Senin, 15 Agustus 2011

Day Thirteen: Genting Highlands



Gw bangun jam 05.30, langsung morning call. Gw liat salah satu bule lagi sikat gigi di luar. Beberapa bule yang gw ketemu emang biasanya udah bangun pagi2. Gw iseng2 browsing Genting. Gw liat2 ada apa aja di sana, hmm.. sepertinya worth to try. Ada paket 47RM ke sana pp termasuk antara day pass Outdoor Park, atau Lunch di Coffee Terrace. Namanya Golden Package. Gw liat ada yang berangkat dari KL Sentral, paling pagi jam 07.00.



Gw langsung mandi. Kelar, gw tiba2 inget, kalo deket gw kan ada Stasiun Puduraya juga. Gw buka lagi situsnya, ternyata ada bis yang berangkat dari situ juga. Harganya sama, dan ada yang 06.30 paling pagi. Masih setengah jam lagi, kelar beres2 gw langsung jalan.

Sama seperti biasanya, di depan Monkee Inn udah rame ama yang jual barang bekas. Gw jalan, sekitar 10 menitan nyampe terminal. Loketnya ada di lantai 1, jadi harus naik dulu dan letaknya di ujung berlawanan ama arah datang gw. Naik, gw agak bingung banyak loketnya. Ada yang nawar2in tapi ga separah di Butterworth, cuma teriak2 dari loketnya aja ga sampai dateng2in orang.

Agak bingung gw kemudian ngeliat counter informasi. Gw tanya ke genting yang mana, 27 dia bilang. Gw jalan ke sana, liat ada papan kecil di loket, ada tulisan 08.30. Gw tanya ama mbak2nya, 06.30? Sudah penuh jawabnya. Yauda gw beli yang 07.30, Golden Package. Kita dikasi tiket berjejer yang intinya sih tiket bis, skytrain dan tiket outdoor park/lunch. Kita ditanya mau balik jam berapa, awalnya gw bilang jam tiga, tapi dia bilang harus turun jam 2. Gw baru inget katanya skytrain jalan tiap 45 menit. Bener juga sih, gw pikir2 akhirnya gw pilih balik jam 15.00 aja.

Karena masih lama gw balik ke arah hotel. Mau cari makan di kedai2 cina, kemarin gw sempet liat ada yang rame. Akhirnya gw iseng nyoba economy noodle. Gw sempet liat di Penang tapi ga nyoba. Gw ga tau berapaan, tapi gw ambil 3 lauk total 4.2RM. Mie nya lumayan banyak, gw aja ampe ga abis. Masalahnya ya mie nya ga gitu berasa apa2. Lauknya gw ambil yang goreng2, seret juga, mana ga dikasi minum. Gw liat sih orang2 ada yang minum teh di gelas plastik, ga tau ambil sendiri apa bayar, yauda lah gw nanti beli minum di 711 aja.



Kelar makan gw jalan ke 711. Mau big gulp tapi es nya ga ada. Wew.. liat2 minuman di cooler tapi kok ga ada yang dingin. Ckckck.. tapi karena haus, gw beli big gulp Revive aja. Biasanya kan dingin dikit biar ga pake es. Gw bayar 2.4RM, lalu gw coba.. loh kok.. rasanya air? Gw komplain donk. Ternyata iya sepertinya ada kerusakan. Gw nunggu, ada kali 5 menit lebih, sampai akhirnya dia nyerah dan nyuru gw ambil minuman yang lain aja. Yauda gw ambil 7up. Wew, ini ga ada dingin2nya, tapi yauda lah.

711 di sini jual benda2 cukup mahal, beda banget ama 711 di Thai yang murah2. Eno ama Watsons & Guardian aja lebih mahal 30sen, panadol effervescent 4s lebih mahal 60sen atau hampir 30persen, padahal itu harga di Watsons yang buka toko di Mall.

Gw lanjut ke Puduraya Terminal. Jam masih menunjukkan pukul 07.00. Gw iseng naik ke loket2 lagi, dan menemukan bahwa ada satu bus yang menuju ke KLIA, Star Shuttle. Harga tiketnya 12RM. Gw ga beli tiketnya sih, cuma minta leaflet nya aja. Paling ntar pulang dari Genting baru beli.

Gw turun ke tempat nunggu, halte 13. Jam 07.18 gw turun ke haltenya. Masih blom buka pintu bis nya. Gw liat ada orang yang juga udah pada nunggu. Pas bis dibuka, tiba2 orang2 udah pada ngantri masuk bis. Eh? Biasa aja kali, perasaan bukannya ada nomornya ya.

Gw ga merasa ada yang janggal, sampai akhirnya gw liat ada sekelompok orang yang berdiri di depan bis mobil. Kenapa nih? Gw coba ngobrol ama sopir bis yang juga selaku kondektur yang ngambilin tiket tapi diacuhin. Lah? Pegimana ini. Gw berdiri2 dulu aja, lagian masih beberapa menit lagi sebelum bis berangkat. Tiba2 ada bapak2 yang datang dan ngeluh ga kebagian.



Eh? Udah penuh? Lah gimana cerita? Gw kemudian tunjukin lagi tiket gw ke si sopir, dia mulai ngeh, kalo tiket gw ada nomornya. Lalu dia masuk ngecek kursi sepertinya. Ga lama gw liat ada nenek2 yang dia suruh turun, dan akhirnya gw berhasil mendapatkan kursi.

Oke gw mulai ngerti, jadi sepertinya pembelian tiket bis ini ada macam2, gw liat ada yang tiket biasa, dan ga ada jam nya. Nah ini nih yang kudu buru2 ngantri. Lalu ada juga yang bundle kaya gw, cuma agak lebih lebar, ga tau deh itu paket apaan, setau gw satu lagi paket naik skytrain doank soalnya.

Bis nya 2-2, ya segitu aja bis udah penuh. Ga lama bis jalan, tepat waktu. Masuk highway, dan jalannya makin lama makin nanjak. Perjalanan selama 50 menit hingga akhirnya nyampe Genting. Bis parkir di B4, kita kudu naik ke lantai 3 buat naik skytrain. Ternyata skytrainnya itu macem gondola. Tapi panjang banget, ada kali 10 menitan tapi ga gitu banyak pemandangan sih, utan aja gitu.



Gw muter2. Ternyata emang ga gede2 amat. Nyambung2 sih tempatnya dan ada beberapa tingkat, cuma pas nyampe Plaza nya gw kaget ternyata cuma segede gitu doank.



Plaza nyampur sama indoor park. Ripley, teater 4D dan rumah hantu, serta bowling, panahan dan tembak2an ada di situ semua. Muter2 sebentar, tau2 gw udah mengelilingi semuanya. Waktu masih jam 10. Gw mulai nyari2 Coffee Terrace di mana, ternyata ada satu lantai di atas lorong menuju Skytrain. Hmm. Masih sejam lagi killing time ngapain ya.



Gw turun dan ngeliat ada satu rute Skytrain lagi, Awana. Gw baca dan ternyata rute itu ngelewatin Chin Swee Temple. Tarifnya 5RM kalo ke Awana, tapi kalo ke Chin Swee cuma 3RM. Murah, yauda coba aja daripada bengong. Gw beli tiket dan nunggu Skytrain. Beda ama Skytrain Genting, yang ini cuma buka Sabtu Minggu dan hari libur, keretanya juga cuma satu dengan kursi yang muat 8 orang, sedangkan sisanya berdiri. Gw ga tau pake jadwal atau nunggu penuh, keretanya sebenernya udah ada. Ga lama kereta jalan, perjalanan sekitar 5 menitan.



Nyampe sana ada banyak benda, pagoda, patung entah siapa, kuan im, budha, Journey to the West alias Sun Go Kong di bagian paling atas. Yang paling menarik di sini adalah jalan menuju kebajikan, di mana divisualisasikan melewati 10 tahapan neraka dengan adanya patung2. Ada juga hall di bawah cuma gw ga masuk. Ga lama, waktu tau2 udah menunjukkan pukul 12.55. Gw langsung jalan ke arah stasiun Skytrain lagi. Beli tiket, 3RM juga, sebenernya bisa beli tiket pp waktu di atas dengan total harga yang sama.



Nunggu, kali ini keretanya belum datang. Tapi ga gitu lama kereta datang langsung jalan lagi. Nyampe atas gw langsung jalan ke Coffee Terrace. Masuk dengan ngasi kupon, si mbaknya bilang sesuatu ke gw tapi gw kurang gitu jelas dengernya. Tapi sepertinya maksud dia sih makannya cuma bisa sekali masuk, ga boleh keluar masuk lagi.

Di sini ada bermacam2 stall makanan, enam sih tepatnya. Minuman cuma dikasi air putih dan kopi/teh, tapi di sana ada bar juga, jadi kalo mau minuman beralkohol sih bisa mesen terpisah.

Gw makan ampe empat ronde. Ronde pertama gw ambil 3 piring. Chinese macem dimsum, kakap merah gw ambil. Japanese gw ambil sushi, dan bola2 gitu. Western, gw ambil steak, mulai dari sirloin, ikan salmon sampe ayam bakar gw ambil. Di West Asian gw cuma ambil semacem opak gitu soalnya yang lain kuah2 kari gitu. Makanannya sih biasa aja menurut gw. Yang paling cocok buat gw sih salmon nya. Ada rasa, tapi ga terlalu menonjol dan ga amis.



Ronde kedua gw ambil kuah2, miso soup dan yong tofu yang warna warni, ga banyak, cuma nyoba aja. Gw juga ambil chinese tea, atau disini dikenal kuan yin tea. Agak sok ide sepertinya soalnya teh nya pahit bener. Tapi bagus lah buat menetralisir eneg gw ama beberapa jenis makanan tadi.

Ronde ketiga gw udah mulai ambil desert. Gw ambil frozen tiramisu, puding, buah jambu dan gw coba ambil bumbu rujak keringnya. Rasanya agak amis, mungkin ada campuran juhi nya. Gw juga ambil es krim, 2 scoop. Biasa aja, tapi yang enak itu semacem kue desert di depan stall es krim. Ada rasa cinammon nya, dan cocok di lidah gw.

Ronde terakhir, karena gw blom ambil makanan dari stall Nyonya, gw nyoba sate. Niatnya sih minta 3 doank, tau2 dikasi 5. Wew. Moga aja masuk di lidah gw. Gw juga ambil kue brownies dan tiramisu, dan ambil kopi secangkir.

Istirahat sebentar karena lumayan kenyang juga, ga lama gw ke toilet dan meninggalkan restoran. Waktu menunjukkan hampir jam 13.00 Gw jalan ke arah Skytrain balik. Ga pake ngantri, dan ga pake nunggu. Memang sih gw baca ada tulisan 45 menit gitu, cuma gw ga ngarti maksudnya apa, mungkin karena emang gw muncul pada jam yang tepat atau itu berlaku hari biasa aja.



Turun, gw liat2 barang yang dijual di sepanjang jalan keluar. Ada makanan2 kiloan. Rata2 6RM/100gram. Juhi gw juga segituan. Jauh lah, gw beli cuma 10RM/.5 kg.

Lanjut jalan gw liat toko yang jual baju Genting Highlands. Gw liat cuma toko itu doank yang jual begituan. Harganya 30RM ke atas. Ya mahal lah, baju glow in the dark yang gw beli di Penang cuma 25RM itu juga ukuran XXL, kalo yang XL cuma 20RM, sedangkan di sini ukuran XL 35RM.

Gw skip dulu, lalu gw turun ke B4 tempat terminal bis. Gw rencananya mau ikut balik yang jam 14.00 aja, males juga nunggu lama2, lagian harusnya ga penuh deh. Turun, gw liat masih blom ada bisnya, nunggu bentar dan sedikit berpikir, akhirnya gw memutuskan untuk balik ke atas dan beli kaos glow in the dark. Yauda ikhlas lah buat oleh2, pikir gw.

Kelar transaksi, gw langsung buru2 turun lagi, soalnya waktu udah menunjukkan pukul 13.55. Turun, ga lama gw liat bis yang berhenti di halte tujuan Puduraya. Gw ke toilet dulu. Gw datengin bisnya, ngasi tiket gw, dan disobek ama si pak sopir dan ngasi gw tangan buat naik. Oke deh, gw jadi bisa memanfaatkan waktu terakhir gw di KL lebih banyak.

Bis jalan sesuai jadwal, masih banyak bangku yang kosong. Gw agak mengantuk tapi ga tertidur. Perjalanan sama seperti tadi pagi, 50 menit. Gw lewatin istana lagi, sayangnya gw ga sempet foto lagi. Ternyata ga gitu jauh dari tempat gw, paling 1-2 km lah.

Nyampe, gw langsung mengarah ke Star Shuttle, mau beli tiket. Nyampe sana, gw kecewa, ternyata belinya harus hari H, no booking. Weleh. Lanjut gw turun lagi, mengarah ke stasiun RapidKL Pasar Rakyat. Pas di tengah jalan gw tiba2 rada males, gw pikir ntar sore aja deh, abis gw rada ngantuk juga. Akhirnya gw jalan balik.

Gw lewat Petaling Street, mau nyari boneka Mr. Bean, daripada ga sempet beli. Tadinya mau ke tempat gw liat kemarin, tapi ada tempat lain lagi. Ada tiga size, gw awalnya tanya yang medium. 25RM. Weks! Apakah!

Dia nanya mau gw berapa? Wah gini2 nih yang gw males. Kudu nawar sadis. Ya gw sebut aja, 8RM. Dia bilang ga dapet, tapi dia langsung turun jadi 15RM. Gw tetep aja, trus gw liat yang gede. 20RM katanya. Ah mahal amat, gw tawar 12RM. Ga dikasih. Yang medium aja katanya. Ah gw pikir nanggung juga.

Gw naikin jadi 14RM. Dia turun ke 18,17. Gw tinggal jalan, nanti ajalah gw ke tempat kemarin dulu maksudnya buat cek harga. Eh dia manggil gw, 15 aja katanya. Ga ah. Lanjut jalan lagi, eh dia manggil gw lagi, sini2. Akhirnya gw dapet dengan harga 14RM. Ya gw ga tau sih segitu kemahalan nggak, tapi yauda lah, setidaknya gw udah berusaha nawar juga.

Lanjut dari situ gw balik ke arah Monkee Inn. Di jalan gw liat ada yang jual air mata kucing, 1.5RM. Coba lah. Ada agar2nya gitu sih. Gw nyampe Monkee Inn sekitar 15.20. Gw istirahat sebentar sambil nulis2.

Gw jalan jam 16.00 ke Sogo. Waktu turun gw ketemu resepsionis Monkee Inn, dia bilang mau balik, shift kerjanya sudah usai. Tadinya dia mau naik RapidKL dari Pasar Rakyat, tapi karena gw bilang gw mau ke Sogo, dia jalan bareng gw dan naik kereta dari Masjid Jamek. Dia orang Myanmar, umurnya udah 36 tahun, agak kaget gw, soalnya ga keliatan tua2 amat. Dia kerja di Malaysia sejak 2008. Dia ga bisa bahasa Melayu, tapi dia fasih bahasa Inggris.

Gw ngobrol2 dan cerita kalo gw lagi nyari sepatu, gw tadi pagi ke Genting dan kalo KL ini kurang pedestrian-friendly. Nyampe Mesjid Jamek, dia naik ke stasiun, dan gw melanjutkan perjalanan.



Baru aja diomongin kejadian yang sama terjadi lagi, gw jalan tiba2 trotoarnya mentok alias buntu. Yang gini2 nih yang bikin wasting time. Gw muter, dan ujung2nya sih nyampe juga.



Di Sogo gw liat2 sepatu dan tas lagi. Yang bagus2 harganya mahal aja, diskon juga kecil, ujung2nya harganya sama kaya di Indo. Yang menarik gw itu tas Deuter, Sepatu Solomon, dan koper Camel Active. Merumuskan perhitungan, tapi akhirnya gw ga beli apa2.

Gw memutuskan pindah ke Times Square, soalnya kemarin gw liat banyak toko2 tas dan sepatu di sana. Naik RapidKL, gw turun di Hang Tuah, bayar 1.7RM. Jalan dikit, tujuan pertama gw adalah Puma di seberang Times Square. Kemarin gw liat lagi ada promo tapi gw ga sempet mampir. Ternyata isinya ga cuma puma doank, merek2 terkenal ada semua, dan merek lokal juga.

Banyak sepatu yang antik2. Tapi ternyata mereka jualan kaya barang display nya aja. Kalo nyari nomor susah. Puma yang menarik sih Fass, Ducati ama sepatu tinju special edition gitu warna merah. Sayangnya ukurannya 44,5. Fass dan Ducati mahal, 300RM, modar juga beli sepatu nyaris 1 juta.

Ujung2nya di sana gw malah beli tas pinggang botol minum Puma. 59RM, lebih murah daripada Deuter & Solomon yang diatas 100RM. Gw lanjut ke Times Square. Nyari tas, di sini tasnya emang relatif murah karena buatan lokal. Yang bermerek banyakan fake gitu. Muter2, gw jadinya beli tas punggung merek lokal, 70RM.

Gw balik jalan kaki lagi. Sebenernya ga masalah, walaupun kaki gw cukup pegel gara2 di Genting, tapi yang jadi perkara gw pengen pipis. Dari sejak di Sogo, makanya kebelet bener. Jalan terus, ya ujung2nya sih nyampe Monkee Inn. Jeleknya, udah seneng2nya nyampe, wc di lantai kamar gw penuh. Jadinya gw kudu naik ke lantai 3.

Balik ke kamar, gw langsung pake Counterpain terus beres2. Mengubah formasi barang bawaan, cukup lama, sampai sekitar 21.55. Abis itu gw turun, dan menuju Petaling Street buat liat sepatu2. Ternyata pas banget gw keluar orang2 pada pack up. Sepertinya di daerah situ buka hanya hingga jam 22.00, makanya langsung pada beres2 semua toko, yang rata2 merupakan toko portable. Dari lapak dagangan, disulap jadi lemari yang bisa didorong2.

Kecewa ternyata udah pada bubar, akhirnya gw balik. Ada benda yang gw minat sebenernya, wirstband hp. 20RM, cuma gw liat orangnya udah beres2, dan ada pembeli juga disuru dateng lagi besok. Wah gw bingung deh, mana besok gw kudu balik.. selama ini sih gw liat toko2nya jam 8an masih pada blom buka, sepertinya ga sempet nih. Nulis2, gw ngantuk juga dan akhirnya tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar