi 29B. Dari sini gw nyambung ARL atau Airport Rail Link Makkasan. ARL sama kaya BTS, overground. Lokasi stasiunnya agak jauh dari MRT, dan kurang begitu jelas petunjuk arahnya. Gw sempet liat ada semacam tiang rel gitu, cuma gw salah exit, harusnya exit 3 gw malah exit 2. Gw turun lagi dan akhirnya muncul di exit 3.

Keliatan sih dari pintu keluar, tapi agak ketutupan bangunan. Pas lewat perempatan gw liat bangunannya, buset gede banget untuk ukuran MRT, tapi sepi, sepertinya jalur ini masih relatif baru dibangun. Naik tangganya kudu tiga kali, dan muter2. Belum ada pemisahan antara yang express (langsung ke bandara) dan yang city link. Keretanya lewat 18 menit sekali, dan gw baru aja semenit kelewat yang sebelumnya. Jadi gw nunggu dulu deh.



Gw mau ke Hua Mark Stadium, tempat Suck Seed ketemu Bodyslam. Gw liat di peta sepertinya lebih deket dari stasiun Ramkhahaeng ketimbang Hua Mark, cuma satu stasiun sih ke arah bandara, 15B. Sama kaya BTS, MRT ini pake token juga, cuma kalo BTS warna item, ARL warna merah. Gw nyampe stasiun ini pukul 12.30. Biar gede, tapi stasiun ini sepi kursi buat penumpang nunggu. Bayangin berdiri 18 menit buat nunggu kereta kan lumayan juga. Untungnya gw kebagian kursi.

Gw jalan ke arah Hua Mark. Tapi beberapa lama gw jalan, gw sadar ternyata jauh juga. Mana kaki gw udah mulai ga enak, jadi gw mengurungkan niat. Arah balik gw mampir 711 buat beli minum. Beli semacem yakult cuma 450ml 15B, lalu lemonade size 16oz 18B, dan beli Axe Mini Musicstar 78B. Lanjut gw jalan arah ARL lagi. Kali ini gw kudu nunggu 12 menitan atau sekitar jam 13.30. Karena balik ke Makkasan, tarifnya sama lagi 15B.

Dari sini gw ga pake lama langsung lanjut jalan ke arah MRT dan naik ke arah Hua Lamphong dengan tujuan ke Silom, 24B. Nyampe Silom gw muter2 dikit. Gw liat bis no. 15 lewat sini, mungkin abis lewat Siam lanjut ke sini. Gw menyusur jalan ke arah stasiun BTS Chong Nonsi. 20B buat nyampe ke Siam.

Nyampe Siam, pas mau turun gw liat di tembok ada stiker konser akbar gitu, rame bener ada Bodyslam, da'Endorphine, tapi yang bikin gw bingung kok ada Suck Seed segala? Mungkin emang tenar banget kali ya mereka di sini.

Gw lanjut ke Siam Paragon dan naik ke Paragon Cineplex. Jam 15.00 gw beli tiket 4DX Captain America buat jam 17.10. Shock gw harga tiketnya 500B. Kok sama aja ya weekend/weekday. Malah direct line buat 4DX ditutup, jadi gw kudu ngantri. Yah yaudalah, gw penasaran aja sih kaya gimana, setidaknya ada kenang2an yang di Indo kaga ada.

Berhubung masih 2 jam lagi filmnya baru mulai, gw turun ke food court lantai dasar buat liat2 makanan, tapi ujung2nya gw ga beli apa2.

Abis itu gw muter2 Siam Square, niatnya sih nyari toko DVD, tapi ga ketemu. Ternyata gede juga, makin encok deh kaki gw. Untungnya gw sempet beli jeruk peres asli 20B di pedagang kaki lima. Lumayan jadi agak seger lagi. Ternyata di belakang Siam Square ada sekolah, makanya gw liat kok rame anak sma. Gw bisa confirm, kalo 3 tipe cewek di film Suck Seed itu beneran berlaku di Thailand.

Jam 16.00 gw udah balik ke Siam Paragon. Gw sempet ke lantai 4 dulu, liat food passage tapi ga ada yang menarik hati, jadi gw langsung ke bioskop aja nunggu di sana. Ternyata kalo 4DX dan beberapa bioskop yang agak mahal adanya di lantai atas. Malah ada yang satu lantai di atasnya lagi Royal apa lah.

