Jumat, 12 Agustus 2011

Day Eight: Bangkok to Malaysia

Gw bangun 06.30, nulis kejadian kemarin di blog, abis itu gw makan Subway gw yang satunya. Masi blom basi. Haha..

Hari ini gw mulai jalan 08.15. Gw mau nanya laundry gw tapi masi ga ada orang, jadi gw lanjut jalan aja. Rencana gw hari ini ke Wat Arun. Gw jalan ke Phra Arthit pier. Pas nyampe sana ga lama ada kapal berhenti. Wat Arun? Come in.. oke dah..

Gw langsung naik kapal, sekitar 08.35. Racing juga kapalnya, kerasa dari deburan air Chao Phraya. Gw liat dari kapal mulai Grand Palace Wat Pho, Wat Arun. Lho kok nih kapal ga berhenti ya? Gw agak bingung tapi yauda lanjut aja, gw pikir baru berhenti pas arah baliknya, lagipula gw masih menikmati naik kapal ini yang relatif murah, cuma 15B.



Lanjut gw liat ada interchange dengan BTS di pier Sathorn Taksin. Hampir 20 menit gw naik kapal, yang ada nih kapal makin jauh, sampai akhirnya penumpangnya habis. Eh belakangan yang bilang come in ke arah gw, Wat Arun?? Yah gw sadar deh ternyata tadi gw harusnya turun. Gw pikir dia bakal muter tapi kyna nggak. Sepertinya rute boat nya lumayan jauh, masih jauh sampai muter lagi, makanya orang itu nyuruh gw turun aja, naik yang arah baliknya. Yauda no problem, 15B mah kecil lah.



Gw diturunin di Wat Vorachanyawas. Jauh juga sekitar 2 jembatan dari Wat Arun. Jam 09.00 waktu itu. Tapi ga lama gw diturunin, langsung ada kapal arah balik, ga nyampe semenit lha. Gw naik lagi. Kali ini agak rame, terutama pas berhenti di Sathorn Taksin, banyak bule dan japs yang naik. Tujuannya pasti udah jelas, Wat Arun.

Akhirnya jam 09.30 gw nyampe Pier Tha Tien, gw agak bingung kok si bule pada turun di sana. Gw liat emang Wat Arun di seberangnya sih.

Belakangan gw baru sadar ternyata Mekong River Express yang gw naikin emang rutenya ga ke sana. Setidaknya gw liat di pier Wat Arun ga ada papan informasinya. Dari sini gw bisa menyimpulkan bahwa ga ada boat langsung yang ke sana, kecuali mungkin kalo kita naik yang all day tourist boat.

Gw turun di Pier Tha Tien kemudian nyambung lagi. Ya cuma nyebrang gitu sih. Bayar lagi tapi geli2 lah, cuma 3B. Yang ini rada ngetem soalnya emang tujuannya cuma satu doank, tapi ga lama soalnya emang udah lumayan banyak juga penumpangnya.



Nyampe Wat Arun gw kira langsung disuruh bayar, ternyata nggak. Bayarnya kalo mau masuk ke kawasannya yang agak kecil, ya jadi kita bisa naik ke Wat nya, soalnya ini bentuknya mirip Prambanan, cuma lebih kompleks bentuknya. Gw liat tiket boothnya 50B. Rada males sih gw kalo cuma naik doank. Foto2 udah, malah kalo masuk jadi susah fotonya soalnya terlalu deket. Akhirnya gw cuma keliling2 sebentar di sana. Gw sempet liat water tap, iseng nyoba, wew, airnya hangat, ga kaya di Singapore, dingin dan segar.



Liat tukang suvenir, ada yang jual boneka yang ada tulisan Thailand, sepak isi 10. Gw iseng2 tanya kan, 150B. Wew. Ya isi 10 sih banyak juga. Yang gw tanya ada lonceng nya di bawahnya, ada yang ga pake lonceng tapi bentuknya lebih lucu. Dia bilang kalo itu 100B. Hmm.. Kayanya lebih berkesan yang ada lonceng. Gw tawar ah iseng 100B okay? 120B, sambil nunjuk bel nya. Gw bilang lagi just 100B,okay? Okay2.. haha, sukses, yauda akhirnya gw bayar, abis itu gw balik ke pier.

Kali ini kapalnya masih di seberang, ga lama dia pindah tapi ya jadi masih dikit orangnya. Cuma ga lama2 amat lah. Gw nyampe di seberang, pas keluar gw liat banyak tukang jualan di samping dan sebagian besar jual yang amis2.

Ikan2an, dan lebih precise, juhi. Gw liat 200B/kg, wew lebih murah tuh daripada yang gw beli 300gr 105B. Malah sebenernya ada grade yang lebih rendah lagi 160B/kg. Gw beli yang 200B 1/2 kg. Trus gw liat kaya teri2. 70B, sikat. Ada ikan panggang 20B, ambil. Gw bayar pake 1.000B. Nunggu kembalian gw melihat sesuatu penampakan, Lapciong. Wah ini dia, gw tanya harganya. Gw lebih kaget lagi. 1 kg, 100B! Buset dah, langsung gw sikat. Beli di Bee Cheng Hiang bisa berapa puluh kali lipet harganya.



Abis itu gw mendengar sesuatu yang ga lazim. Bahasa Indonesia. Ternyata ada serombongan anak2 Indonesia, mungkin SMA atau Freshmen, yang jelas sih ini acin lah. Haha.. Gw sih ga liat tourleader gitu, tapi ada lah 15 orangan cowo cewe. Di depan tukang ikan gw liat ada tukang minuman. Gw liat ada jeruk nipis, tunjuk2 trus dia peresin.

Si anak2 Indo ini masih ngumpul deket2 gw, gw iseng aja sapa, Dari Indo,ya? Iya, salah satunya jawab. Gw ambil minuman gw yang udah kelar diperas. Trus tuh cewe nanya itu apaan sih, dalam hati gw masa kurang jelas sih, itu bentuknya jelas2 lime. Gw bilang lime. Trus dia bilang, oh jeruk nipis, mau ah coba. Yauda gw ga banyak omong lagi dan lanjut jalan.

Gw memutuskan untuk ga ke Wat Pho dan Grand Palace. Waktu udah agak menipis, dan gw rada males juga karena gw bawa karung belanjaan. Jadi gw jalan ke arah utara. Banyak yang jualan di sekitar sini, makanan, sabun2, krim pijat. Tapi yang paling menarik gw sih figure biksu yang kaya di Chiangmai. Bisa aja dah bikinnya beneran mirip orang, ga kaya mainan2 biasa.



Sekitar jam 10.30 gw nyampe Thamassat University. Sebenernya sih ini lebih cepet kalo bypass university nya, cuma gw rada males berkompromi kalo ditanya2, jadi gw belok aja sekalian liat yang pada jualan. Di ruas jalan ini banyak yang pada jualan figurine atau semacam pendant, yah intinya mah jimat lah. Mulai dari 20B ada, dan gw liat orang2 banyak juga yang lagi milih2. Gw sih ga begitu tertarik jadi gw jalan terus.



Karena muter, gw jadi belok lagi arah utara, jalan di depan museum. Di sini gw nemu salah satu benda yang gw cari2. Longan drink. Mereka bilangnya Long-gun sih. 20B, gw minum sambil jalan awalnya manis, belakangan kok ga ada rasanya. Hmm, payah nih. airnya abis, gw coba makan buahnya, gyah, ga ada rasanya sama sekali. Nyesel juga ngidam taunya kaga enak. Haha..



Lanjut jalan gw udah nyampe Phra Arthit lagi. Gw mampir 711 dulu, gw beli benda2 aneh yang gw bisa beli buat oleh2. Macem2 gw ambil dan kebanyakan murah sih. Snack2 lah. Bayar, cuma 98B. Lanjut gw ke Bangkok House. Nyampe sana, si mbak lagi nyetrika. Gw tanya my? No no. Yauda gw lanjut ke atas. Beres2 dan meyakinkan ga ada yang ketinggalan, gw kemudian turun lagi.

Gw bilang ke si mbak, kalo gw mau check out. Trus gw tanya lagi ke si mbak laundry gw. Dia ambil dari ember gitu trus dilipetin dan dikasi ke gw, masi agak2 basah. Pikir gw, mungkin gara2 gw buru2 makanya ga disetrika. Gw bayar laundry nya 2 kg, 60B. Yauda lah.

Gw iseng kan tanya, iron? Mai2. Hah? Agak bingung gw, tapi setelah dia menjelaskan gw mulai ngarti. Ternyata di sini cuma laundry, no dry. Kalo mau dry dia bilang walk 2 minutes. Emang sih di depan ada mesin cuci koin 20B, dan 30B kalo mau dry. Lah gw kira tadinya udah termasuk, makanya gw milih laundry di sini, ternyata blom. Rada nyesel dah gw, tapi yaudalah.

Gw masukin baju gw dan jalan ke arah Phra Arthit. Gw nunggu di halte deket perempatan, tapi gw agak curiga di papannya ga ada nomor 15. Ga lama ada bis 15 lewat, gw hail. Weleh ga berhenti, gw liat si mbak kondektur nunjuk2 depan gitu, wah berarti kudu nunggu di halte satunya lagi. Yauda lah gw jalan ke depan. Di situ gw liat papannya. Gw mulai ragu lagi, di papannya ada tulisan 15, tapi kaya ditambahin gitu. Hmm.. yauda lah coba nunggu aja.

Agak lama, soalnya emang gw miss bis yang sebelumnya gara2 salah halte. Sempet ada bule yang nanya ke gw, mungkin karena tau gw bawa backpack, jadi dia langsung nanya pake bahasa inggris. Intinya sih dia nanya naik bis apa yang nyampe bandara atau skytrain. Ya gw bilang 15, walaupun gw sendiri masih ga yakin tuh 15 bakal berhenti di sini.

10 menitan bis nya lewat, dan ternyata berhenti di halte ini. Yauda gw naik, si bule gw liat juga naik. Gw nanya ama si mbak pas dia collect, yu thi silom krab? Silom road. Oke kalo gitu, biar gw tinggal sekali naik MRT nyampe Hua Lamphong. Sampe di deket National Stadium gw bilang ke si bule turun sini. Agak merasa bersalah sih gw, soalnya lebih enak kalo dia turun di Siam, jadi cuma 1x pindah, tapi yauda lah, tetep bayarnya 2x juga sih.



Lewat Siam, bis mengarah ke Silom. Gw iseng aja nanya ke si mbak, lewat Hua Lamphong ga? Mai2, sambil nunjuk arah belakang, mungkin maksudnya tadi harusnya gw turun pindah bis. Oh yauda kalo gitu, gw bilang MRT Silom okay. Ibu2 di seberang ngeliat gw, trus dia angkat jari empat. Oh mungkin kalo dari Silom ini tinggal naik bis no. 4. Tapi yauda lah.

Ga lama gw turun, agak jauh sih dari halte, gak tau kenapa tadi, dan gw jadi jalan lumayan jauh. Pas turun escalator ke arah MRT gw baru sadar, ada pengecekan. Bener pas lewat mesin, tetep disuruh buka semua tas. Agak ribet, tapi yauda gw buka aja. Abis itu gw lewat, agak bingung gw, kok ga ada mesin tiketnya, gw celingak celinguk, si tukang inspeksi nunjuk ke ticket office. Yauda gw ke sana, bilang ke Hua Lamphon, dia suru gw bayar 18B. Hmm jadi kalo dari sini beli tiketnya manual sepertinya.

Yauda gw turun, pertama gw salah turun, ini buat arah satunya, gw naik lagi, ternyata beda escalator, gw turun, ternyata ini dua level, kalo yang ke Hua Lamphong turun dua kali.

Gw nyampe Hua Lamphong 12.45. Masih 2 jam lagi. Gw muter2 sebentar, ternyata lagi ada shooting di stasiun, belakangan gw tau kalo itu shooting video klip. Gw balik ke arah main hall. Bingung mau apa gw ke Black Canyon Coffee. Agak shock gw yang jualnya bencong gan.. glek.. yauda gw pesen frozen coffee aja yang paling mahal 80B. Minum, ga gitu lama duduk gw rada bosen, dan gw liat ada KFC, jadi gw migrasi deh.

Nyampe KFC, gw agak bingung menu nya. 2 menu paket pertama itu nasi dengan ayam kuah bumbu2 gitu. Pertama onion dan kedua curry. Gw pesen yang kedua. 89B, itu paket sama Pepsi dan tuna salad. Belakangan gw liat kalo ada paket yang tanpa salad cuma 69B, tapi ga tau sih apa minumnya dapet yang lebih kecil. Gw juga pesen egg pie gitu, 19B.



Ternyata karinya ga sesuai selera gw, agak enek makannya soalnya santan ny kerasa banget. Gw makan tapi nasinya ga ampe abis. Yang nikmat ternyata egg pie nya. Hangat, dan rasanya enak banget. Sayang di Indo ga ada. Pantesan tadi gw sempet liat nenek2 yang pesen egg pie ampe 3 biji makan di sana.

Gw ga lama2 juga di KFC, kelar makan langsung cabut. Gw mampir ke minimarket. Harganya sama2 aja kaya 711, beti lah. Gw liat2 tapi ga ada yang aneh2 amat yang gw blom beli, jadi ujung2nya gw cuma beli air mineral 600ml, 12B, ya agak mahal.

Mini market ini jadi satu ama pharmacy. Gw liat2, trus nanya ada aspirin yang kaya redoxon ga, dia bilang di Thai ga ada yang gitu.. lho? Justru gw kayanya pernah nonton film Thai yang makan aspirin kaya gitu. Ujung2nya gw iseng beli eno.. haha! Gw beli yang sachet 10B, ada 2 rasa gw beli masing2 2 biji. Dia nawarin gw yang botol aja, lebih murah sih cuma 65B dan isinya banyak, cuma botolnya beling, gw takut repot. Gw liat counterpain juga. Iseng nanya harga, ada yang 50B+, 80B+ ama 150B+. Gw agak lupa2 persisnya, tapi itu ukuran 30, 60, 120gram. Tadinya sih pengen beli yang paling gede cuma bedanya ga gitu signifikan, jadi gw beli yang 60gram aja.

Abis belanja gw ke arah peron lagi. Gw liat shooting masih jalan, dan makin banyak yang nonton. Gw iseng2 aja foto cewe2nya, tapi ternyata itu video klip cowo, gw sempet liat artisnya, solo pop gitu kayanya. Gw lanjut aja jalan soalnya gw liat kereta yang menuju Butterworth udah ada.



Gw masuk keretanya, karena gw gerbong nomor 3, gw naik gerbong ke 3 dari arah peron utama. Agak bingung kok nomornya ga ada. tapi gw liat tulisan gerbong 9. Weleh, berarti gerbong 1 nya di ujung satunya, banyak juga ampe 12 gerbong. Yauda gw jalan lagi. Masuk, gw mulai liat2 lagi, sama, gw bingung nomornya di mana, belakangan gw baru sadar kalo ternyata nomornya ada di sisi bawah, samping handle kursi. Pantesan susah liatnya, gw kira di sisi atas.



Gw mulai nyari nomor 9 setelah mulai sadar nomornya di bawah. Dari gerbong gw naik nomornya gede menurun, jadi nomor 9 harusnya di sisi satunya. Gw jalan sampai akhirnya gw melihat bapak2 di nomor 10. Gw iseng tunjukkin tiket gw, trus dia ngeliat, dan dia angguk2 sekalian nunjuk nomor kursi di seberangnya. Ternyata gw bareng bapak2 itu, dia orang Thai, jadi gw ga gitu banyak ngomong, takutnya dia ga ngerti.

Kereta nya lumayan bagus, tapi ga banget lah. Yang canggih sih ada sensor di tiap pintu pemisah gerbong, tapi ada yang ga jalan juga, gw sempet kejepet soalnya. Kalo sleeper, ternyata kita dapet kursi dua sekaligus, kiri kanan, jadi bisa taruh tas kita di samping. Gak sesuai impresi gw sih, kirain kaya kabin2 gitu, yang tiap kabin ada wc nya, soalnya kalo dipikir ini lumayan mahal juga. Yah setidaknya ini ada AC nya, sayangnya duduk gw ga searah ama gerak kereta, jadi view gw ga gitu enak.

Ada tempat buat taruh barang di bawah kursi dan di atas seperti rak. Di dekat jendela juga ada gantungan yang fungsinya selain buat gorden, juga bisa buat taruh kantong kresek, gw gantung air mineral gw di sana. Di tengah2, ada tempat taruh gelas empat biji. Meja makan di simpan di bawah pijakan kaki, yang bisa di pasang kalo mau makan. Kasur di atas ditutup pake semacam sabuk pengaman, gw liat di sisi kursi ada tangga pendek buat naik.

Kereta jalan relatif tepat waktu. Di jalan ada yang nawarin minuman, bagiin menu. Gw sempet minta yang bahasa inggris tapi sepertinya habis.  Sekitar sejam setelah perjalanan ada petugas yang mengecek tiket. Ga lama gw sempet ke gerbong makan buat minta menu bahasa Inggris, tapi berhubung gerbong makan relatif penuh, gw balik ke gerbong gw lagi.

Jam 19 an seberang gw udah mulai mau tidur, yauda lah lagian liat jendela juga udah ga keliatan apa2. Kebetulan seberang gw ada yang rakit kasur. Seberang gw kemudian nanya gw udah mau tidur? Yauda gw mah terserah, kemudian dia minta kasur dirakitin. Gw sih rencana mau dinner. Abis dirakitin, gw ke wc kemudian jalan ke gerbong makan, kayanya sih gerbong 7-8 deh. Tempat makannya agak rame, kursinya 2- berhadapan. Gw liat ada yang cuma satu orang doank yang duduk. Gw tanya dan sepertinya kosong, jadi gw duduk di seberangnya.

Dari awal gw rencana mesen paket semacem seafood+pork platter 180B. Yauda gw pesen itu. Minumnya gw bingung, awalnya sih gw mau soda, tapi pas gw tanya kok dia bilang no soda. Yauda mau ga mau gw pesen bir. Gw pesen Leo, ya karena gw udah pernah nyoba Singha aja sih, dan kebetulan Leo lebih murah 10B, 130B. Cuma pas gw liat ternyata sizenya lebih kecil.

Makanan gw awalnya dateng duluan. Gw mulai makan, ya emang ini bukan platter goreng, tapi rebusan, jadi agak tawar, cuma dikasi semacam kuah pedas. Emang ditulis sih spicy, tapi gw ga nyangka segitu pedesnya. Asli pedes banget. Gw aja ampe keselek dan terbatuk2. Si waiter cekikikan gitu, gw ga tau gara2 dia pikir gw ga minum bir karena awalnya gw mesen soda, atau gara2 dia tau orang asing yang mesen tuh menu nasibnya sama kaya gw. Kepedesan.



Untungnya ada bir dengan es batu, sehingga pedes gw mulai ternetralisir. Karena sebrang gw udah berbaik hati ngajak gw duduk bareng dia, gw mulai making conversation. Gw tanya apa dia orang Thai, ternyata iya. Bahasa Inggris dia agak kacau dan gw agak sulit cerna. Dia juga nangkep gw agak sulit. Kadang2 geleng kepala. Dia juga nanya gw asalnya dari mana, dia pikir gw orang Malay, gw bilang gw orang Indo. Gw cerita kalo gw pergi dari Indo, Singapura, Chiangmai, Bangkok, dan sekarang menuju Butterworth.

Dia cerita macem, nyaranin gw ke Mae Hong Son, Ubon Ratchamani, satu lagi gw lupa. Gw bilang ok2, next time. Gw liat dia udah minum bir 2 botol, trus nambah bir ketiga. Gw yang makan kepedesan, ga kerasa minum bir ampe habis. Ga lama dia mesen semacem sosis gitu, trus ngasi tangan, ya ngarti gw maksudnya nyuru gw nyoba. Gw rasa dia tau kalo gw kurang cocok ama makanan yang tadi gw pesen. Gw panggil waiter, trus minta dia kasi gw sambel yang wajar aja, kaya seberang gw.

Masi ngobrol2, seberang gw tuang bir nya ke gelas gw. Yauda gw bilang khop khun2. Minum2, ga lama nambah botol keempat. Terus ngobrol walaupun rada lost in translation, tapi sepertinya dia cukup menikmati ngobrol dan minum2 bareng gw.

Cerita2, dia bilang kalo dia dari Stasiun. Sam Sit, abis Hua Lamphong katanya. Gw tanya dia di gerbong berapa, sambil nunjuk depan atau belakang, dia bilang two. Gw bilang kalo gw di tiga. Dia juga bilang namanya Utt, gw bilang nama gw Victor. Gw nyicip sosis yang dia pesen, rasanya aneh banget. Ga cocok ama lidah gw. Gw juga nyoba sayur2 nya, satu kaya bawang merah tapi rasanya kaya jahe, satu lagi kaya bawang putih tapi aneh juga rasanya. Yang paling bener ya kacang.

Kita ngobrol2 ampe sekitar jam 21.00, di mana botol keempat dia akhirnya habis. Dia bilang habis ini mau tidur. Yauda gw bilang ok2. Ga lama dia manggil waiter, trus dia pake jari nunjuk muter. Wah gw ngarti nih. Dia mau bayarin semuanya. Si waiter agak2 gimana gitu, ya gw juga jadi rada ga enak, wong makanan gw juga relatif mahal. Trus si waiter mulai ngitungin. Gw ga tau totalnya berapa, tapi Utt bayar 1.060B dan bilang pake isyarat yang artinya ga usah pake kembali. Si waiter kop khun ama dia. Ya kalo gw itung sih; 4x140B + (130B+180B) punya gw jadi 870B, dan dia yang pesen makanan 2 piring mungkin sekitar 90B per porsi, jadi total 1.050B.



Gw kop khun ama dia, trus dia pake isyarat yang artinya no problem. Trus dia ngajak gw toast 2 kali, dan toast terakhir kita abisin minuman kita. Abis itu kita jalan balik ke gerbong. Karena dia gerbong 2 tentunya dia jalan arah yang sama dan lewat gerbong gw. Pas nyampe gerbong gw, gw bilang aja kalo gw di sini.

Jujur aja gw jalan udah ga gitu stabil. Gw ke wc dulu. Abis itu gw naik tangga buat tidur di atas. Tapi gw ga langsung tidur, gw nulis dulu biar ga lupa. Sekali gw balik ke wc lagi asli minum 4 botol bir itu sama aja 1 hari minum. Gw juga minum sekitar 1 literan. Makanya gw jadi rada sempoyongan a.k.a. mabok. Kelar nulis gw mencoba untuk tidur.

Sampai akhir masih ada 2 benda yang ga berhasil gw temuin selama di Thai, DVD box Suck Seed dan sate ikan. Ternyata sate ikan lumayan langka, ini bukan dagingnya tapi kaya ikan2 kecil yang biasa pake sambel balado, cuma disate.

Gw menyarankan supaya beli tiket 3 hari sebelumnya, pilih kursi di bawah. Biar lebih mahal ga bakal nyesel, soalnya di atas ga ada jendela, ga perlu naik tangga, ga duduk lawan arah, dan ga gitu sempit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar