Minggu, 14 Agustus 2011

Day Twelve: Kuala Lumpur

Gw bangun sekitar jam 05.30. Beres2, planning, gw mulai jalan jam 07.00. Ternyata di depan Monkee Inn kalo pagi2 banyak yang jual barang bekas. Rame aja, tapi yang hebatnya ada aja pembelinya. Ga lama gw jalan gw liat2 tukang makanan, pegang pantat (ngecek dompet maksudnya). Ew.. gw lupa bawa dompet. Jadi gw balik ke Monkee Inn lagi melalui kerumunan tukang loak tersebut.



Gw jalan ke arah KL Sentral, niatnya sih mau ke Bangsar tadinya ama liat ijo2 (taman) di utara KL Sentral, belakangan sepertinya ijo2 yang gw liat itu bukan taman gratisan melainkan KL Bird Park, yang gw sendiri ga tau persis di mana entry nya.



Nasib gw kurang lebih sama kaya kemarin, jalan2 tau2 off limit, muter nyari jalan lain, naik flyover ga ada trotoarnya. Weleh.. Gw jalan2 ga jelas hampir 50 menitan sampai akhirnya jam 07.55 gw nyampe Terminal KL Sentral.



Di KL Sentral gw ngecek jadwal kendaraan ke KLIA. Ternyata ada bis dan KLIA express tiap 30 menit sekali. Harganya agak imba, bis cuma 10RM sedangkan kereta 35RM, mahal bener, lebih mahal daripada gw naik bis dari Butterworth. Bedanya, naik bis butuh waktu sekitar 1 jam, sedangkan kalo kereta klaimnya sih cuma 35 menit. Muter2, akhirnya gw memutuskan untuk pindah lokasi.



Gw naik RapidKL ke arah KLCC, 1.5RM. Gw pengen liat Petronas Twin Tower. Nyampe stasiun KLCC, naik ke atas, tau2 muncul di dalam mall. Gw nyampe sini jam 08.35. Gw cari jalan keluar, pagi2 gw udah sok ide, ada pintu keluar yang deket gw malah jalan nyusurin mall. Keluar, ternyata mall yang gw masuk tadi itu Suria KLCC.



Gw melihat perimeter, mana ya Petronas Twin Tower. Di sini banyak banget gedung tinggi soalnya, jadi gw rada2 bingung, tapi ga lama sepertinya gw melihatnya, yang gw bingung kok cuma satu ya? Gw juga bingung mau gimana fotonya abis deket banget. Gw liat di peta ada ijo2, tapi ternyata sekarang udah dalam under construction buat bikin gedung baru.

Gw jalan agak menjauh, supaya lebih kelihatan, cukup jauh hingga nyampe KL Convention Center, dan akhirnya gw menyadari kalo sepertinya gw berjalan ke arah yang salah. Harusnya gw keluar pintu ga jauh pas masuk mall Suria KLCC. Sepertinya Twin Tower Petronas itu satu kompleks sama Mall itu, sekarang yang ada gw cuma bisa foto dari kejauhan doank. Mau balik lagi males juga.



Lanjut gw jalan ke arah Pavilion. Ini salah satu mall baru dan elit juga di pusat kota. Gw sih ga muter2, cuma lewat lorong aja, kiri kanan restoran.



Ga lama, sekitar jam 09.00 gw nyampe di ujung lorong yang nembus ke jalan dan keilatan Starhill Gallery. Di depannya da bangunan yang bentuknya rada aneh.



Dari sini gw jalan lagi ke arah barat, lewatin Lot 10, Sungei Wang, dan akhirnya nyampe Low Yat Plaza, IT center di KL. Liat2 benda, ga banyak yang aneh sih. Hape harga relatif sama, malah kaya Huawei Ideos S7 di Indo lebih murah.



Tadinya gw nyari Apple Authorized Reseller di situ, pengen tau harga iPod Touch berapaan, tapi ga ketemu. Ada di lantai paling atas tapi masi tutup, lagian kecil banget. Akhirnya gw menghentikan pencarian gw dan meninggalkan Low Yat. Di samping Low Yat gw sempet liat bangunan yang ada tulisan Mac Center, tapi gw liat tutup, dan sepertinya emang ga buka soalnya dekil banget.

Gw iseng muter2 di foodcourt Sungei Wang dan Lot 10. Ga ada yang menarik, atau lebih tepatnya harga makanannya agak mahal juga. Di Sungei Wang gw sempet ngeliat sepatu2 nyentrik yang harganya relatif murah, masih dibawah 80RM, sepertinya buatan lokal, tapi gw sendiri sih ga minat.