Di depannya ada semacam pengecekan gitu. Gw agak males nih, secara gw bawa kamera, tapi ternyata ga dicek2 amat, cuma lewat mesin doank. Gw nunggu di deket pintu masuk. Sekitar 10 menit sebelum dimulai, pintunya baru dibuka.

Gw masuk, dibagiin kacamata. Ini yang agak gede, jadi walaupun gw pake kacamata juga tetep enak. Duduknya nempel per 4 bangku. Biasa lah ada trailer film2 dulu, MI:4, Cars 2, Cowboy vs Aliens, Fright Night, tapi ga ada yang trailer yang 4D anehnya.

Nah kemudian ada bagian yang bikin gw kaget! Pas mau mulai diputer film dengan lagu nasional sepertinya, sebagian orang pada berdiri, termasuk yang di samping gw. Lah gw mana ngarti, yauda gw ikutan aja. Sepertinya jadi kaya mengheningkan cipta gitu. Kalo liat di video klipnya sih sepertinya Raja Thailand ini down to earth juga dalam proyek2 di negaranya. Terakhir ada tulisan Long Live The King. Wuih, sayang Indo Republik, jadi ga mungkin ada event beginian dulu sebelum nonton bioskop.

Akhirnya film mulai, telat sekitar 15 menit. Secara keseluruhan film ini cukup bagus menurut gw. Kalo 3D nya sih sama aja mungkin ya, tapi 4D nya ini nih yang bikin agak beda. Kursi yang goyang2, seru pas adegan kejar2an sih biasanya. Ada angin dingin pas event di salju2, ada kickback di punggung kalo nendang orang, ada tiupan angin kalo lagi saling tinju, ada cipratan air juga kalo pas nyemplung air. Pas cuaca buruk, ada kilatan cahaya di sisi bioskop. Yah jadi tau lah setidaknya 4D IMAX itu seperti apa.

Gw keluar 19.30. Gw jalan ke Central World dulu buat beli DVD karaoke Suck Seed. Gw sempet muter2 lantai 3 & 4 yang katanya ada toko DVD juga but no go. Akhirnya gw beli DVD karaoke aja, 149B. Abis itu gw lanjut jalan balik ke arah halte. Gw main naik2 jembatan BTS aja, ternyata haltenya ada di bawah. Gw jadinya nyusur jembatan yang relatif panjang dan akhirnya naik bis dari halte Siam Paragon.

Jam 20.30 gw naik bis no.15, kali ini ada kondekturnya. Gw turun di halte yang berikutnya. Gw memutuskan buat beli Subway aja. Gw ngincer botol minumnya sih. Buat dapetin itu kudu beli footlong atau 2x6inch ama 1 large drinks. Gw beli 2 yang 109B dan minum 34B, total gw ngabisin 252B. Gw kasi 2B maksudnya biar gampang, eh gw baru inget kaga ada pecahan 50B, jadi dibalikinnya 2x20B ama 10B.

Lanjut gw jalan balik ke Bangkok House. Tadinya mau beli minum lagi ke 711 secara air mineral gw habis. Tapi akhirnya gw beli di warung deket Bangkok House. Awalnya gw ga liat botol yang 600ml, adanya yang 1500ml. Gw panggil yang jualnya ternyata udah cukup tua, jadi gw tunjuk botol yang gede sambil bilang nit noi. Eh tiba2 si ibu ngomong pake bahasa inggris. yauda gw bilang small. Dia nunjuk ke showcase agak atas. Oh iya ada, ketutupan soalnya pantes ga keliatan. Gw bayar 10B lalu akhirnya balik ke Bangkok House.

Biasa cuci kaki dulu, abis itu gw makan subway nya. Gw makan satu udah lumayan kenyang. Bukan kenyang sih tepatnya kembung. Soalnya minumannya udah abis duluan. Yang satu lagi gw rencana makan buat besok pagi aja. Moga aja tahan. Ga lama akhirnya gw tertidur lemas di atas ranjang gw.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar