Sabtu, 06 Agustus 2011

Day Four+: Chiangmai-Chiangrai-Maesai-Bangkok

Jam 06.30 gw bangun. Masih agak pegel2 sih, tapi udah mendingan. Gw langsung cuci muka. Gile, telapak kaki gw sakit bener. Handuk gw masi di luar, jadi gw blom mandi dulu. Gw beres2 barang, ga lama pintu belakang dibuka. Lanjut gw mandi. Kelar beres2, gw keluar kamar eh kebetulan si ibu ada. Gw tanyain baju gw yang kemarin di cuci. Total 20B, itu 3 kaos, 1 kaos kaki, 1 kolor & 1 celana pendek. Ya murah lah.

Gw bilang ke dia kalo gw mau ke Doi Suthep trus ke Mae Sai. Dia suru gw naek ke arah zoo dari jalan Huay Keow, 20B, trus lanjut naik yang ke atas. Kalo mau ke Mae Sai dia bilang naik dari Chiang Mai Arcade. Yauda akhirnya gw pamit ke dia, waktu menunjukkan pukul 07.00. gw bilang kapan2 gw bakal ajak temen2 gw ke ISRA lagi.



Gw lewat shortcut, langsung keluar di Huay Keow. Gw nunggu songtheaw yang lewat. Ga gitu lama, songtheaw muncul. Ga ada yang naik, gw bilang aja ke zoo ya, 20B. Oke langsung naik. Ternyata zoo ga gitu jauh dari CMU. Nyampe zoo gw liat ada songtheaw yang udah nunggu. Kalo kemarin 50B, dari zoo 40B up/down. Masalahnya. Ini sama kaya kemaren, kudu penuh dulu dan kali ini belum ada orang. Gw ngaso bentar, eh ga lama si sopir manggil gw. Ternyata ada 3 orang cewe yang mau naik. Lumayan udah empat, tapi ternyata si cewe pengen langsung naik sekarang, si sopir bilang 60B kalo berempat per orang/arah. Ya gw sih tadinya mau nunggu lagi, ya mumpung masi pagi juga. Tapi si cewe pengen sekarang, salah satu dari mereka agak lumayan bahasa Inggrisnya, dia bilang kalo nunggu penuh mah bisa sejam. Yauda gw bilang up to you lah. Ga gitu kerasa sih mahalnya daripada kaya kemaren.

Ga lama songtheaw nya jalan. Tapi ga gitu jauh berhenti lagi. Di jalan gw liat ada yang sembahyang ampe sujud2 di depan biksu. Ada banyak biksu yang lagi jalan ke atas, tapi kayanya sih ga jalan ke Doi Suthep deh. Tiga cewe itu doa dulu ternyata. Gw nunggu dulu di sonjgtheaw sambil foto2 perimeter. Mereka beli bunga dan hio dulu. Ada 5 menit kali mereka sembahyang, trus ikutan sujud depan biksu. Weleh gw ga ngarti dah.



Lanjut akhirnya songtheaw jalan lagi. Awalnya gw kira mereka turis juga, ternyata mereka dari Bangkok. Gw iseng2 nanya tadi ngapain, ya dijawab cuma sambil pake bahasa Thai juga ya gw juga bingung. Di jalan gw ngobrol2, namanya Pat, yang dua lagi U dan Tai. U agak gemuk, dan Tai itu adenya Pat. Kalo Pat kurus banget, gw liat dari kulitnya ampe nembus urat2nya, buset dah.

Mereka udah pada kerja, jadi ya umurnya harusnya emang setara atau lebih dari gw.

Jalannya berkelok2, gw sih ga menyarankan ke sini tanpa sarapan kaya gw. Jadi mual. Di jalan gw liat ada beberapa bule yang naik ke atas pake sepeda.



Deket mau Doi Suthep nya ada air terjun kecil. Ga lama kita nyampe di atas, sekitar 20 menitan lah.



Tangganya lumayan banyak ke atas nya. Stau gw sih ada lift gitu, tapi gw ngikut aja dah ama yang udah pernah. Naik tangga lumayan juga gw ampe keringetan. Akhirnya nyampe juga ke Doi Suthep nya. Di depannya sih ada tulisan kalo turis bayar 30B. Gw blending mode on aja ama yang lain. Haha.