Karena ga menemukan yang menarik, gw pindah lagi. Gw  ke Stasiun Monorail Bukit Bintang yang berada di tengah Sungei Wang dan Lot 10. Gw naik ke KL Sentral, 2RM. Beda dengan RapidKL, monorail ditulis di depan keretanya, buatan Malaysia. Kereta ini berpengemudi, dan overground, beda ama RapidKL yang unmanned dan mixed antara underground dan overground.



Nyampe KL Sentral, ternyata stasiun gw keluar ga terintegrasi secara langsung dengan terminal yang tadi gw datengin. Lokasinya berada di sisi utara yang dipisahkan oleh ruas jalan. Tapi gw liat sih tengah dibangun jembatan penghubung. Di sini banyak banget proyek2 konstruksi, mau MRT, KTMB, gedung2 tinggi. Gw juga bingung itu duit dateng dari mana.

Iseng gw muncul lagi. Gw tadinya niat naik RapidKL ke arah Bangsar, tapi ngeliat gw kudu muter2 dulu karena stasiun Monorail lumayan jauh, gw jadi pengen nyoba jogging lagi. Ya gw pikir ini jalannya tinggal lurus doank trus belok satu blok, harusnya sih ga susah.

Ya kali ini sepertinya ga sesial sebelum2nya. Sepanjang jalan ada trotoar sehingga gw bisa jalan kaki nyampe ke stasiun RapidKL Bangsar. Tapi sekarang beda lagi sialnya, gw nggak tau salah tempat atau gimana, tapi sepertinya gw ga menemukan yang bisa dibilang shopping complex. Gw cuma liat ruko2 kecil sepi, dan gedung perkantoran yang bawahnya ada restoran tapi itu juga dalam jumlah yang relatif sedikit.

Kecewa udah jogging tapi ga menemukan yang menarik, ujung2nya gw lunch di Old Town White Coffee. Gw makan Nasi Lemak Special dan White Coffee dingin. 7.9RM plus 3.9RM, ternyata ditambah service charge sehingga ujung2nya gw kudu bayar 13RM. Yauda kelar makan ga pake lama gw bayar dan langsung bergegas ke stasiun RapidKL. Gw beli tiket di counter, Plasa Rakyat. Mbaknya melongo. Wew, 1.2.3., tetot sorry2.

Gw mundur dulu, cek rute, ternyata ini Line RapidKL yang berbeda. Gw liat rutenya, ternyata ada yang ke Pasar Seni, ya ga gitu jauh lah, gw ke loket lagi dan membayar 1.3RM. Sekitar 11.45 gw udah nyampe Pasar Seni. Keluar, gw langsung mencari 711 buat beli Big Gulp, karena tadi minum kopi sedikit banget, secara gw udah jogging ke mana2.



Ga jauh gw liat 711, di depannya gw liat ada promo, asik! Pas masuk, gw kecewa, kok kaga ada mesin Big Gulp nya, yang ada Slurpee. Ujung2nya gw beli minuman botolan F&N rasa jus blackcurrant 2.8RM. Lanjut arah ke Jalan Sultan, gw terhasut masuk ke jalan sebelumnya Petaling Street. Penasaran aja ada apaan, tadi pagi lewat masih sepi.

Banyak banget yang jualan tas, sepatu, kaos. Sebagian besar ya produk aspal. Gw beli susu kacang kedelai 1.30RM. Muter2, gw beli kaos lagi buat oleh2. Harganya lebih pahe lagi di sini, cuma 6RM. Gw beli 3 biji. Gw sih sebenernya minat boneka beruang Teddy nya Mr. Bean, sempet liat ada yang jual di Petaling Street, tapi cuma satu2nya, males aja kalo harganya ketok magic. Gw sempet liat juga waktu di Penang dan deket Stasiun Bandaraya sih. Cape muter2, akhirnya gw balik juga ke Monkee Inn, ngetik2 ga kerasa udah jam 13.15. Istirahat dulu ah, ntar sore baru jalan lagi.

Gw ga tidur, cuma baca2 rss aja. Sekitar jam 16.00 gw niatnya mau jalan lagi. Tapi pas gw liat di jendela lorong, weleh, kok ujan. Mana ujannya deras lagi, padahal rencananya gw jam 18.15 mau nonton Cowboy vs Aliens di Berjaya Times Square. Jam 17.00, ujan masih berlanjut. Wah kacau nih masa gw betelor di kamar doank.

Akhirnya sekitar jam 17.45 gw liat ke luar ujan udah reda. Wah masih keburu ga ya? Masalahnya gw mau ke sana jalan kaki. Tapi ga usaha ga bakal berhasil, gw langsung setup dan jalan. Gw udah liat di peta dan ngitung2, pada dasarnya gw cuma perlu 2 kali belok buat nyampe sana. Dari Jalan Sultan gw belok arah timur ke Jalan Hang Jebet. Lurus terus ampe mentok lalu tinggal belok ke arah utara dan gw bakal nyampe di Jalan Hang Tuah, tempat Berjaya Times Square terletak.

Sekitar 20 menit gw jalan hingga akhirnya tinggal nyebrang buat masuk Times Square. Perkaranya, nyebrangnya kudu pake tangga yang juga terhubung jalur RapidKL. Gw naik, pas mau nembus bingung, loh kok jalan unpaid area nya ga ada. Kiri, kanan gw cek, sama juga beberapa orang bernasib sama kaya gw. Waktu jalan terus akhirnya gw nanya ama petugas loket. Dia bilang lewat bawah. Loading dikit, dia nunjuk ke arah jembatan sebrangnya Times Square. Gw coba turun, ternyata jalan tembusnya ada di bawahnya. Weleh gw ga nyadar.

Gw langsung ngebut lagi, jalan.. sok ide gw naik terus hingga lantai 5. Di escalator, gw liat depan gw sepertinya petugas security, soalnya dia bawa HT. Gw tanya, cinema sebelah mana, dia bilang 3rd floor. Weks.. langsung dah gw turun lagi. Nyampe lantai 3 gw langsung jalan ke bagian tengah mall. Gw liat2, ternyata cinema memang ada di tengah mal, agak ke timur sih.

Langsung gw ngantri beli tiket. Ada sekitar 4 orang di depan gw. Duh mana sekarang udah jam 18.12. Ga lama giliran gw, langsung beli tiket, pilih tempat duduk di tengah, kebetulan ada yang kosong. Biasa, kalo nonton sendirian paling enak bisa nyempil. Haha.. bayar, 15RM. Lalu gw main lari2 aja nyari bioskopnya.

Gw nonton di teater Maxx, sejenis teater digital, tapi kali ini yang diputer versi 2D. Gw liat nomor teaternya 10. Tapi di depan bioskop cuma ada angka 1-9. Weleh. Gw nanya ama mas2nya, ini teater di sebelah mana? Sini2.. dia cek, oh Maxx di atas, sambil nunjuk ke samping, di mana di situ emang ada escalator. Yauda gw main naik2 aja. Gw pikir diatasnya 1 lantai, tapi gw liat kok malah tempat karaoke. Naik lagi, lah ini malah tempat fitness. Gw panik lah, turun lagi ke lantai 3. Kali ini gw nanya mbak2 counter snack. Dan dia bilang kalo Maxx di lantai 10. Weks?? Ga salah, trus dia nunjuk ke arah lift. Oh oke.. Mana gw tau kalo bioskopnya misah sejauh itu.

Gw nunggu lift, waktu udah menunjukkan pukul 18.22. Wah kacau nih. Tapi gw liat ada tiga orang yang lagi nunggu lift juga, dan gw liat salah satunya megang tiket Maxx juga. Sip lah ada temen. Haha.. Naik, dan keluar di lantai 10, gw udah sok2an aja mau lari, padahal gw ga tau sebelah mana. Gw agak perlambat gerakan gw, tapi cukup jelas keliatan karena memang di lantai ini ada ticket box dan counter snack.

Gw liat ada mas2nya yang udah nungguin. Langsung gw kasi tiket dan masuk ke dalam. Pas masuk gw denger bunyi agak kartun, wah berarti filmnya belum mulai. Haha.. Gw naik, soalnya duduk di D. Wah rusuh lagi, soalnya auditorium ini gede juga, mana gw duduk di tengah, dan lampu udah dimatiin. Excuse me2, akhirnya gw berhasil nyampe di kursi gw, setelah mengecek 2 kursi single lainnya. Duduk, wah kok bangkunya agak melorot ya, jadi gw duduk turun gitu. Menyesuaikan posisi dan gw baru ngeliat ke layar. Filmnya pas banget baru mulai. Ah untung aja pake ngaret..

Filmnya bagus, emang sci fi sih, tapi action nya cukup seru, mungkin karena yang main Daniel Craig ya, gw masih inget banget nonton 007 pas pertama dia main, pagi2 udah parkour. Kualitas suara di bioskop ini cukup bagus. Ga terlalu kencang, tapi detail suaranya kerasa. Kelar nonton sekitar jam 20.20.

Gw ga tau sih bioskop di Malaysia perlu mengeningkan cipta kaya di Thailand ga, soalnya emang gw telat dateng juga. Tapi ada yang menarik di bioskop Maxx ini. Kursinya ga lurus, tapi melengkung, atau ada anglenya. Itu juga gw baru sadar pas beres nonton. Pantesan waktu gw numpang lewat kok agak ribet jalannya. Sepertinya bioskop di Thaand dan di Malaysia ga bedain hari tayang. Yang beda itu biasanya tarif member sama tarif khusus pelajar.

Kelar nonton gw muter2 mal. Ya udah banyak yang nutup sih. Gw cuma liat2 sepatu, tapi ga ada yang menarik2 banget. Turun lagi, gw nyampe lower ground. Gw nyari KFC, dan ternyata di sini ada. Gw pesen yang ga ada di Indo dan Thai, quarter chicken with BBQ sauce. Potongan paha atas dan paha bawah ayam jadi satu. Paketnya 10.9RM, termasuk minum, roti dan jagung. Gw tambah nasi 1RM. Gw juga liat tulisan kalo beli paket, Krusher yang harganya 4.5RM jadi 2.3RM. Gw pengen nyoba soalnya ada beberapa Krusher yang ga ada di Indo.



Gw bayar total 15.05RM, tapi diminta 15.10RM, ya itu emang angka setelah pajak sih. Yang gw agak kaget, ternyata 2.3RM itu bukan harga beli, tapi harga upsize. Jadi minuman gw dituker ama Krusher yang gw pesen. Yaelah mana gw haus, udah tau Krusher seret. Yauda akhirnya gw terima nasib. Makan, sambal di KFC ini ada dua macem, satu sambal yang biasa, tapi ga sepedes di Indo. Satu lagi sambal Thai ditulisnya, gw ga ngambil, tapi ya harusnya sih cair gitu.



Kelar makan gw langsung keluar. Gw liat cukup jauh dari KFC ada pintu keluar. Gw jalan ke arah sana. Keluar, gw liat ada 711. Mampir dulu ah beli minum. Gw pengen beli Big Gulp, Revive. Tapi gw baca mesinnya kok ada tulisan rusak. Gw tanya ama pekerjanya, ini mesinnya rusak? Dia jawab cuma gw ga gitu jelas. Yauda mumpung ada orangnya gw eksperimen di depan dia. Es gw pencet, keluar. Pas gw pencet Revive, kok cuma bunyi2 doank. Trus si mas2nya cuma melongo doank. Kampret dasar, akhirnya gw keluar dan ga jadi beli.

Nyampe luar, gw merasa agak beda. Kok jalannya kurang familiar. Ternyata gw keluar di sisi Timur. Dari situ keliatan menara Petronas Twin Tower. Kalo malem lebih bagus sepertinya, soalnya banyak lampu2nya. Gw melanjutkan perjalanan kembali ke arah yang benar. Di remang2 ada sepasang remaja lagi melekat dengan jarak kurang dari 2 inci. Ckckck.. Gw nyebrang jembatan lagi. Gw balik mau jalan kaki lagi.



Jalanan masih sama beceknya dari sejak gw berangkat. Sampai Jalan Hang Jebet gw ketemu tiga orang mbok2. Kenapa mbok2, ya karena sepertinya mereka TKI, karena di jalan gw denger mereka bicara dalam bahasa Jawa.

Gw nyampe Monkee Inn 21.50, langsung cuci kaki. Nulis2 ga kerasa udah jam 23.00. Saatnya tidur. Gw masih memikirkan apa besok mampir ke Genting atau cuma muter2 kota lagi aja. Tapi yauda liat besok ajalah.

1 komentar:

  1. [...] 7: Bangkok Day 8: Bangkok to Malaysia Day 9: Hat Yai to Penang Day 10: Penang Day 11: Penang to KL Day 12: Kuala Lumpur Day 13: Genting Highlands Day 14: MIA to CGK Posted: March 5th, 2012 Categories: Me and Myself [...]

    BalasHapus