Selasa, 16 Agustus 2011

Last Day: MIA-CGK

Gw bangun jam 05.00. Kelar mandi ga lama gw jalan keliling2. Jam 06.30 di sini sama kaya jam 05.30 di Jakarta, matahari masih blom muncul. Gw liat masih sepi pergerakan, rumah makan yang udah buka bisa diitung dengan jari.

Gw liat2 barang2 yang dijual di emperan. Bener sih yang dijual sepertinya  banyakan barang colongan. Dari hape, tas, sepatu, benda2 aneh. Bahkan obat kuat sampe onderdil mobil juga ada yang jual. Gw iseng nanya BB Pearl 8820 berapa, 300RM. Ah itu mah sama aja kaya seken di Jakarta. Males juga nawarnya. Ada iPhone juga, gw denger ada yang nanya 700RM. Wew. Ga ada duit segitu gw juga.

Melihat yang buka masih dikit gw balik ke Monkee lagi. Masih jam 07.00, gw tidur2an bentar ampe jam 07.40. Abis itu gw jalan lagi, ga begitu banyak perubahan, yang ada malah banyak emperan yang pada gulung tikar. Bosen liat2, akhirnya gw balik ke Monkee dan siap2 check out. Sebelum check out gw liat tempat breakfastnya. Selama ini gw ga pernah sarapan soalnya, padahal gratis. Gw iseng aja buat teh. Gw liat ada roti, selai2, Giant punya sih. Hehe.. selain itu ada cake2 juga. Gw sempet liat pisang malah, tapi ga tau ambil di mana. Pada dasarnya sarapannya self service.

Kelar minum teh, gw naik, beresin barang2 dan langsung checkout. Jalan ke Puduraya Terminal, encok juga bawa tiga tas. Naik dan beli tiket, ternyata bisnya ga di terminal naiknya, tapi di luar. Waktu itu sekitar pukul 08.25. Gw dengernya Maybank, oh yang di pilar2 samping terminal pikir gw, soalnya di sana banyak bis2 yang ngetem. Gw nunggu, sampe 08.47 gw agak curiga kok busnya belum ada penampakan. Gw nanya orang, ternyata nunggunya di seberang. Weleh mana gw tau. Gw langsung lari, ngarep bisa ketemu bisnya. Tapi gw sendiri juga ga tau gimana dan dimana bis itu persisnya.

Nyampe seberang gw celingak celinguk, wew.. gw kira bis yang di halte, ternyata bukan. Modal gw cuma tau nama bisnya Star Shuttle. Gw sempet jalan ke suatu pertigaan, tapi akhirnya balik ke halte di dekat situ. Gw nanya ama bule yang bawa tas ransel, gw pikir mungkin dia mau ke airport juga. Ternyata dia bilang iya, bahwa di sini tempat nunggunya. Belakangan gw liat ternyata bukan MayBank, tapi MYdin, tempat nunggu bisnya, semacam pusat pertokoan gitu. Makanya gw sempet bingung, secara di tiap pilar RapidKL deket sana dilapis iklan MayBank.

Sepertinya gw udah missed bis gw. Gw ikutan nunggu aja bareng bule itu. Sepertinya dia bareng istrinya. Ga lama ada dua cewe turun dari taksi, sepertinya mau ke airport juga. Gw denger logatnya sih agak Indonesia. Gw iseng tanya dia beli tiket jam berapa, 10.15 dia tunjukkin. Weleh. Moga bisnya ga penuh dan gw dibolehin ikut. Gw liat sih sepertinya yang nunggu bis ke bandara ga gitu banyak soalnya. Keliatan lah dari barang bawaannya.

09.15, bis masih blom muncul, mulai panik gw. Secara ini aja gw udah mundur 30 menit, atau cuma ada waktu 1,5 jam di bandara, itu juga kalo ga ditambah macet lagi. 09.18, datang orang dengan pakaian kuning merah, ada tulisan Star Shuttle. Dia nanya2in apa kita nunggu bis ke bandara dan udah punya tiket. Gw bilang ke dia kalo gw missed, dan dia bilang gapapa. Tenang deh gw. Ga lama bis muncul, taruh barang2 di bagasi, lalu ngasi tiketnya dan gw naik ke bis. Kursinya konfigurasi 2-1 dan masih banyak yang kosong.