Pat Nyuru gw lepas sendal di rak gitu. Mereka pada beli bunga, hio dan lilin sepaket 10B.

Akhirnya gw masuk, ternyata ga gede2 amat. Warnanya emas, tapi ya ga solid. Gw agak bingung kok ada kursi2 dan tenda. Gw tanya Pat ini ada event ato emang begini tiap hari. Dia bilang kalo hari ini ada acara Bank of Thailand. Mereka doa dulu, Pat nyuru gw muter2 dulu aja, yauda gw muter2 foto2. Di belakang Doi ada view Chiangmai yang bagus, tapi agak berkabut sih.



Abis muter2 gw balik lagi ke tengah buat ketemu si Pat. Dia masih doa ternyata. Abis kelar, dia muter2 Doi nya 3 keliling, sambil bawa kertas, macem doa kali ya. Gw nanya tapi ya ga ngarti juga pas dia jelasin. Gw liat sih selain muter, orang lain ada yang masang lonceng di Doi nya. Ga ngarti buat apa. Ga lama akhirnya kita turun dari Doi.

Di bawah gw kira kita mau langsung balik, ternyata si cewe2 pada ngemil buah. Gw ga tau buah apaan. Gw ikutan beli aja, sekalian nyoba. Harganya 20B. Gw kasi duit 1000B, si Pat bilang jangan yang itu. Ya gw sih maksudnya emang pengen nuker duit. Untung emang gw masi ada 20B, jadi gw kasi aja. Lumayan buahnya enak, manis. Abis beli itu kita balik ke songtheaw.



Karena si Pat ternyata nginep di Nimmarn soi 3, dan gw juga bilang kalo gw dari soi 2, jadi dia bilang kita langsung aja ke Nimmarn, jadi total 140B. Yauda gw ok2 aja walaupun sebenernya tujuan gw ke Chiangmai Arcade. Trus kita turun sekitar jam 09.05. Di jalan gw minta tuker duit ama Pat, soalnya gw ga ada recehan, Pat jadi ngumpulin duit ama temen2nya deh. Gw kasi 1040B, biar dia bayarin gw songtheaw 140B dan ngasi gw 900B. Nuker2 eh tiba2 songtheaw berhenti. Ternyata kita diberhentiin di air terjun. Pat dan temen2nya jadi kesampean deh buat foto2.

Di jalan gw ngobrol2 ama Pat, walaupun agak setengah ga mudeng, gw tanya tinggal di mana. Ternyata dia tinggal deket Chatuchak. Gw iseng deh nanya, minggu ada acara ga? Bisa temenin muter2? Haha.. sayangnya dia bilang agak sibuk jadi ga bisa, ya Pat umurnya udah 32 dan married. Not a chance. Haha.. tapi dia bilang adenya masih single tuh.. jam 09.24 kita lewatin zoo.

Ternyata kalo dari zoo mau ke Nimmarn kudu muter lewat sungai. Jadi agak jauh. Pat tunjukkin ke gw Agriculture Faculty nya CMU. Ga lama akhirnya kita nyampe Nimmarn soi 3. Si Pat bayar pake 1000B gw, ya mana laku, ujung2nya dia jadi ke 711 dulu buat nuker duit. Gw di songtheaw melakukan negosiasi dengan si sopir buat nganter gw ke Arcade. Dia minta 100B. Males lah gw orang sebelumnya gw nanya cuma 70B. Gw bilang 70B aja. Dia minta 80B. Males gw, tapi akhirnya dia mau juga. Dia bilang kalo 100B lewat highway. yah gw mah yang penting nyampe.

Akhirnya gw berpisah ama mereka bertiga. Ya gw sangat berterima kasih ama mereka. Songhteaw pun jalan lagi. Lewat utara Old City. Ya lumayan jauh juga ternyata. Gw diturunin di Arcade. Kali ini beneran di depan terminalnya. Ternyata antrian bis nya beda2 baik rute maupun kelas. Gw ikut antri yang bis regular. Sekitar 5menitan lebih gw ngantri, lalu gw tanya yang ke Maesai, ternyata baru berangkat jam 12.30, buset dah itu mah kelamaan. Tadinya gw udah mau giveup lanjut ke Bangkok aja, tapi ya pantang mundur, gw ikutan ngantri di yang AC sekarang. Di depan gw entah turis dari mana, dia malah nunjuk2in kamus, kayanya sih lonely planet phrasebook. Yaelah, si mbaknya ngerti juga kali bahasa inggris.



Pas giliran gw, gw tanya yang Maesai. Sama aja jawabannya, 12.30. Yah gw kan pengen yang cepet. 10.30 gw tanya, katanya ga ada. Ujung2nya naek yang 11.30 tapi itu nyampe Chiangrai, cuma 132B (bandingin ama tuk2 dan songtheaw), lama perjalanan sih harusnya sekitar 3 jam. Beda dengan di Indonesia. Di sini beli tiket bis aja digital. Jadi nanti ditunjukkin mau duduk di sebelah mana di layar komputer. Yang reguler juga sama aja. Walaupun kenyataannya sih pas di jalan ngangkut penumpang juga.

Sependengaran gw sih loket yang Maesai reguler bilangnya 230B. Padahal itu regular, apa gw salah denger kali ya. Dia nanya gw asalnya dari mana. Kata dia sempet ada orang Indonesia juga cuma ga bisa ngomong inggris, padahal si penjual tiketnya mah ngerti inggris..

Jam 10.30 gw kelar beli tiket. Gw beli makanan dulu. Gw beli sate2an ampe 70B, ayam, ikan, babi ampe bacon gw beli. Harga disini agak lebih mahl sih daripada di pasar2. Gw juga beli nasi ayam 30B buat jaga2. Minum gw beli Singha beer 38B ama air mineral, 10B.

Bis jalan telat 2 menit, ya wajar lah. Bis yang gw naekin sih relatif standar, ga beda2 amat ama yang di Indo. Gw simpen tas gw di bagasi, nanti kita dikasi. Semacem tanda gitu warna ijo, di tas dan di tiket kita. Gw masuk ke bis, gw liat di atas kepala masih ada bagasi. Jadi sebenernya sih ga harus taro bagasi. Gw duduk sebelah anak muda, sepertinya Thai. Jarak antar bangku lumayan gede. Setidaknya lebih gede dari pesawat Airasia. Di belakang kursi ada kantong seperti bis Primajasa, yang beda di sini ada tempat minum.

Cuaca agak mendung di luar sana. Jam 11.50 gw liat papan Chiang Rai 169 km. Jaraknya berarti lebih jauh dari THI ke Bandung, tapi tarifnya sama. Berarti ini lebih murah.

Gw tidur di bis, nyaman juga. Jam 12.30 gw bangun. Jalanan nanjak bener dan bus nya agak ngeden2. Sempet bis nya mundur, astaga. Serem juga. Cuaca masi tetep mendung walaupun ga ujan. Gw jadi bingung gimana ke Bangkok nya. Ini mah ke Maesai kayanya udah kesorean juga. Tapi nanggung juga udah naek bis ke utara.

Di jalan gw liat ada beberapa tempat pemberhentian dan tukang jualan. Gw sebenernya masiih bingung ini sepertinya sih highway tapi ada motor juga. Yang jelas jalannya bagus, di banding Cipularang. Di beberapa spot ada orang yang lagi benerin jalan. Karena relatif lancar kecepatan bis mungkin bisa diatas 80km/jam.

Pemandangan2 seperti bukit, Wat; sawah ampe rumah2 dan restoran bisa diliat sepanjang perjalanan. Ada bangunan yang agak aneh2, ada juga yang lagi membangun. Jam 12.55 kita berhenti dulu di semacem terminal, gw ga tau tepatnya di mana. Yang jelas terminalnya kaya yang di Pantura lah. Ada yang jualan makanan, snack2, bapau. Gw ga beli sih, turun cuma liat2 aja, abis itu naik bis makan nasi ayam yang tadi. Sekitar 5 menit bis nya jalan lagi.



Sebenernya jalannya ga gede2 amat, tapi mobil tetep lancar jalannya. Padahal kalo di kota, di pinggir jalan juga umumnya di parkir mobil. Emang angkot sebenernya masalah Jakarta yang perlu dibenahi. Tapi ya itu, di sini relatif mahal juga naik songthaew, soalnya jarang yang naek, jadi ya sistemnya lebih kaya taksi sebenernya.

Gw tidur lagi, terakhir gw liat tulisan Chiangrai 50km. Jam 14.20 gw bangun lagi, ternyata ujan. Wah ini mah perkara namanya. Yauda paling banter2 gw cuma ngaso di Chiangrai trus naik bis ke Bangkok.

Jam 14.40 gw nyampe Chiang Rai Terminal 2. Gw liat kok ga semuanya turun. Ya gw ga ikut turun lah. Nyampe ga nyampe Maesai paling ga gw naik bis ini sampe ujung biar ga rugi.. 55

Lumayan jauh juga ampe akhirnya nyampe terminal satu lagi, kira2 jam 15.00. Di jalan lewat Central Plaza. Chiangrai jalannya lebih gede ketimbang Chiangmai. Sampe terminal gw rada kesel, tas gw yang ditaro bagasi basah. Tau gitu mah ga gw simpen di bagasi.

Terminal yang ini kayanya lebih kaya terminal provinsi. Ada jurusan Maesai, Chiang Saen. Gw muter2 dulu bentar sampe akhirnya naik bis jurusan Maesai yang reguler. Ga lama, sekitar 15.10 bis nya jalan. Gw liat di terminal sih tarifnya 33B. Pas jalan si ibu kondektur narikin duit, gw kasi aja 2x20B. Ternyata cuma kembali 1B. Lama juga perjalanan, gw kira sesuai yang di papan 1.30 jam, tapi ya gw maklum lah abis cuacanya rada ujan.

Beda bis reguler di sini, ada bel nya. Sama sih songthaew juga ada di atas2 nya, kalo ini di pintunya. Prakteknya bisa turun di mana aja sih. Tapi yang menarik, ternyata mereka nerima ngirim barang juga. Nah yang lucu mereka anter cuma sampe depan jalannya doank. Gw liat si ibu kondektur taruh semacem spare part mobil di atas tong.



Awalnya bis jalan pas semuanya duduk. Di jalan nambah2 ada yang berdiri juga. Di jalan, ada seorang pemuda yang minta berhenti bentar. Dikasi gan. Entah mungkin dia ambil apa gitu di salah satu rumah di pinggir jalan. Ditungguin ama sopirnya. Bentar sih, tapi kaget juga gw.

Nyampe terminal Mae Sai jam 17.00. Ujannya tiba2 deres lagi. Yaelah tadinya rencana mau muter2 dulu, gw jadi mengurungkan niat. Di sini ternyata ada bis tujuan Bangkok juga, gw liat bis2 udah pada mau jalan. Yauda daripada ga jelas mending gw jalan aja ke Bangkok sekarang.

Gw nanya orang beli tiketnya di mana, sepertinya sih supir. Eh dia ga ngarti, no no, yauda gw lanjut jalan. Gw liat sepertinya agak belakang yang jual tiket2, langsung gw cari aja yang keberangkatannya jam 17.00. Ga tau dah yang mana, yang penting jalan. First class katanya, 621B. Yauda lah, gw sikat aja.

Ternyata udah mau langsung jalan. Tas gw diminta lagi buat dimasukin bagasi. Yauda iklas lah, gw juga bingung. Lagian gw emang rencana beli tas lagi. Gw naek bis nya. Dari pintu tengah. Jadi ini bukan bis tingkat, cuma posisinya emang agak atas, jadi bagasinya bisa banyak sepertinya. Di pintu tengah itu ada wc juga. Duduknya sih 1-2, gw kebagian paling belakang. Kursinya ada penampang kaki, trus di depan juga ada kaya besi pijakan.

Ga lama si mbak pramugari manggil gw, pake bahasa Thai meneketehe. Trus akhirnya dia pake bahasa Inggris, taunya dia nanya gw ke Bangkok? Yes2. Ga lama dia ngasi gw minuman kotak ama snack.

Di bis yang agak berkelas emang ada pramugari nya sepertinya. Waktu gw ke Chiangrai juga sama. Selain itu ada kondektur juga. Ga lama gw duduk, ada dua cewe naik juga abis gw. Awalnya tuh cewe duduk misah, tapi si mbaknya sok ide akhinrya nyuru gw pindah ke satu bangku didepan. Yauda lah. Eh taunya bangku ini rada bermasalah. Goyang2. Lah gimana ini.



Lewat gerbang Mae Sai, ada pengecekan. Gw duduk manis aja. Untungnya ga ditanyain. Ada orang deket pintu tengah keluarin semacem surat gitu. Mungkin kaya pengecekan imigrasi perbatasan Laos kali ya.

Sekitar 30 menit ada pengecekan lagi. Kali ini gw ditanya, cuma dia ngomong Thai. Gw kan ga ngarti. Kalo paperwork kaya orang yang dicek gw ga ada lah. Belakangan dia manggil mandornya, ujung2nya dia nanya paspor. Indonesia? Yes. Akhirnya dia turun, dan ga lama bis jalan lagi.

Gw tidur2an aja, biar besok ada energi. Sekitar jam 18.40 gw terbangun. Gw liat ini udah nyampe Chiangrai lagi. 18.45 kita berhenti di Terminal 2 Chiangrai, lama juga hampir 15 menit. Abis itu bis jalan dan kita dikasi air mineral botol 600ml. Di terminal gw ketemu bis yang tadinya pengen gw naikin. Ternyata kalo bis itu emang 2 lantai. Sial padahal gw kan pengennya naik bis tingkat. Yauda dah terima nasib..

Jam 19.05 tv nya muter film thai, kita juga dikasi minum coca cola di gelas plastik kecil, yang banyak es nya sih. Udah macem bioskop aja, depannya ada trailer dulu. Trailernya film baru sih, yang film perang gw liat posternya di KSK, satu lagi film komedi yang main banyak yang mirip Sudkheet Saletpeet. Film yang diputer film anak2 kaya My Girl. Cuma sayangnya subtitile nya bahasa Thai. Terima nasib dah liat gambar doank ama bahasa planet. Btw tv nya ada dua, satu di atas wc, satu lagi di belakang supir.

Waktu menunjukkan pukul 21.40. Gw terbangun dari tidur lagi. Kita berhenti di pom bensin Caltex. Ga jelas ngapain yang pasti penumpang ga ada yang turun dan kita ga ngisi bensin. Perjalanan masih panjang. Kata si mbak penjual tiket sih jam 05.30 nyampe Bangkok, tapi gw rada ragu. Dari Maesai mungkin butuh 14 jam nyampe Bangkok, apalagi kalo berhenti2 ga jelas kaya gini.

Jam 00.40 kita berhenti di pom bensin, yang ada rumah makannya. Ada beberapa bis lain yang juga berhenti di situ. Kita dikasi waktu sekitar 15 menitan. Gw hampir aja salah masuk wc, ga liat kalo yang cowo beda ama yang cewe, untung aja ada ibu2 yang nunjukin. Gw beli sosis lagi, abis bingung mau makan apa. Ada yang jual roti juga sih, tapi gw coba yang beda aja. Gw makan sosisnya di dalem bis. Ga lama bisnya jalan. Eh ternyata dia cuma mundur doank buat ngisi bensin. Nunggu lagi 10 menitan.



Abis itu kita jalan, sekitar 15 menit kita masuk ke Phitsanulok Terminal. Buset dah ini baru setengah jalan. Padahal udah 8 jam perjalanan. Begini mah sepertinya bisa jam 8 beneran baru nyampe Bangkok. Gw sih ngarepnya tidur aja di kamar yang empuk. Moga aja GH di Bangkok yang udah gw spot masi ada yang kosong, kalo ga repot lagi dah.

Kita nyampe di Bangkok Jam 06.00, lewat 30 menit dari jadwal sih. Cuma ya masih wajar mengingat banyak banget bis nya berhenti ga penting. Awalnya gw disorientasi lagi, gw kira bisnya ini berhenti di Terminal Ekkamai atau Hua Lamphong. Taunya bisnya berhenti di Phahonyothin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar