Kamis, 04 September 2008

Why being creative.?

Kenapa sih harus kreatif? Penting yah..

Ok, kita usut dulu dari asal kata kreatif..
Creative->
Create-> Creat- (14th Century Latin, past participle of creare, yang artinya "bring forth"-> mendatangkan, memunculkan). Jadi pada dasarnya create artinya menciptakan, membuat, atau menghasilkan sesuatu.
Creative sebagai kata sifat, kemudian didefinisikan sebagai suatu kemampuan untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu, yang baru dan orisinal.

Lalu kembali kepada pertanyaan awal, kenapa kita harus kreatif?

Menurut Andy Law, sastrawan berkebangsaan Inggris, "creativity can provide all the solutions to complex problems of the workplace. Creative thinking is a positive, generative force that uses imagination to power business."

Mantan Presiden Nigeria, Nnamdi Azikiwe juga mengungkapkan "originality is the essence of true scholarship. Creativity is the soul of the true scholar."

Ya, kreativitas itu sangat diperlukan dalam memecahkan persoalan yang rumit yang memerlukan imajinasi yang kuat. Kreativitas juga, merupakan jiwa bagi seorang pelajar sejati.
Dua kutipan tadi dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan mengapa kita harus kreatif. Kita terutama sebagai pelajar/mahasiswa, dituntut untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang rumit sehingga diperlukan kemampuan untuk memecahkan persoalan dengan efektif dan efisien. Hal ini dapat terjadi yakni dengan memunculkan gagasan atau pola pikir yang baru atau orisinal, diluar pemikiran yang umum; atau dengan kata lain berpikir kreatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar