Jumat, 05 Agustus 2011

Day One+: Chiang Mai

Meski pemberangkatan tepat waktu, ternyata pesawat nyampe 25 menit lebih cepat. Padahal cuaca cukup buruk, agak hujan (masih ada sisa gerimis) dan terasa turbulensinya. Walaupun kursinya lebih lega dari Airasia Indo, tapi entah mengapa AC nya panas banget, yang ada malah jadi lembab .

Tiba di bandara pukul 22.35. Langsung antri imigrasi, bandaranya sepi gila, kyna cuma nunggu pesawat gw doank. Ada beberapa antrian, salah satunya ada yang khusus Thai.



Gw ude firasat buruk antrian gw yang jaga buas gan, ditanya2in, ada dua atau tiga yang ditahan. Gw aja sempet diinterogasi, dia kurang yakin nama tempat gw nginep. Pegimane orang lokal kok malah ga tau, wkwk.. sebelahnya mah udah senyum2 aja padahal, trus gara2 dia nanya kan gw jadi agak nyender ke depan buat jelasin, eh dia ngoceh lagi.. katanya you should stand in line.. bleh, banyak bener maunya. Tapi akhirnya lolos lagi, beda di sini bandaranya ga ngecek barang, entah males atau gimana disuru langsung lewat aja.

Nah dimulailah pilot survey gw di Chiang Mai. Lumayan gw jogging ampir dua jam, sampai akhirnya bisa menemukan ISRA.

Pertama keluar bandara gw agak shock. Ternyata jalannya ga sesuai ama yang di peta. Jalan yang mengitari bandara sepertinya private owned, soalnya ada gerbangnya gitu. Ya meskipun gw jalan, gw jadi mengurungkan niat dah, alhasil gw kudu muter lewatin old city wall nya. belokan pertama abis bandara ada flyover nya. Asli gw sih jadi inget Bekasi, kayanya kalo Summareccon ude jadi bakal kaya gitu. Lebar jalannya sama soalnya dan berada di perempatan jadi gw bener2 kebayang Bekasi.



Trotoar di Chiang Mai ternyata kurang ramah pejalan kaki. Gw masi tetep jalan di bahu jalan. Ada yang bergelombang, ketutupan pohon, yah jarang yang jalan juga lagian. Ya setidaknya itu masih bagian kotanya padahal, asli tapi suram banget.

Hal lain yang gw temukan (atau lebih tepatnya gw ga menemukan) adalah tempat sampah. Sepanjang 4 km++ gw berjalan, gw ga nemu yang namanya tempat sampah umum. Ya gw sih liat ada kantong plastik besar di depan2 rumah orang. Tapi masa iya ga ada tempat sampah publik?

Nah yang satu lagi nih yang amazing. Selama perjalanan gw ke ISRA, gw nemu hok (6) 711. Gila aja, itu artinya ga nyampe 1km ada 711, jauh lebih banyak dari Indomaret dkk itu mah. Bener kata Dagor. Tapi, nah ini nih yang bikin gw shock.

Pagi2 gw menemukan 711 ga jauh dari flyover, gw awalnya ksana nyari simcard Truemove buat internetan. Sebenernya malah nemu kantornya cuma ya udah nutup. Gw iseng liat minuman soalnya lumayan haus juga gara2 pesawatnya lembab. Gila harganya cuma 10baht an. Murah bener.. itu ukurannya udah lumayan, coba kalo beli di 711 jakarta mana ada minuman dibawah 4rb. Itu sih ga bikin gw shock2 amat, masalahnya tuh pas gw minta simcard. Si mba n mas nya asli ga bisa Bahasa Inggris, gw ampe bingung jelasinnya, gw bilang simcard. Pertama dia ngasi sim hadiah snack gitu, dia copotin trus bilang 2 baht (atau 20baht gw lupa), tapi yang gw cari itu simcard buat internetan, jadi gw jelasin lagi 3G dkk. Gw sebut internet baru mulai agak mudeng dan ternyata dia punya stoknya. Entah apa dia ga tau Facebook juga jangan2. Sayangnya gw nyari paket yang ada di situs Truemove dan dia ga punya, jadi ujung2nya gw ga beli dah, cuma beli minum doank. Nah ini yang heboh lagi. Duit gw pecahan 1000, sedangkan itu minuman harganya cuma 18! Shock gw cem beli permen pake 100ribuan. Kalo di Indo mana mau Indomaret ngasi kembalian, tapi gw dikasi bo! Padahal ude bawel nanya2 simcard. Mungkin dia males gara2 ga ngerti juga jelasinnya kali ya.. haha.. ini bisa jadi pelajaran bahwa orang Thai agak susah bahasa Inggris, ga heran artisnya juga kaku2 ngomong English, wong naek Airasia aja kerasa bener cengkok Thai nya.