Bis berangkat sekitar 09.22. Lewat tol, gw sempet liat Gardu Putrajaya setelah 40 menitan perjalanan. Jam 10.12, tiba2 bis berhenti di suatu tempat. Dari struktur bangunannya, sepertinya ini udah bandara. Ternyata iya, sopir berdiri dan menyebut KLIA. Oh udah nyampe ya, gw emang ga gitu liatin jalan soalnya lagi nulis. Ternyata perjalanan ga nyampe 50 menit naik bis. Turun, gw di depan gerbang 2, ternyata untuk tujuan internasional di gerbang 3 & 4. Gw jadi jalan sedikit.

Masuk, kemudian gw naik lift. Keberangkatan di lantai 5. Keluar lift langsung disambut deretan tempat check in. Gw liat ada huruf2, sotoy mode on gw kira itu alfabet tempat check in, gw cari huruf L. Lah kok malah bukan huruf L. Ujung2nya gw sedikit muter2, sampai akhirnya gw liat ada kerumunan yang sedikit berbeda. Ternyata Check in office Lion Air ada di tengah2, setidaknya gw melihat pillar besar di sampingnya. Ada 7 booth check in, meskipun begitu antrian cukup panjang, dan gw liat orang2 pada bawa barang banyak. Gw liat ada yang bawa knalpot, LCD tv, sampe RC Car.

Mungkin ada 15 menitan gw ngantri. Giliran gw, dua tas gw, baju kotor dan oleh2 fabric, gw masukin bagasi. Ternyata ga cukup dengan paspor doank, kita juga kudu tunjukkin ngasi tau nomor bookingnya. Gw buka hp dulu dan tunjukkin ke dia file .pdf nya. Kemudian dia ngasi gw tiket dan tempelin nomor bagasi ke paspor gw.

Dari situ ga gitu jauh gw liat ada tulisan departure gate. Gila antriannya panjang aja. Ya tapi mau gimana lagi, gw ikutan ngantri jadinya. Cukup panjang dan lama, gw liat sepertinya pintu sebelahnya dibuka juga. Banyak yang pindah ke sana. Gw tetep konsisten. Ga lama si bapak yang ngecek ngomong ke arah gw. Gw celingak celinguk, maksudnya ngomong ke gw? Dia nunjuk2 ke arah kiri. Sepertinya gw disuru pindah ke sana. Gw agak ragu2, soalnya nanti antrian gw disikat orang kan males juga. Tapi dia agak persisten, yauda gw coba aja ga ada salahnya.

Gw ke tempat yang dia maksud. Mirip sih tempat pengecekan juga. Tapi yang ini kosong melompong. Buset dah ngapain cape2 ngantri disana kalo ada yang sepi kaya gini. Turun escalator, di bawah langsung disambut imigrasi Malaysia. Antrian sekitar 7 orang, cuma pas tinggal 4 orang lagi, si cewe yang dicek ditinggal dan mbak2 imigrasinya ke ruangan kecil di tengah yang ada mbak2 lain. Cukup lama, ada kali 5 menit. Orang di belakang gw udah pindah ke antrian lain. Tapi seperti sebelumnya gw tetep nunggu, hingga akhirnya si mbak balik dan paspor si cewe di cap.

Tiga cowo di depan gw lewat tanpa masalah. Giliran gw, langsung gw tunjukin paspor gw. Nunggu sebentar, ga lama di cap. Gw liat di banner sih kita kudu scan 2 jari telunjuk lagi, makanya gw tanya ke si mbak. Tapi kata dia ga usah, lanjut aja. Oh yauda kalo gitu.

Gw melanjutkan perjalanan gw. Masuk suatu ruangan, gw langsung nyari terminal gw, C-06. Gw liat panah buat C1-C37. Ngikutin jalan, agak kaget, ternyata kudu naik train buat ke terminalnya lagi. Nunggu sebentar, keretanya datang. Naik mungkin 2 menit nyampe terminal yang memang cukup terpisah, setidaknya kudu melalui under dan overground.

Di perjalanan naik kereta gw sempet liat pesawat Lion Air, pasti yang ini nih, ya secara Lion Air masih baru buka rute ini. Tapi ternyata kereta berhenti cukup jauh, mungkin ditengah2nya kali ya. Gw liat sih papan ke arah Lion Air yang tadi. C2, C4, C6. Yaudah gw jalan ke sana. Ada travellator sih jadi agak cepet. Nyampe sana, ada pengecekan lagi. Gw liat ada yang diulang2 barangnya dimasukin, sepertinya dia bawa liquid berlebih. Ada lagi yang bunyi pas masuk security gate, langsung di cek, tapi abis itu langsung disuru lanjut.

Giliran gw, barang2 gw copot dan masukin ke scanner. Lolos dengan lancar. abis itu langsung disambut mbak2 Lion Air, dan barcode tiket gw di scan kemudian dipersilahkan masuk. Akhirnya nyampe ruang tunggu Lion Air juga. Gila lama juga, gw butuh waktu hampir 80 menit dari depan bandara hingga ruang tunggu. Padahal gw ga muter2, ya cuma sempet pipis aja di wc yang harum strawberry.

Ga lama pintu dibuka dan gw mulai antri masuk ke pesawat. Pas gw ngantri, tau2 udah ada panggilan aja buat salah satu penumpang Lion Air. Iya sih, sekarang udah jam 11.30, memang di tiket ama si mas2 ditulis gate close 11.30. Naik kapal, pesawat ini satu pintu juga. Sama aja seperti pesawat2 Indonesia lainnya, sempit. Konfigurasi 3-3, gw duduk di F. Wah asik nih di jendela lagi. Pas gw nemu tempat duduk gw, gw lebih seneng lagi, gw duduk di emergency door. Jarak bangkunya jauh, jadi lega banget, ya ga banget juga sih mengingat selama gw naik bis rata2 jarak bangkunya gede2.

Pesawat berangkat tepat jam 12.00, mbak pramugarinya sih bilang perjalanan 1 jam 45 menit. Cuaca cukup bagus, langit cerah. Samping gw dua bapak2 yang cerita soal gambling, ya tentunya ga lain ga bukan gambling di mana. Sepertinya temennya ada yang menang 33.000RM, besar juga.

Pesawat mendarat cukup tepat waktu sepertinya. Ya setidaknya sampai pintu pesawat di buka, pas jam 14.00. Ngantri turun, gw liat ternyata pesawat ga direct ke terminal. Typical Indonesia. Turun, ternyata terminal ada di sisi lain pesawat. Kita naik bis shuttle dulu. Penuh sesak mana gw pas di tengah2 yang ga ada AC nya.

Bis berhenti di sisi terminal, gw lanjut jalan. Melewati lorong, dan gw nyampe ke hall. ada papan petunjuk imigrasi, gw ikutin aja. Ternyata kalo di bandara internasional ada travellatornya. Sayangnya orang Indo demen betelor di travellator, jadi ujung2nya lebih pelan daripada jalan. Nyampe imigrasi, gw liat ada 4 pintu buat WNI dan cuma satu pintu buat WNA. Ngantri sekitar 7 orang lagi. Ga gitu ribet sih, giliran gw nunggu bentar, abis itu langsung di cap.

Gw mengarah ke pengambilan bagasi. Sebelumnya gw mampir ke wc dulu. Gw sempet liat papan kalo Lion Air di G, jadi gw jalan ke arah sana. Nyampe, gw confirm dulu ama orang sekitar, ternyata iya ini tempat pengambilan bagasi Lion Air dari KL. Nunggu cukup lama, sampai akhirnya tas baju kotor gw yang pertama muncul. Gw liat ring pengikat gw kebuka, berarti tadi sempet dibuka. Tas biru yang berisi fabric agak lama munculnya. Tapi akhirnya dua2nya ada.

Lanjut gw jalan ke arah bea cukai, pengecekan, tadinya cuma disuruh carry-on baggage aja, tapi yauda gw masukin semuanya aja. Lewat, akhirnya gw nyampe di luar terminal E. Sekarang gw tinggal nyari bis ke Harapan Indah. Gw ke arah kiri. Touts bertebaran, ada yang nawarin ke Bekasi 200rb lah, you wish!

Liat ada Damri di F, tapi gw pikir kayanya Primajasa deh provider ke sana, belakangan gw tau kalo ternyata gw salah. Gw jalan balik ke arah kanan, nyampe D, gw liat ada Primajasa. Pas gw tanya ke Harapan Indah, ternyata dia cuma yang ke Bandung aja, DAMRI yang ke Harapan Indah.

Gw jalan balik lagi. Nyampe sana gw liat di list tujuan ternyata benar ini ke Harapan Indah. Beli tiket 30.000, gw kemudian nunggu di belakang loket yang ada tempat duduknya. Gw tanya ama pekerjanya, baru aja lewat. Gw cek jam 14.30, emang sepertinya gw miss ga lama, coba aja gw ga pake nyasar.

Nunggu setengah jam, akhirnya jam 15.00 bisnya muncul lagi. Emang tiap setengah jam katanya, tapi ternyata ga gitu. Gw naik bis, duduk agak depan. Bis muter terminal2 lain dulu. Gw jadi mulai curiga, pas bis udah berhenti ke terminal keempat. Bukannya terminalnya cuma 3 ya pikir gw. Ternyata bis muter dua kali sebelum jalan. Jadi sebenernya sama aja gw nunggu bis yang 15.30. Gw nggak tau ini emang sistemnya, jadi faktanya bisnya sebenernya jalan sejam sekali, atau emang gw lagi sial aja dapet bis yang muter lagi.

Perjalanan selanjutnya cukup lancar. 15.50 gw udah masuk JORR. Pas mulai deket exit Tanjung Priok mulai macet hingga keluar Cempaka Putih. Di Cempaka Putih ada beberapa penumpang yang turun. Bis kemudian belok ke arah Pulo Gadung. Di Kelapa Gading nggak ada penumpang yang turun, sepertinya udah pada turun pas di Cempaka Putih, mungkin di sana lebih enak nyari kendaraan.

Macet, ya ga heran karena gw emang balik di jam2 bubar kerja. Satu hal yang paling jelas antara bedanya macet di Jakarta dengan Malaysia dan Thailand adalah motor. Meskipun di sana juga banyak motor, tapi ga sebanyak dan sebrutal di sini. Bukan giliran yang ada malah rebutan.

Awalnya gw kira bis bakal masuk Pulo Gadung, tapi ternyata nggak. Penumpang cuma diturunin di pertigaan. Bis melanjutkan perjalanan dan setelah melewati KIP, akhirnya tiba di bottleneck Bekasi - Jakarta. Dengan macet yang ada, awalnya yang gw pikir gw bisa nyampe Harapan Indah jam 17.00, pada prakteknya baru nyampe jam 17.30. Keluarga gw udah di sana menunggu.

Sekian cerita perjalanan solo backpacking gw ke tiga negara. Tahun depan gw berencana piknik lagi. Gw masih mau menjelajah ASEAN, dan target gw keliling ke tiga negara, Vietnam, Kamboja, dan Thailand lagi. Semoga gw cukup diberkati untuk dapat melaksanakan trip tersebut.

Terakhir thanks buat pop yang membiayai piknik gw, total biaya perjalanan gw sebesar tujuh juta memang bukan duit yang sedikit. Tapi perjalanan ini memberikan gw 14 hari pengalaman yang sangat berharga, yang jauh lebih bernilai daripada gw beli iPad atau kamera DSLR. Thanks God.