Sepanjang jalan gw agak sedikit disorientasi skala, agak kaget ternyata gede juga.. haha.. lanjut gw jalan ampe ketemu old city wall, persis kaya di Wikitravel & Suck Seed! Ada beberapa bule yang jogging & nongkrong, yah setidaknya ada tanda kehidupan.

Lanjut gw jalan ampe salah belok ke jalan Suthep, tapi pantang mundur gw jalan terus ampe akhirnya mulai jalan Nimmenhaeminda (gw ga tau nama jalannya yang bener apa, ada yang bilang nimmarn soi, nimmanhaem etc). Sesuai dengan yang gw baca itu kawasan gaul anak2 muda Chiang Mai. dugem sih bukan, lebih mirip kafe sebenernya. Ga lama gw nyampe jalan utama Nimmana Haeminda, agak gede gan dan di sini ada 2 711 dengan jarak 100 meter.. jadi ngarep kapan buka di Bekasi.. haha

ISRA ga jauh dari jalan itu. Jeleknya ternyata gw salah bikin titik GPS nya. Salah gang, gw masuk gang ude kaya lorong apa tau. Gelap gulita, pas diujungnya ada banyak anjing yang mengaum. Untungnya gw tau anjing ga pernah gigit. Jadi gw jalan aja terus, gonggong2 dah. Tapi ampe mentok ternyata ya ga ketemu, wong asli itu jalan ga ada tanda kehidupan macem jalan titian lah, dengan efek gelap gulita dan kebon2.

Gw buka sumber peta aslinya, mana batre ude tinggal 5 persen. Pas gw liat ternyata titiknya ngadep ke gang sebelahnya.. aaargh.. tadinya gw juga udah firasat kyna sebelah situ. Gw masuk jalan tersebut, agak hopeless lagi sih, cuma ternyata nyampe ujung ketemu rumah yang depannya ada tulisan ISRA. Di depannya ada bell jadi gw pencet deh. Sekali, gw tunggu bentar ga lama ada orang di pintunya. Keliatannya seperti pembokatnya itu sih. Gw tanya aja masi ada kamar ga. Trus dia masuk lagi. Hmm, dia lapor dulu ama mandornya nih, di benak gw. Bener, ga lama nyala lampu kamar dan ada ibu2 yang keluar. Gw liat ibu tersebut mirip ama yang difotonya. trus gw tanya masi ada kamar, dan dia bilang ada! Oh Thanks God, gw ude encok. Bukan cuma encok gw juga kebelet kencing, gw lupa mau kencing di bandara gara2 petugas imigrasinya rewel.

Si ibu cukup fasih ngomong bahasa Inggrisnya dan enak (nyambung). Ternyata rumahnya dia justru di belakang, di bagian depan, malah kamar2 kaya kosan. Seperti dugaan gw, satu kamar isinya 2 single. Yasud lah gw ude ngantuk n cape gila.



Gw beres2, nge charge hape, aktifin wifi, eh taunya nemu wifi gratisan.. haha.. walaupun sinyalnya kecil banget tapi lumayan lah..

Menghabiskan waktu buat ngetik, cape juga gw. Waktu uda menunjukkan pukul 02.05. Istirahat dah gw. Besok kudu hunting sendal atau sepatu nih.

End of Day One+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar